wiblogger

Cara memasang iklan AdSense Diatas dan Dibawah Postingan Blog

INFO:
Jika anda adalah pengguna tema dari wiblogger.com (baik versi gratis maupun premium), anda bisa melakukan pemasangan pada dua lokasi ini dengan sangat mudah melalui antarmuka layout blog. Ikuti panduan yang terdapat pada dokumentasi theme untuk memasang iklan adsense pada berbagai lokasi yang didukung.


1. Rekomendasi Ukuran dan Gaya Iklan

Penempatan Ukuran Iklan Gaya Iklan
Atas Postingan (Bawah judul) 300x250, 336x280 Responsive Untuk unit iklan dengan ukuran tetap (300x250 dan 336x250), umumnya gaya iklan yang diterapkan adalah bergaya Float
Bawah postingan 336x280, 300x250, Responsive -

2. Persiapan

  1. Edit Kode Iklan - PENTING ...!
    Untuk mengatasi pesan error saat memasang kode iklan asli adsense ke html editor, pastikan anda telah mengedit kode iklan adsense anda sesuai dengan panduan yang terdapat pada post: Cara pasang kode iklan adsense tanpa parse.
  2. Sesuaikan Gaya iklan
    Tiga gaya/alignment iklan berikut merupakan yang paling umum diterapkan untuk penempatan diatas dan dibawah postingan.

    Rata Tengah
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <div style='text-align:center;'>
    Ganti text ini dengan kode iklan yang telah diedit
    </div>
    </b:if>


    Float Left
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <div style='inline-block;float:left;margin:0 15px 15px 0;'>
    Ganti text ini dengan kode iklan yang telah diedit
    </div>
    </b:if>


    Float Right
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <div style='inline-block;float:right;margin:0 0 15px 15px;'>
    Ganti text ini dengan kode iklan yang telah diedit
    </div>
    </b:if>


    Catatan:
    Semua gaya/alignment iklan diatas hanya akan berpengaruh jika unit iklan yang anda gunakan adalah berukuran tetap (bukan responsive). Untuk Gaya float, ini hanya berlaku untuk penempatan diatas postingan (bawah judul).


4. Pemasangan Kode

Pada proses pemasangan kode ini, untuk memasang iklan Diatas postingan (dibawah judul), tempatkan kode iklan tepat sebelum tag <data:post.body/>. Untuk memasang iklan Dibawah postingan, tempatkan kode iklan tepat setelah tag <data:post.body/>. Pemasangan untuk kedua lokasi ini kurang lebih seperti berikut:

 Cara memasang iklan AdSense Diatas dan Dibawah Postingan Blog


Langkah-langkah:
Masuk ke HTML editor blog dan cari <data:post.body/>. Tutorial cara mencari kode tertentu pada HTML editor blog bisa anda baca DISINI.

caara memasang iklan adsense diatas dan dibawah postingan blog


Untuk Tema Default versi Lama

Khususnya untuk tema bawaan blogger versi lama, terdapat 2 (dua) tag <data:post.body/> pada HTML editor. Untuk memasang iklan adsense diatas dan dibawah postingan, tempatkan kode iklan adsense tepat sebelum dan setelah <data:post.body/>. Lakukan ini pada semua tag <data:post.body/>.


Untuk Tema Default versi Baru

Khususnya untuk tema bawaan blogger versi baru, hanya terdapat 1 (satu) tag <data:post.body/> pada HTML editor. Untuk memasang iklan adsense diatas dan dibawah postingan, tempatkan kode iklan adsense tepat sebelum dan setelah <data:post.body/> tersebut.

Informasi seputar versi tema ini dapat anda jumpai pada post: Balajar Blogger: Mengenal Antarmuka Theme pada Dashboard Blogger


Untuk Tema Custom Blogger

Jika anda menggunakan tema yang berasal dari pengembang pihak ketiga (bukan tema default blogger), terdapat beberapa tag <data:post.body/> pada HTML editor (biasanya berjumlah 2 - 4). Tidak seperti tema bawaan blogger, pada tema custom, umumnya pemanggilan tubuh postingan ini dilakukan secara terpisah untuk beberapa tipe halaman blog. Dengan kata lain, dari beberapa tag <data:post.body/> yang terdapat pada html editor, hanya satu tag ini yang digunakan untuk memanggil tubuh postingan untuk halaman item. Untuk itu, lakukan check and recheck terhadap semua tag <data:post.body/>.

  1. Tempatkan Sembarang Text tepat dibawah tag <data:post.body/> yang pertama dan kemudian Save theme.

     Cara memasang iklan AdSense Dibawah judul postingan
  2. Kunjungi salah satu halaman postingan blog anda. Lihat dibagian akhir postingan, cek apakah telah terdapat text yang tadi anda tempatkan atau tidak.

    Jika tidak (Tidak terdapat text yang tadi ditempatkan), kembali buka html editor blog, hapus text yang tadi anda letakkan dibawah <data:post.body/> yang pertama. Selanjutnya, ulangi prosedur checking ini untuk tag <data:post.body/> yang selanjutnya.

    Jika iya (Terdapat text yang tadi ditampatkan).

     Cara memasang iklan AdSense Dibawah judul postingan

    Tempatkan kode iklan adsense tepat diatas dan dibawah tag <data:post.body/> yang bersangkutan.


Selain 2 penempatan diatas, anda tentunya juga bisa menempatkan iklan adsense pada lokasi manapun yang anda inginkan. Pada meteri selanjutnya, akan kita bahas mengenai cara memasang iklan adsense disemua lokasi penempatan.



Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Cara memasang iklan AdSense Diatas dan Dibawah Postingan Blog

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi