Tentang wiBlogger.com

wiBlogger.com adalah situs yang memberikan informasi, materi, tutorial dan berbagai hal lainnya seputar kegiatan blogging. wiBlogger.com adalah tempat yang ideal bagi anda yang ingin mulai mempelajari kegiatan blogging dari awal. Kami menyediakan tutorial dan materi blogging dengan cara yang kami yakini sangat mudah dipahami bahkan bagi kalangan pemula sekalipun. Pada blog wiBlogger.com ini, anda akan mempelajari berbagai hal terkait blogging mulai dari level yang sangat dasar hingga ke tingkat yang belum kami ketahui.

Selain materi dan tutorial blogger pemula, kami juga menerbitkan/mengembangkan berbagai produk yang berkaitan dengan blogger baik itu produk gratis maupun produk berbayar (premium). Produk-produk ini seperti Blogger Template, Blogger Widget, Blogger Custom Feature dan lain sebagainya.


Latar Belakang Terbitnya wiBlogger.com

Sebelum wiBlogger.com ini saya terbitkan, salah satu hal yang memotivasi saya untuk membuat sebuah blog yang berisi seputar materi dan panduan blogger adalah sebuah True Story yang isinya kurang lebih seperti berikut:

Suatu hari, pada jam belajar, entah bagaimana awalnya, seorang ibu guru sidikit bercerita kepada siswa-siswinya, lebih tepatnya anak SMA kelas 3 yang bukan secara kebetulan salah satu diantara sisa-siswi ini adalah tetangga saya. Ibu guru ini bilang bahwa "Dia baru saja menemukan lowongan baru yang sangat berpotensi untuk menjadi sumber penghasilan" (katanya sih informasi ini didapatnya dari buku). Saat itu, ibu guru tidak mengatakan secara jelas tentang "Apa itu lowongan" yang dimaksudnya. Lagi-lagi bukan secara kebetulan tetangga saya ini (sebut saja Andre) iseng-iseng bertanya.

Emang lowongan apa sih buk ?

Entar, entar ibu kasih tau kalau udah berhasil! Cari Uang Dari Blog.

Ooh, blog ya, aku juga sudah punya blog buk.

Awalnya sih buk guru gak percaya kalau si Andre punya blog, tapi dengan sidikit jurus sok hebat si Andre waktu itu yang dengan percaya dirinya memperlihatkan blog yang dia maksud kepada buk guru, akhirnya dengan sangat terpaksa buk guru pun percaya. Lebih tepatnya percaya kalau itu blog memang punya Andre, masalah siapa yang buat?!, lanuut baca! ^_^

Wah, gak nyangka si Andre ngerti yang beginian, emang siapa yang buat?

Buat sendirilah buk. hehe...

Ah, yang bener?, ibu kok gak percaya ya ...

Hehe,... Iya buk, ini kemaren dibuatin tetangga saya, tetangga saya itu BLA BLA BLA BLA buk...

Dari percakapan itu, buk guru lanjut menanyakan kontak si tetangga Andre yang katanya pembuat dari blog yang andre miliki ^_^.

Waktu itu, kontak utama saya sudah tidak aktif, untuk kontak alternatif juga tidak tersimpan di phonebook Andre, akhirnya, PR si Andre bertambah satu, nanyain kontak saya yang masih aktif dan bisa dihubungi.

Sesuai amanah dari buk guru, si Andre kemudian meminta kontak saya dan tidak lupa dilanjutkan dengan sedikit cerita tentang percakapannya dengan buk guru waktu disekolah. Lagi-lagi bukan secara kebetulan, buk guru ini ternyata juga merupakan guru saya waktu SMA. Gak enak juga kalau buk guru yang menghubungi saya duluan, akhirnya saya dengan senang hati menghubungi buk guru.

Assalamualaikum

Wa'alaikumsalam

Ini saya Kardinata buk, ini ada apa ya bu ?! Akhir-akhir ini kata si Andre saya jadi buronan tah? :D

Iya, buronan pencari ilmu. hehe...

Kaget juga sih baca jawaban dari buk guru. Ini gimana si Andre cerita ke buk guru sih, jangan-jangan dilebih-lebihin nih, belum lagi setelah lanjut ke percakapan ternyata buk guru minta saya buat bimbing dia sama suaminya juga yang ingin belajar, langsung kerumah, ya sistem private gitu. Dengan sangat terpaksa saya bilang "Wah, kalau private gitu saya gak bisa buk, belum cukup ilmu soalnya. Tapi kalau ibu mau tanya-tanya masalah dasar dan fokus materi yang diperlukan buat jenis monetize blog yang akan ibu dalami, insyaAllah saja bisa bantu, Masalah materi detail sih menurut saya Google sudah jauh lebih dari cukup".

"Oh ya udah kalau gak bisa, gak papa. Ibu sih kepinginnya belajar yang bener-bener belajar, gak paham juga soalnya kalau gak langsung ketemu, kemaren juga ada anak-anak yang kepingin belajar, katanya sih belum ada uang buat lanjut kuliah, pengen cari penghasilan dulu. Tapi yaudah kalau gak bisa gak papa". Lanjut bu guru yang saya yakin cukup kecewa dengan jawaban saya.

Jujur, seper sekian detik dari saat saya menyadari betapa inginnya ibu ini belajar membangun blog, ditambah lagi dengan keinginan beberapa muritnya yang juga ingin belajar untuk (dengan harapan) bisa menjadikan media internet sebagai sumber penghasilan alternatif (Syukur-syukur jika ini mampu menjadi sumber penghasilan utama mereka dan juga mampu membiayai kuliah mereka), Saya sangat malu karena telah bilang "Tidak bisa". Ya, di satu sisi saya ingin sekali apa yang saya kuasai saat ini bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama untuk mereka yang benar-benar membutuhkan. Namun, disisi lain, saya juga tidak sampai hati jika apa yang saya berikan nantinya hanya akan (atau berpotensi) membuang-buang waktu mereka.

Kenapa saya memilih "Tidak Bisa" ?, kembali lagi, saya tidak sampai hati jika apa yang saya berikan nantinya hanya akan (atau berpotensi) membuang-buang waktu mereka. Entah benar ataupun tidak, dengan kegiatan belajar yang (anggaplah) private seperti itu, walaupun saat itu saya tidak berniat untuk mengkomersialkan kegiatan tersebut (Murni untuk membantu), secara tidak langsung saya juga menciptakan sebuah Tanggung Jawab. Kembali lagi, saya tidak sampai hati jika apa yang saya berikan nantinya hanya akan (atau berpotensi) membuang-buang waktu mereka.

Masih dengan pertanyaan yang sama, Kenapa saya memilih dan tetap pada pilihan "Tidak Bisa" ?, Alasan lainya adalah, entah benar ataupun tidak, saya menyakini bahwa:

Untuk berhasil dalam blogging, ada spesifikasi tertentu yang harus dimiliki pada diri seseorang, salah satu dari spesifikasi ini adalah Mampu Belajar Secara Otodidak.


Tanpa situs www.wiBlogger.com sekalipun, semua bisa mendapatkan informasi/materi blogging dengan sangat mudah diinternet, mulai dari tingkat dasar hingga ke tingkat entah berantah. Jadi, bagi anda yang ingin terjun ke dunia blogging, tugas pertama anda sekarang adalah memanfaatkan informasi yang ada dengan sebaik dan se-efektif mungkin. Jika tahap awal ini saja tidak mampu anda lalui, untuk kebaikan bersama, jangan kaget jika saya tetap pada pilihan "Tidak Bisa" ^_^.

Jadi, hubungan wiBlogger.com dengan cerita diatas apa ya?

Lewat blog wiBlogger.com ini, sebisa dan semampu saya akan berusaha untuk memberikan berbagai pengetahuan yang mungkin (dan sangat saya harapkan) dapat bermanfaat bagi mereka yang hendak mulai belajar kegiatan blogging secara terstruktur. Dengan kata lain, wiBlogger.com saya buat untuk tujuan sebagai media Belajar Secara Otodidak dalam hal pemanfaatan internet (melalui blog) sebagai sumber penghasilan.

Apakah semua konten yang terdapat pada situs wiBlogger.com merupakan content yang dapat digunakan/dimanfaatkan secara gratis?

Tanpa mengurangi dan mengubah arah dari tujuan awal wiBlogger.com, saya juga menerbitkan beberapa content/produk premium. Beberapa diantaranya (Blogger Template misalnya) tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar.

Pada situs wiBlogger.com, saya tidak akan membatasi hal apapun yang memang benar-benar anda butuhkan. Jika anda menginginkan hal yang lebih yang melibatkan tanggung jawab/support saya sebagai pembuat/penerbit produk, anda bisa mendapatkannya dengan menjadi pengguna premium.


Akhir ulasan, saya berharap situs wiBlogger.com ini dapat bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih ^_^
×
Jangan tampilkan lagi