wiblogger

Cara Memasang Kode iklan AdSense di Semua Lokasi

Pada materi adsense sebelumnya, kita telah membahas tentang bagaimana cara memasang iklan adsense diatas dan dibawah postingan. Sekarang, akan kita bahas tentang bagaimana cara memasang iklan adsense pada berbagai lokasi dengan melakukan pengamatan sederhana terhadap struktur HTML blog. Anda bisa menerapkan metode yang akan diuraikan pada halaman ini untuk memasang iklan adsense pada lokasi-lokasi yang anda inginkan.


TARGET PENEMPATAN
Pada panduan ini, target penempatan yang saya contohkan adalah pada lokasi di Atas Judul Postingan. Lebih tepatnya adalah diatas Judul Postingan pada halaman Item. Iklan tidak akan ditampilkan selain pada halaman posting. Untuk lokasi lainnya, silahkan disesuaikan. Hal ini karena pada prinsipnya akan sama saja.


PERSIAPAN KODE IKLAN
Untuk keperluan ini, silahkan baca: cara pasang kode iklan adsense tanpa parse untuk mengatasi pesan error saat memasang kode iklan adsense ke html blog. Karena pada panduan ini iklan hanya akan ditampilkan pada halaman item, anda bisa membaca post: Tipe-tipe dan Tag Kondisional masing-masing Halaman Blogger untuk mengatur ketersediaan konten / iklan hanya pada halaman tertentu saja.


Tahap 1: Identifikasi Tag HTML Penyusun Elemen Tertentu

Pada tahap ini, kita akan melakukan identifikasi terhadap tag html penyusun elemen tertentu. Tujuan dari identifikasi ini adalah untuk mengetahui lokasi penempatan kode yang tepat pada HTML Editor blog.

Langkah-langkah:
  • Kunjungi salah satu halaman postingan blog anda. Klik Kanan pada Judul Postingan (atau bagian manapun sesuai target penempatan anda), dan pilih Inspect.

    Cara memasang kode iklan adsense diatas judul postingan

    Disini, browser yang saya gunakan adalah Google Chrome. Untuk browser lainnya, silahkan disesuaikan.
  • Akan terbuka Developer Tool yang menampilkan struktur html untuk halaman yang bersangkutan.

    cara memasang iklan adsense diatas judul postingan blog

    Melalui Developer Tool ini, anda dapat melihat struktur html blog anda. Pada contoh ini, 2 parameter yang bisa kita jadikan sebagai acuan adalah:

    1. Tag judul menggunakan heading H1
    2. Class pada Tag judul adalah entry-title entry-title-outer


    cara memasang iklan adsense di semua lokasi


Tahap 2: Menempatkan kode kedalam HTML Editor blog

Pada proses sebelumnya, informasi yang didapat adalah berupa tag dan class pembungkus elemen judul postingan. Informasi ini akan kita gunakan pada tahap pencarian kode yang terdapat pada html editor blog.

Langkah-langkah:
  • Buka HTML Editor blog anda. Pastikan anda melakukan Backup Theme terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pemasangan kode.
  • Pada HTML editor, cari class (atau parameter lainnya yang anda gunakan) yang didapat dari tahap sebelumnya. Disini, saya melakukan pencarian untuk class "entry-title entry-title-outer".

    cara memasang iklan adsense


    Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terdapat lebih dari satu hasil yang ditemukan yang relevan dengan kata kunci pencarian. Namun, berdasarkan data yang didapat dari tahap 1 sebelumnya (Tag adalah H1), hasil yang sesuai adalah kode pada urutan kedua.
  • Setelah target lokasi ditemukan, untuk mudahnya, anda bisa menempatkan sembarang text dibagian yang anda kehendaki. Kurang lebih seperti berikut:

    cara memasang iklan adsense
  • Save Theme dan kembali kunjungi salah satu postingan blog anda. Lihat apakah text tersebut telah tampil atau tidak.

    cara memasang iklan adsense
  • Jika telah benar (terdapat text yang tadi anda tempatkan), ganti text tersebut dengan kode iklan adsense anda.

    cara memasang iklan adsense


Dengan praktek sederhana ini, anda tidak hanya bisa memasang kode iklan adsense pada lokasi ini saja, berbagai lokasi penempatan ideal lainnya juga dapat dengan mudah anda terapkan.

Catatan:
Untuk kasus tertentu, parameter yang kita dapatkan melalui tahap satu mungkin tidak dapat ditemukan pada proses pencarian kode di dalam HTML editor (Tahap 2). Hal ini karena beberapa tag html blog mungkin saja dibuat dengan javascript atau tag XML blogger. Jika anda mendapati hal ini, anda bisa melakukan eksperimen terhadap parameter lainnya. Disini, hal yang saya tekankan adalah bagaimana anda bisa menggunakan fitur bawaan browser (Developer Tool) dalam memahami struktur html blog anda.

Pengecekan Theme:
Jika anda telah berhasil memasang iklan adsense pada lokasi tertentu, pastikan untuk melakukan pengecekan lebih jauh pada blog anda. Ada kemungkinan bahwa theme yang anda gunakan dirancang dengan algoritma script yang tidak mendukung untuk penambahan elemen baru pada lokasi-lokasi tertentu. Oleh karena itu, pastikan anda melakukan pengecekan kinerja theme setelah proses pemasangan kode iklan.



Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Cara Memasang Kode iklan AdSense di Semua Lokasi

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi