wiblogger

Cara mencari gambar tanpa Hak Cipta (Copyrights) di google

Seperti yang telah disinggung pada postingan Cara membuat postingan yang SEO friendly, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat postingan adalah sumber gambar. Pada kasus tertentu (atau untuk tipe-tipe post tertentu), sering kali menuntut kita menggunakan gambar yang tidak bersumber dari karya sendiri. Jika demikian, pastikan gambar yang anda gunakan bebas copyrights (Hak cipta). Hal ini mungkin jarang dipedulikan oleh kebanyakan blogger. Namun, perlu diketahui bahwa google sangat-sangat care dalam hal copyrights. Jangan sampai blog anda mendapatkan penalty google karena pelanggaran hak cipta. Selain itu, terlepas dari faktor SEO dan penalty google, menggunakan aset yang memiliki copyrights bukan merupakan etika blogger yang baik.

Langkah-langkah:
  1. Kunjungi images.google.com dan masukkan keyword gambar yang anda cari. Pada contoh ini saya menggunakan keyword blogger
  2. Pada antarmuka hasil pencarian, klik Setelan > Penelusuran lanjutan.

    Cara mencari gambar gratis tanpa hak cipta di google
  3. Anda akan dibawa pada formulir penelusuran lanjutnya dengan beberapa input yang dapat disesuaikan. Untuk mengatur agar google hanya menampilkan gambar tanpa hak cipta, Scroll ke bagian paling bawah, pada opsi Hak penggunaan, pilih Bebas digunakan atau dibagikan, bahkan secara komersial. Terakhir klik Penelusuran lanjutan.

    Cara mencari gambar gratis di google


Dengan langkah-langkah diatas, google hanya akan menampilkan gambar tanpa hak cipta. Untuk kasus tertentu, karena gambar dengan lisensi ini bisa dikatakan agak jarang, hasil penelusuran kemungkinan besar akan jauh lebih sedikit (dibandingkan tanpa filter). Atau bahkan mungkin tidak ada.


Kalau gak ada gimana ?

Bikin sendiri

Gak bisa bikin sendiri

Ganti topik


Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Cara mencari gambar tanpa Hak Cipta (Copyrights) di google
Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi