wiblogger

Lebih jauh tentang Custom Theme Blogger

Pada materi sebelumnya, telah kita bahas beberapa hal terkait Menu Theme pada dashboard blog. Satu diantaranya adalah mengenai ketersediaan Theme Bawaan Blogger. Sebagai informasi tambahan, kebanyakan blogger lebih cendrung memilih untuk menggunakan Custom Theme dibandingkan dengan Theme Bawaan Blogger. Pada materi ini, sedikit akan kita tinjau mengenai Custom Theme Blogger.

Image by dribbble.com


Daftar isi:
  1. Apa itu Custom Theme ?
  2. Alasan kenapa para blogger lebih memilih Custom Theme
  3. Custom Theme versi Gratis
  4. Custom Theme versi Premium (Berbayar)
  5. Haruskah saya menggunakan theme versi Premium ?
  6. Akhir Pembahasan


1. Apa itu Custom Theme Blogger

Custom Theme (Tema Custom)
Custom Theme adalah semua theme yang Bukan merupakan theme bawaan blogger. Ada banyak situs yang menyediakan theme blogger, baik itu tersedia secara gratis maupun premium (berbayar).


2. Apa yang membuat seorang blogger lebih cendrung menggunakan custom theme ?

Untuk pertanyaan yang satu ini, alasan umum kebanyakan blogger lebih memilih menggunakan custom theme adalah ketersediaan desain. Ya, seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada banyak situs yang menyediakan theme blogger yang bisa anda gunakan baik itu secara gratis maupun berbayar.

Kita tahu bahwa ketersediaan pilihan theme bawaan blogger sangatlah terbatas. Jika anda melakukan pencarian pada google dengan kata kunci "Free Blogger themes", atau "Free Blogger Templates", terdapat banyak sekali situs yang menyediakan themes blogger gratis. Desain dan fitur yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari optimalisasi dalam segi SEO, widget yang unik dan lain sebagainya. Dan pada akhirnya, semua tergantung pada selera dan kebutuhan anda.


3. Custom theme versi gratis

Meskipun theme jenis ini bisa anda dapatkan secara gratis, umumnya setiap theme memiliki Credit Link. Ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh developer theme untuk mempromosikan situs mereka. Anda sebagai pengguna theme gratis ini tidak diizinkan untuk menghapus / memanipulasi credit link ini.

Credit link adalah sebuah link text yang mengarah ke situs developer theme. Link ini umumnya terletak pada bagian bawah theme (footer). Untuk fitur, umumnya theme versi gratis ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan versi premium. Hanya saja, pada versi premium, pengguna akan mendapatkan beberapa layanan khusus yang ditawarkan oleh developer.


4. Custom theme versi Premium (Berbayar)

Pada theme versi premium, umumnya terdapat beberapa layanan khusus yang diberikan oleh developer theme, salah satu diantaranya sebut saja misalnya Premium Support (Dukungan). Dengan layanan ini, anda bisa (berhak) menghubungi developer theme jika suatu waktu mendapati masalah pada theme. Hal ini tentunya akan sangat membantu jika anda belum begitu familiar dengan koding theme blogger. Untuk harga, pada umumnya harga pembelian theme premium blogger berkisar antara 100.000 sampai 250.000 / theme (personal license).


5. Haruskah saya menggunakan theme versi Premium ?

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Jika dilihat dari sisi fitur, umumnya setiap pengembang theme akan memberikan fitur yang tidak jauh berbeda pada kedua versi. Pada versi premium, beberapa keistimewaan yang ditawarkan lebih cendrung pada Layanan.

Jika anda masih dalam tahap belajar, menggunakan theme versi gratis sudah lebih dari cukup. Namun, bagi anda yang hendak menjalankan kegiatan blogging secara serius dan tidak ingin ambil pusing untuk masalah koding theme dan berbagai permasalahan yang mungkin akan dihadapi diwaktu mendatang, menggunakan theme versi premium mungkin bisa menjadi pilihan anda.

Tutorial terkait custom theme:


6. Akhir Pembahasan

Sampai pada materi ini, sebagian besar hal yang berhubungan dengan dashboard blog telah anda kuasai. Berbagai hal terkait lainnya bisa anda temukan pada label Blogger.com. Selanjutnya, kita akan mulai belajar tentang SEO blog.


Mulai belajar SEO blog

Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Lebih jauh tentang Custom Theme Blogger

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi