wiblogger

Lebih Jauh Tentang Menu Theme (Tema) pada Dashboard Blog

Daftar isi:
  1. Antarmuka Utama Menu Theme
  2. Backup / Restore Theme
  3. Theme Bawaan Blogger
  4. Tentang Blogger Theme Designer
  5. Fitur Edit HTML Blogger


1. Antarmuka Utama Menu Theme pada Dashboard Blog

Menuju pada menu "Theme" (tema) yang terdapat pada dashboard blog. Halaman ini akan menampikan Preview blog. Tepatnya adalah 2 versi preview yaitu preview untuk tampilan versi desktop dan preview untuk tampilan versi mobile.

Tentang menu theme tema blogger


2. Backup & Restore Theme

Pada antarmuka menu Theme ini, pada posisi pojok kanan atas, terdapat tombol Backup / Restore.

tombol backup dan restore theme blogger

Sebelum anda melakukan perubahan apapun pada tema blog, sebagai langkah antisipasi kesalahan, pastikan anda melakukan backup terlebih dahulu. Lebih jauh tentang bagaimana cara melakukan backup theme bisa anda baca pada post: Cara Backup Theme / Tema di Blogger.


3. Theme Bawaan Blogger

Pada menu Theme ini, dapat anda lihat bahwa ada banyak pilihan theme bawaan blogger yang bisa anda terapkan pada blog. Secara keseluruhan, jumlah theme bawaan blogger ini adalah sebanyak 54 themes yang dikelompokkan kedalam beberapa kategori.

daftar tema bawaan blogger

Untuk menerapkan theme, klik pada theme yang anda kehendaki. Akan terbuka antarmuka preview, klik Apply to Blog.


Sedikit meninjau tentang theme bawaan blogger, diantara kategori-kategori theme yang tersedia, 4 diantaranya (Contempo, Soho, Emporio, Notable) merupakan theme bawaan baru yang ditambahkan oleh blogger pada Maret 2017. Empat kategori theme ini memiliki versi layout dan widget yang berbeda dibandingkan dengan theme yang terdapat dalam kategori lainnya (theme lama). Perbedaan versi ini juga mempengaruhi antarmuka dan konfigurasi pada menu layout (Tata letak) yang telah dibahas pada materi sebelumnya.


4. Tentang Blogger Theme Designer

Apa itu Blogger Theme Designer ?, Secara sederhana, Theme Designer adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk dapat melakukan berbagai penyesuaian pada desain blog tanpa harus berurusan dengan koding. Pada menu ini, anda bisa melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan editing theme. Hal ini seperti misalnya mengganti background (Latar belakang), Main color (Warna utama), Jenis Font dan lain sebagainya. Untuk masuk ke antarmuka Theme Designer, klik Customize.

fitur customize blogger

Antarmuka yang terbuka selanjutnya inilah yang disebut sebagai Blogger Theme Designer.

Tentang blogger theme designer

Pada tab Background (Latar belakang), anda bisa mengatur warna utama theme. Perubahan pada bagian ini akan mempengaruhi desain theme secara keseluruhan.

cara mengganti background gambar blog diblogger

Untuk mendapatkan lebih banyak pilihan, anda bisa beralih ke tab Advanced (Tingkat lanjut). Disini, anda bisa melakukan editing secara khusus untuk bagian-bagian tertentu.

cara mengganti warna jenis ukuran font blog

Setiap kali anda melakukan perubahan, klik Apply to Blog untuk menyimpan pengaturan.

cara mengganti font judul blog


5. Tentang Edit HTML Theme

Sebuah blog tersusun atas tag-tag HTML. Pada Edit HTML, Anda dapat melihat dan melakukan editing terhadap kode-kode HTML (xml) penyusun blog anda. Untuk membuka HTML Editor Theme, klik "Edit HTML".

tentang fitur edit html blogger

Anda akan melihat kode-kode penyusun blog pada HTML Editor ini.

Antarmuka html editor blogger
Antarmuka HTML Editor Blogger

Lebih jauh tentang HTML Editor ini tidak akan saya bahas pada halaman ini. Anda akan mempelajari beberapa fungsi yang terdapat pada HTML Editor ini secara bertahap pada materi-materi selanjutnya.

Sekarang, anda sedikit banyak telah mengerti tantang berbagai hal yang dapat anda lakukan pada Menu Theme ini. Selanjutnya, kita akan meninjau tentang Custom Theme Blogger.


Bagikan ke:

2 komentar untuk:

Lebih Jauh Tentang Menu Theme (Tema) pada Dashboard Blog
  1. Ijin bertanya mas, terima kasih atas tanggapannya. Begini, bila kita ingin memasang view counter masing-masing pos, caranya bagaimana ya? Tujuannya agar pembaca tahu judul pos tersebut termasuk topik yang tren atau kurang tren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa mas, itu perlu akses ke database bloggernya.

      Hapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi