wiblogger

Pengertian Visitor, Pageviews (PV), dan Unique Visitor (UV) dalam Dunia Blogging

Dalam kegiatan blogging, visitor (Pengunjung) merupakan parameter utama keberhasilan sebuah blog / website. Pada halaman ini, sedikit akan kita bahas mengenai 3 istilah terkait visitor yang mungkin akan sangat sering anda jumpai saat mencari materi-materi terkait blogging.

Daftar Isi:


Apa itu Visitor ?

Visitor adalah jumlah keseluruhan pengunjung sebuah blog atau website dalam kurun waktu tertentu. Ini merupakan jumlah keseluruhan (anggaplah orang) yang mengakses halaman blog. Terkait dengan jenisnya, visitor yang berasal dari kegiatan mesin (software robot otomatis) juga akan dihitung sebagai visitor. dengan kata lain, visitor sebuah situs terkadang tidak hanya berasal dari kegiatan manusia. Dengan kata lain, terdapat juga beberapa akses yang berasal dari software yang umumnya beroperasi secara otomatis (secara normal, jumlahnya sangat kecil).

Anda mungkin masih bingung dengan apa yang saya maksud sebagai "software robot otomatis". Sederhananya, ini merupakan suatu software / program yang dibuat untuk dapat melakukan kegiatan-kegiatan secara otomatis. Dalam hal ini adalah menjelajahi suatu halaman website / blog untuk kepentingan tertentu. Saya misalkan seperti Googlebot yang menjelajahi suatu halaman untuk keperluan index. Googlebot ini juga merupakan salah satu alasan mengapa halaman sebuah website / blog bisa berada pada hasil pencarian mereka.


Apa itu Pageviews ?

Pageviews (kadang disingkat PV) merupakan jumlah keseluruhan akses pada semua halaman blog / website dalam kurun waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya, saya misalkan saja visitor harian blog ini adalah 1000 visitor. Jika rata-rata setiap visitor tersebut membuka 3 halaman, itu artinya jumlah pageview harian blog ini adalah 3000 Pageviews.

Catatan:
Peningkatan jumlah pageviews tidak hanya karena visitor membuka halaman yang berbeda. Pageviews juga akan bertambah jika visitor melakukan refresh (memuat ulang) pada halaman yang sama. Jadi kesimpulannya, pageviews adalah jumlah keseluruhan berapa kali halaman pada blog / website dimuat.


Apa itu Unique Visitor ?

Unique Visitor (kadang disingkat UV) adalah jumlah visitor unik sebuah website / blog dalam kurun waktu tertentu. 2 visitor sudah pasti menghasilkan 2 pageviews. Namun, 2 visitor belum tentu menghasilkan 2 Unique Visitor. Hal ini karena dalam kurun waktu tertentu, terkadang sebuah blog / website bisa jadi dikunjungi oleh visitor yang sama.

Data jumlah Unique Visitor ini didapatkan dengan cara mengenali alamat IP visitor. Jika sebuah website / blog dikunjungi beberapa kali (lebih dari 1 kali) oleh visitor dengan IP yang sama, Unique Visitor tetap dihitung 1 UV.


Overview Visitor Pada Dashboard Blog (Blogger.com)

Pada dashboard blog, tepatnya pada halaman Overview / Ikhtiar di blogger.com, informasi terkait beberapa jenis penayangan blog ini tidak ditampilkan secara lengkap (visitor, pageviews dan unique visitor). Dashboard blog hanyamenampilkan data seputar Pageviews blog. Dengan kata lain, anda tidak dapat melihat visitor dan unique visitor hanya dengan mengandalkan informasi yang terdapat pada dashboard blog.

Antarmuka Pengunjung pada dashboard blog

Update:
Screenshot dibawah merupakan antarmuka Overview Blogger pada versi dashboard sebelumnya. Untuk sekarang, Blogger telah melakukan update antarmuka dashboard (antarmuka overview blogger sudah tidak menampilkan informasi seperti yang terlihat pada screenshot dibawah).

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, terutama untuk mengetahui jumlah visitor dan unique visitor, ada beberapa layanan trafik monitoring yang bisa anda gunakan. 2 dari traffic monitoring yang banyak digunakan untuk saat ini adalah Histats dan Google Analytics. Tutorial lebih lengkap tentang bagaimana menggunakan 2 layanan ini mungkin akan saya update dilain kesempatan.



Bagikan ke:

15 komentar untuk:

Pengertian Visitor, Pageviews (PV), dan Unique Visitor (UV) dalam Dunia Blogging
  1. Terima kasih infonya bro... salam kenal dari pemula hobi375.blogspot.com ...

    BalasHapus
  2. hihi lengkap banget penjelasannya, thanks

    BalasHapus
  3. Mau nanya mas.. Kalau data yang muncul di Search Traffic Webmaster tools, itu apa jumplah PV dan UV ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan keduA-duanya ^_^
      Pada Search Traffic Webmaster Tools, Perhitungan yang dilakukan bukan pada situs yang bersangkutan. Informasi yang terdapat disini adalah perhitungan yang mengacu pada aktivitas pengguna terhadap situs kita yang tampil pada hasil penelusuran mesin pencari.

      Click: Seberapa banyak klik yang dilakukan pengguna mesin pencari pada situs kita yang tampil pada hasil penelusuran.

      Impressions: Jumlah / total seberapa sering situs kita tampil (terlihat) pada hasil penelusuran pengguna mesin pencari

      CTR (Click Through Ratio): Dari banyaknya impressions yang didapat, berapa banyak jumlah pengguna mesin pencari yang mengklik (mengunjungi) situs kita. Datanya berupa persentase, dengan perhitungan Click dibagi Impressions.

      Hapus
  4. Penjelasan lengkal padat dan jelas.. Thanks gan

    BalasHapus
  5. mantap gan infonya. terimakasih bayak

    BalasHapus
  6. Saya pernah baca ada istilah "Pengunjung online" itu apa arti dan bedanya dengan istilah2 tsb di atas? Tolong jelasin ya mas, masih awam makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu istilah untuk pengunjung yang SEDANG berada pada blog kita mas.

      Hapus
  7. Penjelasannya sangat bermanfaat terima kasih, semoga bisa saling silaturrohim
    https://kakfasta.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  8. gan, kan blog saya trafiknya 50k views/bulan. apakah jika saya ditanya vistor, jawabnya 50K/bulan?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, umumnya (pada kasus seperti jual beli blog misalnya) data yang ditanya itu jumlah pageview. Tepatnya pageview per hari.

      Hapus
  9. Makasih infonya. Sgt membantu

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi