wiblogger

Cara dan Tips Diterima Mendaftar Google AdSense

Seperti yang telah disinggung pada halaman utama belajar adsense, pada proses pendaftaran, tidak sedikit blogger yang mendapatkan email penolakan dari pihak adsense. Hal ini kembali lagi pada kebijakan adsense yang mengharuskan setiap publisher mereka untuk hanya menayangkan iklan pada halaman web berkualitas dengan mengedepankan pengalaman pengguna yang baik. Untuk itu, sebelum anda melakukan pendaftaran, pastikan bahwa blog yang akan digunakan telah sesuai dengan kebijakan adsense. Pastikan juga anda telah membaca dan memahami semua ketentuan terkait konten blog yang tedapat pada halaman resmi kebijakan program adsense (https://support.google.com/adsense/answer/48182).

Daftar isi:
  1. Persiapan blog
  2. Mulai mendaftar adsense


1. Persiapan blog

Sebelum kita masuk pada langkah-langkah pendaftaran adsense, perlu anda ketahui bahwa mempersiapkan blog secara matang merupakan langkah awal yang sangat penting agar dapat diterima adsense. Beberapa persiapan yang akan kita bahas disini adalah seputar konten, navigasi dan tema blog.

1.1 Konten Blog

Konten atau nice blog merupakan hal pertama yang harus anda perhatikan. Pastikan semua konten yang terdapat pada blog anda tidak melanggar kebijakan adsense. Selain dengan mengacu pada kebijakan-kebijakan yang terdapat pada halaman resmi adsense, beberapa hal berikut merupakan faktor penting yang harus anda perhatikan.

  • Copyright Content / Assets
    Salah satu hal yang sering kali terlewatkan oleh sebagian blogger adalah masalah copyrights content (konten dengan hak cipta). Disini, apa yang disebut sebagai pelanggaran hak cipta adalah ketika anda menggunakan aset (gambar, video, atau media lainnya) yang merupakan milik orang lain tanpa sepengetahuan dan izin dari pemilik. Hal ini sering kali dilakukan secara tidak sadar, terlebih lagi untuk penggunaan gambar pada postingan. Pastikan semua konten blog anda tidak menggunakan aset yang memiliki hak cipta.
  • Link Eksternal
    Untuk link yang terdapat pada blog, pastikan tidak ada link yang mengarah pada halaman web lain dengan konten yang melanggar kebijakan adsense.

Intinya, siapkan konten blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca blog anda. Lebih jauh tentang ini dapat anda jumpai pada modul SEO Membuat postingan berkualitas dan SEO Friendly

1.2. Navigasi Blog

Blog yang hendak digunakan pada proses pendaftaran harus memiliki navigasi yang baik. Pastikan pengunjung blog anda dapat dengan mudah menjelajahi isi blog anda melalui menu-menu navigasi. Anda bisa menyertakan link menuju berberapa label blog pada menu navigasi untuk memudahkan pengunjung menjelajahi isi blog anda sesuai dengan minat mereka terhadap topik tertentu.

Selain navigasi umum, anda juga perlu menambahkan beberapa halaman khusus sebagai kelengkapan atribut blog anda. Halaman-halaman ini adalah:

  • Tentang kami (About us)
  • Kebijakan privasi (Privacy Policy)
  • Sanggahan (Disclaimer)
  • Hubungi kami (Contact Us)

Lebih jauh tentang pembuatan beberapa halaman diatas bisa anda baca pada: Cara membuat laman blog (About us, Privacy, Disclaimer dan Contact Us)

1.3 Theme / Tema Blog

Sesuai dengan salah satu poin yang terdapat pada halaman resmi kebijakan adsense, pastikan blog anda hanya menautkan link ke situs yang tidak melanggar kebijakan adsense. Terkait hal ini, banyak blogger pemula yang umumnya menggunakan custom theme blogger versi gratis yang kita tahu terdapat sebuah credit link pada bagian footer (menuju ke situs pengembang). Anda tentu tidak dapat memastikan bahwa credit link ini aman atau tidak untuk adsense. dengan kata lain, tidak ada jaminan bahwa situs pengembang theme gratis ini telah sesuai dengan kebijakan adsense. Oleh karena itu, pada tahap pendaftaran ini, kalaupun anda tidak memiliki theme versi premium, cukup gunakan theme default blogger.

Sangat disarankan untuk menggunakan theme versi premium untuk menciptakan kesan profesional pada team review adsense.


1.4 Beberapa persiapan lainnya

  • Usahakan untuk menggunakan domain TLD (.com atau yang lainnya) pada blog yang hendak didaftarkan. Hal ini akan membuat blog anda lebih profesional dibandingkan dengan menggunakan sub domain blogspot (atau lainnya). Manfaatkan pencarian google untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengganti domain blogspot ke TLD.
  • Blog telah memiki cukup umur, paling tidak telah berumur satu bulan. Masalah traffik blog, ini tidak menjadi persoalan. Pengalaman pribadi bisa diterima dengan blog tanpa pengunjung.
  • Pastikan blog yang anda gunakan telah memiliki cukup konten. Dalam hal ini, blog yang digunakan setidaknya telah memiliki 20 postingan berkualitas (lebih banyak konten lebih bagus).
  • Pada saat pendaftaran, pastikan semua data yang berkaitan dengan blog telah anda lengkapi dengan benar. Untuk email, gunakan email yang sama dengan akun blogger blog anda. Pastikan juga data-data yang berkaitan dengan blog anda dibuat dengan sebenar dan seasli mungkin. Data-data yang dimaksud disini adalah mulai dari data email, profile google+, serta data pada registrar domain (jika menggunakan custom domain TLD).


Penting ...!
Untuk kelancaran proses pendaftaran adsense, pastikan blog anda telah lolos berbagai kriteria diatas. Jangan pernah memaksakan untuk mendaftarkan blog ke adsense saat dimana anda tahu bahwa blog anda belum siap. Keputusan seperti ini hanya akan menghambat proses pendaftaran yang akan anda lakukan dilain kesempatan.

Ya, walaupun sejatinya anda bisa melakukan pendaftaran ulang untuk blog yang sama dilain waktu, jika anda gagal pada proses pendaftaran pertama dengan alasan yang berat (pelanggaran hak cipta misalnya), blog yang bersangkutan biasanya akan sangat sulit untuk mendapatkan approve (persetujuan) adsense. Intinya, jika anda ingin kepercayaan, bangunlah dari awal.


2. Mulai mendaftar adsense

Untuk mulai melakukan pendaftaran akun adsense, kunjungi https://www.google.com/adsense. Pada halaman utama adsense yang terbuka, klik "Sign Up Now". Disini, antarmuka yang digunakan pada panduan ini adalah dalam bahasa inggris. Untuk anda yang menggunakan bahasa Indonesia, silahkan disesuaikan.

Cara daftar google adsense - antarmuka utama adsense

Anda akan diminta login email. Lakukan login seperti biasa menggunakan email yang hendak anda gunakan pada pendaftaran akun adsense anda. Selanjutnya anda akan dihadapkan pada formulir pendaftaran. Terdapat beberapa data yang harus anda lengkapi.

tips mendaftar adsense dan diterima

Pengisian data:
  1. Your website
    masukkan url lengkap blog anda disini (contoh: http://www.wiblogger.com)
  2. Get more out of Adsense
    beri checklist pada opsi pertama (Yes, send me customized help and performance suggestions)
  3. Select your country or territory
    Pilih negara tempat tinggal anda.
  4. Please review and accept our Terms and conditions
    Beri checklist pada "Yes, i have read and accept the agreement".

Jika semua data telah anda lengkapi, klik "Create Account".

cara daftar adsense

Selanjutnya anda akan dibawa pada antarmuka utama dashboard adsense, tepatnya pada menu "Home" (Beranda). Bersamaan dengan proses ini, anda akan menerima sebuah email yang berisi tentang pemberitahuan bahwa permohonan anda telah dikirim dan sedang dalam proses peninjauan. Terdapat juga intruksi untuk langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah:

  1. Submit informasi alamat pembayaran
  2. Verifikasi handphone
  3. Pasang kode iklan ke blog


2.1 Submit informasi alamat pembayaran

Setelah anda mengklik "Create account", anda akan dibawa pada dashboard adsense yang mengintruksikan anda untuk melengkapi informasi alamat pembayaran.

cara mudah diterima adsense


Beberapa informasi yang diperlukan disini adalah Jenis akun, Nama, Alamat, Kota, Provinsi, Kode pos, dan Nomor telepon. Silahkan lengkapi beberapa data diatas dengan sebenar mungkin sesuai dengan data yang tertera pada KTP anda. Untuk Jenis Akun, biarkan seperti semula (individual). Setelah semua data telah anda lengkapi dengan benar, klik "Submit".

trik diterima google adsense terbaru


2.2 Verifikasi Nomor Telepon

Tahap verifikasi ini hanya berlaku untuk negara-negara tertentu. Pada saat proses pendaftaran ini, saya tidak mendapati prosedur yang mengharuskan untuk memverifikasi nomor telepon. Ini artinya, untuk negara indonesia, tahap ini tidak diperlukan. Kita akan langsung ke langkah pemasangan kode iklan.

2.3 Pasang kode iklan

Setelah tahap submit informasi alamat pembayaran, untuk memverifikasi bahwa situs yang anda gunakan adalah benar milik anda, adsense akan meminta anda untuk memasang kode iklan pada blog. Untuk itu, copy semua kode iklan yang diberikan pada tahap ini.

cara agar blog diterima adsense

Untuk dapat dipasang pada blog (melalui Edit HTML theme), kode iklan ini harus diedit terlebih dahulu. Silahkan baca: Cara memasang kode iklan adsense tanpa parse.

Selanjutnya, login ke dashboard blog anda dan buka Edit HTML theme. Pada antarmuka HTML Editor theme, cari kode <head>. Terakhir, Paste kode iklan yang telah diedit tadi tepat dibawah kode <head> tersebut dan kemudian "Save theme".

ciri blog yang diterima google adsense

Selanjutnya, kembali ke dashboard adsense, beri tanda pada bagian "i pasted the code into my site". Terakhir, klik "Done".

pendaftaran adsense selesai

Pada tahap ini, semua proses yang diperlukan untuk pendaftaran akun adsense telah selesai. Selanjutnya, anda tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak adsense terkait status permohonan anda.

trik daftar adsense terbaru

Seperti yang telah disinggung pada halaman utama belajar adsense, tahap review ini umumnya berlangsung antara 1-7 hari. Sembari anda menunggu proses review ini, tetap lakukan kegiatan blogging seperti biasa.

Pada tahap ini, walaupun anda bisa login ke dashboard andsense, beberapa menu masih belum tersedia. Semua menu ini akan tersedia ketika akun anda telah disetujui sepenuhnya.

laman wajib daftar adsense


3. Proses pendaftaran adsense anda ditolak ?

Ya, tidak peduli seberapa besar persiapan yang telah anda lakukan, kemungkinan permohonan adsense anda ditolak akan tetap ada. Jika permohonan anda ditolak, biasanya adsense akan memberikan gambaran singkat tentang alasan kenapa mereka belum bisa menyetujui situs anda. Untuk itu, lakukan perbaikan sesuai dengan intruksi team adsense. Selanjutnya, lakukan lagi proses pendaftaran seperti diawal. Masih gagal juga ?, lakukan lagi ^_^. Masih gagal juga ?, Lakukan lagi ^_^.

4. Proses pendaftaran adsense anda disetujui ?

Jika situs anda disetujui, anda akan mendapatkan email pemberitahuan (dari google-noreply) yang menyatakan bahwa akun anda telah disetujui sepenuhnya.

email pemberitahuan penerimaan adsense

cara mudah daftar adsense dan diterima

cara mudah daftar adsense dengan blog


Selamat, ini adalah awal yang sangat baik untuk mulai menghasilkan uang dari blog anda. Sekarang, langkah awal yang sangat saya sarankan adalah menghapus kode iklan pada blog yang telah dipasang pada proses pendaftaran sebelumnya.

Loh, kok malah dihapus ?

Hanya sementara ^_^. Sebagai pemain baru adsense, Ada banyak hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Hal ini menyangkut bagaimana pemasangan iklan yang aman, penempatan iklan yang ideal, serta beberapa hal terkait lainnya.



Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Cara dan Tips Diterima Mendaftar Google AdSense

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi