wiblogger

Materi 1: Pemahaman Seputar Internet - Website - Blog - URL - Domain dan Subdomain

Untuk materi pertama belajar blogger, akan kita tinjau terlebih dahulu mengenai Apa itu Website, Blog, serta beberapa pengetahuan dasar lainnya seputar blogging. Disini, beberapa poin bahasan tertentu tidak dijelaskan dengan arti yang sebenarnya yang menurut saya (mungkin) akan cukup sulit dipahami bagi yang benar-benar baru. Beberapa dari materi ini akan kita bahas dengan berfokus pada analogi-analogi yang (mudah-mudahan) cukup mudah dipahami. Untuk mendapatkan pengertian yang sebenarnya, anda bisa memanfaatkan pencarian google ^_^.

Memahami Perbedaan Antara Website dan Blog

Pemahaman singkat:
Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa "Blog adalah bagian dari Website".
Lalu apa itu Website (situs web) ?, Website bisa dikatakan sebagai induk atau pemilik utama untuk semua halaman yang terdapat diinternet. Google, Facebook, Twitter, Wikipedia dan ada milyaran lagi lainnya adalah website. Jadi, semua informasi, produk, atau apapun itu yang biasa kita dapatkan melalui internet merupakan halaman-halaman yang berasal / terikat / dibuat / diterbitkan melalui website.

Internet, Website dan Halaman web

Untuk lebih mudahnya, kita mulai pemahaman ini dengan meninjau bagaimana setiap informasi diinternet sampai kepada pembaca. Secara garis besar, skema dibawah ini dapat mewakili alur / proses setiap halaman yang terdapat diinternet.

Pengertian internet, website, dan blog
Internet, Website - Halaman Web

Bisa anda lihat pada skema diatas, dapat dikatakan bahwa semua yang terdapat diinternet ini berasal / diterbitkan melalui website. Ada milyaran website saat ini dengan beranekaragam jenis dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Website-website yang dapat diakses oleh publik inilah yang disebut World wide web (disingkat: WWW).

Poin:
Semua halaman yang ada diinternet baik itu berupa informasi, produk, atau apapun itu adalah halaman-halaman yang diterbitkan / dimiliki oleh Website.

Pada skema diatas, bagian yang saya beri label "Halaman web" adalah konten yang kita lihat pada layar browser (Mozila, Opera, Chrome, dll). Konten yang saya maksud disini adalah apapun yang kita lihat pada layar browser. Saat ini, karena anda sedang berada pada halaman ini, itu artinya layar browser anda sedang menampilkan konten wiblogger.com yang membahas seputar internet, website dan blog ^_^.

Mengenal Apa itu URL dan Bagian-bagian URL

Sekarang kita akan masuk lebih jauh tentang bagian-bagian dari halaman web yang ditampilkan pada layar browser. Ada milyaran website yang bisa diakses / tersedia secara publik di internet. Oleh karena itu, untuk dapat mengakses website / halaman web tertentu, dibutuhkan alamat Unik untuk setiap halaman. Dengan kata lain, setiap website mimiliki alamat yang berbeda. Alamat inilah yang disebut sebagai URL.

Pengeryian URL
Mengenal apa itu URL

Catatan:
Gambar diatas hanya sebatas skema saja. Jumlah halaman web yang diterbitkan oleh suatu website umumnya sangat banyak (bukan hanya 2 halaman seperti gambar diatas).

Dari gambar diatas, dapat kita simpulkan bahwa:
  1. Setiap Website memiliki URL yang berbeda
  2. Setiap halaman pada website juga memiliki URL yang berbeda

Sekarang, untuk lebih jelasnya, lihat pada address bar browser anda, akan terlihat url berupa:
http://www.wiblogger.com/2016/04/pengertian-website-blog-url-domain-subdomain.html".
Ini merupakan URL untuk halaman yang sedang anda akses saat ini.

Pemahaman singkat tentang struktur URL

Walaupun pada tahap ini anda mungkin belum begitu membutuhkan pengetahuan ini, namun untuk lebih menunjang beberapa materi blogger pemula yang akan anda jumpai selanjutnya, sedikit akan saya jelaskan mengenai struktur URL halaman web. Kita ambil contoh untuk Url halaman ini. Secara singkat bisa anda lihat pada tabel berikut:

BagianKeterangan
http://www.wiblogger.com/2016/04/pengertian-website-blog-url-domain-subdomain.htmlMerupakan URL secara keseluruhan untuk mengakses halaman. Tidak ada istilah khusus untuk menyebutkan url secara keseluruhan ini. Dengan kata lain, ini tetap disebut URL
wiblogger.com (tanpa www) Ini disebut DOMAIN. Setiap URL akan diawali dengan domain atau subdomain. Lalu Apa itu Domain dan Subdomain ?

Mungkin akan jauh lebih baik jika ini kita bahas diluar tabel ^_^

Mengenal Apa itu Domain dan Subdomain

Domain adalah URL UTAMA sebuah situs. Google.com, Blogger.com, Yahoo.com, Wikipedia.org, Facebook.com, Twitter.com, wiBlogger.com adalah beberapa contoh Domain. Subdomain adalah cabang lain dari domain, ini bisa juga dikatakan sebagai anak domain utama. Subdomain ini umumnya digunakan untuk mengelompokkan halaman berdasarkan fungsi, kategori atau hal lainnya yang masih berkaitan dengan domain utama. Contoh subdomain: images.google.com

Untuk lebih memahami apa itu subdomain, saya ambil contoh Google.com. Domain google.com ini memiliki banyak sekali subdomain, contohnya images.google.com (khusus pencarian gambar), mail.google.com (untuk google email), dan lain sebagainya. Dapat kita simpulkan disini google membuat subdomain untuk beberapa layanan mereka secara khusus sesuai dengan fungsi layanan.

Jika kita merujuk pada situs lokal, detik.com misalnya. Situs portal berita ini memiliki beberapa subdomain untuk mengelompokkan setiap update / artikel berita yang mereka terbitkan. Misal news.detik.com, health.detik.com, finance.detik.com dan masih banyak lagi lainnya.

Berdasarkan beberapa contoh yang telah disebutkan diatas, dapat kita lihat bahwa nama Subdomain terletak didepan nama Domain Utama.

Jadi, awalan WWW didepan domain (misal: www.wiBlogger.com) merupakan subdomain ya ?

Dalam artian yang sebenarnya, www yang terdapat didepan nama domain adalah subdomain. Namun, khusus untuk WWW, ini sudah dianggap sebagai satu kesatuan dengan domain utama (sebagian besar situs diinternet menggunakan www pada domain utama mereka).

Catatan:
Pada tahap ini, dimana anda masih berada pada level yang sangat dasar dalam mempelajari kegiatan blogging, pengetahuan tentang struktur URL, domain dan subdomain ini dibuat hanya untuk keperluan penunjang saja. Jika anda masih bingung, jangan terlalu diambil pusing dulu !, Ini akan anda pahami dengan sendirinya nanti ^_^.

Mengenal Apa itu Blog dan Website Platform Blogging

Kembali pada pengertian singkat yang telah anda jumpai pada poin sebelumnya:

"Blog adalah bagian dari Website".

Kita tahu bahwa ada banyak sekali website di internet dengan fungsi dan layanan yang berbeda. Google sebagai mesin pencari, Facebook sebagai situs jejaring sosial, Amazon sebagai website Online Shop dan masih banyak lagi lainnya. Diantara sekian banyak website ini, ada website-website tertentu yang menyediakan Layanan Pembuatan Blog. Website yang menyediakan layanan pembuatan Blog inilah yang disebut sebagai website Platform Blogging.

Apa itu internet blog dan website
Skema Website Platform Blogging

Singkatnya, berdasarkan skema diatas, website platform blogging adalah website yang memiliki banyak sekali blog didalamnya (sesuai dengan banyaknya pengguna layanan mereka). Melalui blog yang dibuat inilah setiap pemilik blog menerbitkan halaman / konten mereka, baik itu berupa artikel, produk, atau apapun itu.

Berdasarkan skema diatas pula dapat disimpulkan bahwa setiap blog yang dibuat pada website platform blogging ini akan terikat dengan website utama (website platform blogging itu sendiri). Atau dengan kata lain, status pemilik blog disini adalah (anggaplah) sebagai "Penumpang". Karena status ini, umumnya setiap platform blogging memiliki kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi oleh setiap pemilik blog, kebijakan-kebijakan ini pada dasarnya dibuat untuk menghindari kegiatan-kegiatan spam. Selain itu, karena status pemilik blog disini (lagi-lagi anggaplah) sebagai "Penumpang", ada beberapa batasan terkait blog yang dikelolah. Batasan-batasan ini umumnya berupa fitur dan kustomisasi.

Analogi Website dan Blog:
Agar lebih mudah dipahami, disini saya ibaratkan "Lingkungan Suatu Kota" adalah "Internet" dan orang yang sedang berada dikota tersebut adalah orang yang sedang online (mengakses internet). Website bisa dianalogikan (diibaratkan) sebagai bangunan-bagunan / tempat usaha yang terdapat didalam kota tersebut.

Perumpamaan sebuah website
Analogi Website Platform Blogging

Seperti yang terlihat pada bagian kiri gambar diatas (kota), anda tentu bisa membayangkan, dalam sebuah kota pastinya akan terdapat banyak bangunan dengan fungsi tertentu. Sebut saja bagunan-bagunan ini misalnya mall, kampus, bank, dan lain sebagainya. Bermacam-macam apa yang ditawarkan melalui bangunan-bangunan / tempat usaha ini bisa kita anggap sebagai bentuk keanekaragaman Website (bagian kanan). Bentuk keanekaragaman website ini bisa berupa jasa, penjualan produk, layanan dan lain sebagainya.

Kembali pada apa yang dimaksud dengan platform blogging yaitu suatu Website atau situs yang menyediakan layanan pembuatan blog.

Jadi, dalam analogi ini, jika internet dianalogikan sebagai kota, dan website adalah bangunan-bangunan yang ada didalam lingkungan kota, blog bisa dikatakan sebagai bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah bangunan. Dalam analogi ini, Website platform blogging (dalam kasus ini adalah blogger.com) bisa kita ibaratkan sebagai Mall.

Pengertian internet blogger dan blogger
Analogi Website Platform Blogging

Kita tahu bahwa didalam sebuah Mall umumnya terdapat beranekaragam ruko dengan berbagai jenis penawaran / produk. Berbagai produk-produk yang ditawarkan ini bisa berupa pakaian, perlengkapan elektronik, makanan dan lain sebagainya. Ruko-ruko didalam mall ini umumnya dimiliki oleh orang yang berbeda (mereka nyewa ke mall). Di internet, ruko-ruko inilah bisa kita anggap sebagai Blog. Perbedaannya, jika untuk mendapatkan tempat didalam mall kita membutuhkan dana sebagai biaya sewa tempat, diinternet, untuk dapat memiliki blog, kita bisa mendapatkannya secara gratis. Blog inilah yang nantinya bisa kita gunakan untuk menawarkan / memperkenalkan / menerbitkan produk kita ^_^.

Pengertian platform blogging
Analogi Website Platform Blogging

Jadi Setiap Website pasti terdiri dari beberapa blog ya ?

Tidak juga..! Analogi diatas hanya berlaku untuk jenis website tertentu (dalam hal ini adalah website platform blogging).

Oh iya, kalau blog adalah bagian dari sebuah website, berarti dimata internet, blog itu lebih kecil ya dibandingkan website ?

Good Question ^_^, kurang lebih mungkin begitu. Tapi...,

"Untuk membuat sesuatu yang Besar di internet, kita tidak membutuhkan sudut pandang internet, yang kita butuhkan adalah seberapa besar (baik) kita jika dilihat dari sudut pandang Mesin pencari dan Pembaca".

Beberapa Poin Seputar Website dan Blog

Poin
Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa Website adalah jenis halaman web yang berdiri dan memiliki mesin sendiri sedangkan Blog adalah halaman web yang merupakan salah satu bagian dari sebuah website (tidak berdiri sendiri).

Beberapa kesimpulan lainnya adalah:
  1. Membuat Website berarti anda membuat halaman web mandiri yang berdiri sendiri dan tidak terikat dengan peraturan atau persyaratan tertentu (kendali sepenuhnya dipegang oleh anda)
  2. Membuat Blog berarti anda menyewa (umumnya tanpa biaya / gratis) tempat dalam sebuah website
  3. Berbeda dengan website, Membuat Blog berarti anda harus mengikuti semua ketentuan dan peraturan yang terdapat pada website yang bersangkutan.
  4. Untuk Website, karena ini merupakan milik anda seutuhnya, anda bebas untuk melakukan kustomisasi (penyesuaian). Hal ini bisa berupa desain, penambahan fitur dan aspek lainnya dari website anda. Singkatnya, hebat tidaknya website anda tergantung pada kemampuan anda.
  5. Untuk Blog, karena disini kita berstatus menjadi salah satu (lagi-lagi anggaplah) penumpang sebuah website, ada batasan-batasan tertentu seputar kustomisasi. Hal ini lebih cendrung pada fitur yang bisa dimiliki / diterapkan pada blog.

Wah, kalau begitu mending saya membuat website dong dari pada blog ?

Tepat sekali..! tapi yang jadi pertanyaan, apakah sekarang anda sudah mampu ? ^_^

Membuat / mengelolah Website membutuhkan Skill dan Modal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mengelolah Blog. Karena yang hendak anda bangun adalah website, anda tentu harus mempersiapkan semuanya dari NOL. Walaupun anda bisa menggunakan salah satu Content Management System atau CMS (anggaplah mesin / coding pembuat website) yang dapat digunakan secara instan (Contoh: Wordpress.org, akan anda jumpai pada poin berikutnya), ada banyak hal lain yang juga akan menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan dan membutuhkan dana yang bisa dibilang tidak sedikit. Terlebih lagi bagi para pemula yang umumnya tidak dibekali banyak pengetahuan tentang web programming.

Masalah dana mungkin tidak akan menjadi persoalan jika anda adalah seorang blogger expert yang sudah memiliki jam terbang dan tujuan yang jelas. Website umumnya adalah pilihan bagi para blogger profesional, baik itu mereka yang bekerja secara individu maupun kelompok. Untuk pemula, memulai kegiatan bisnis online dengan menggunakan website sangat tidak disarankan. Anda setidaknya harus mengeluarkan biaya domain, hosting dan theme (jika ingin tampak profesional) pada tahap awal pembuatan website.

Saya pemula, sebaiknya bagaimana ?

Mulailah belajar dari sebuah BLOG.

Untuk yang benar-benar pemula, sangat disarankan mulai belajar dengan menggunakan Blog. Memulai kegiatan blogging menggunakan blog akan membuat proses belajar anda jauh lebih mudah.

Saat anda mulai menjalankan kegiatan blogging, anda akan belajar beberapa hal / kemampuan. Kemampuan-kemampuan ini juga akan diperlukan dalam pengolahan sebuah website yang akan menjadi dasar yang penting.

Emang kemampuan apa saja yang akan saya pelajari dalam mengolah sebuah blog ?

Secara garis besar, dalam mengelolah blog, ada beberapa materi yang harus anda pelajari, diantaranya adalah:
  1. Belajar mengoperasikan platform blogging yang digunakan
  2. Belajar dan memahami bagaimana mesin pencari (Google) memilih artikel / halaman web. Dengan kata lain, ini adalah pengetahuan tentang bagaimana membuat halaman web yang berkualitas, baik itu dari perspektif (sudut pandang) pembaca maupun dari perspektif mesin pencari. Dalam dunia blogging, ini dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization)
  3. Belajar tentang HTML dan CSS (Berkaitan dengan desain dan struktur sebuah blog atau website)
  4. Belajar Javascript (Ini adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada browser untuk membuat blog / website menjadi lebih interaktif.

Dari 4 materi diatas, 2 diantaranya (no 1 dan no 2) adalah materi yang akan menjadi prioritas pada situs wiBlogger.com ini. Walaupun blog wiBlogger.com ini juga akan membahas materi HTML, CSS dan Javascript, untuk keseluruhan materi blogger pemula, saya lebih fokus pada 2 poin pertama.

Khususnya untuk materi HTML dan CSS, pada tahap awal, pengetahuan dasar-dasarnya saja mungkin sudah cukup. Untuk javascript, akan sangat lebih baik jika ini tidak kita bahas dulu. Pada keadaan dimana anda sendiri masih belum begitu paham mengenai Blog dan Website, pengetahuan javascript ini bisa dibilang terlalu tinggi. Ini akan anda jumpai nanti, tidak pada halaman ini dan tidak pada level ini ^_^

Apakah sulit jika saya langsung mulai dari website ?

Cukup sulit...! Dalam pembangunan website, selain ada beberapa materi lagi, 4 materi diatas merupakan dasar penting yang harus anda kuasai terlebih dahulu.

Empat kemampuan yang telah disebutkan diatas adalah dasar yang akan sangat anda butuhkan jika anda memutuskan untuk mulai belajar lebih jauh ke pembangunan website. Dalam pengolahan sebuah website umumnya identik dengan keleluasaan dalam mengakses server. Ini adalah bagaimana proses pengolahan dan transfering data dilakukan. Untuk tujuan ini, umumnya bahasa pemrograman berbasis server yang digunakan saat ini adalah PHP. Dalam mempelajari PHP, anda harus menguasai HTML, CSS dan Javascript. Selain itu, hal lainnya yang tidak kalah penting dalam pengolahan sebuah website adalah penggunaan database (Misal: MySql).

Jadi, jika ingin membuat website harus belajar HTML, CSS dan Javascript dulu ya ?

Kurang lebih ya seperti itu...! Namun, sebagai pemula, anda tidak serta merta harus menguasai secara penuh 4 materi diatas. Pelajari secara perlahan dan bertahap. Inilah alasan mengapa para pemula lebih disarankan untuk mulai dengan Blog bukan Website.

Apakah tidak bisa jika saya menggunakan tenaga profesional untuk membuat website yang siap pakai ?

Bisa saja. Namun, mengelolah website pada keadaan dimana kemampuan anda masih NOL besar, ini sangat-sangat tidak efisien. Kecuali jika anda memiliki misi untuk "mengosongkan" saku anda dengan meminta bantuan tenaga profesional untuk setiap kendala yang akan anda hadapi ^_^.

Catatan:
Seperti yang telah diinformasikan diawal, penjabaran ini tidak menggunakan pengertian yang sebenarnya dari website ataupun blog. Saya hanya menjelaskan inti dari keduanya yang (mudah-mudahan) cukup mudah dimengerti. Link dibawah ini bisa anda gunakan untuk menambah pemahaman anda tentang apa itu website dan apa itu blog dalam arti yang sebenarnya.
  1. Website (Situs Web) - Wikipedia
  2. Blog (Web Log) - Wikipedia

Memilih Platform Blogging: Blogger.com

Ada banyak website berbasis platform blogging yang umumnya memberikan layanan mereka secara gratis. Untuk sekarang, ada 2 platform blogging yang paling banyak digunakan. Dua website platform blogging ini adalah Blogger.com dan Wordpress.com. Pada situs wiblogger.com ini, platform yang akan kita gunakan untuk belajar kegiatan blogging adalah blogger.com. Oleh karena itu, disini kita hanya fokus pada platform blogging blogger.com saja. Untuk wordpress.com, jika anda menginginkan informasi lebih lanjut, manfaatkan pencarian google untuk bertanya ^_^.

Catatan:
Wordpress yang saya maksud sebagai platform blogging disini adalah Wordpress.com bukan Wordpress.org (self host)

Informasi Tambahan:
Wordpress sendiri memiliki 2 versi, yaitu versi gratis (Wordpress.com) dan versi Self Host / berbayar (Wordpress.org). Banyak yang menganggap wordpress.org adalah salah satu dari website platform blogging. Dalam pengertian yang sebenarnya, hal ini tidaklah benar. Wordpress.org bukannya sebuah platform blogging melainkan sebuah website yang menyediakan source code CMS untuk membuat sebuah Website.

Jika anda mengunjungi wordpress.org, akan tersedia link download source code yang nantinya bisa anda instal pada sebuah hosting. Website yang dibangun dengan CMS dari wordpress.org ini akan memiliki antarmuka admin seperti halnya yang terdapat pada wordpress.com. Hal yang membedakan wordpress.org dan wordpress.com adalah anda akan mendapatkan lebih banyak kustomisasi dan hampir tidak terikat oleh ketentuan apapun. Ya, hal ini jelas karena yang anda buat bukanlah sebuah blog melainkan sebuah website dengan CMS wordpress.

Blogger.com

Blogger.com (bisa juga diakses dengan blogspot.com) adalah layanan blogging gratis yang pada awalnya diluncurkan oleh perusahaan bernama Pyra Labs pada tahun 1999. Pada tahun 2003, blogger.com diakusisi oleh Perusahaan Google dan terus berkembang dari waktu ke waktu dan telah menjadi layanan blogging gratis yang paling banyak digunakan untuk saat ini.

Fitur Blogger.com
  1. Memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi
  2. Dapat digunakan sebagai media untuk menghasilkan uang baik itu melalui media periklanan milik google maupun dari media lainnya
  3. Satu akun blogger bisa digunakan untuk membuat hingga 100 blog
  4. Satu blog bisa memiliki hingga 100 author (penulis)
  5. Dukungan Custom Domain
  6. Server yang sangat kuat.
  7. Ketersediaan theme yang sangat banyak, baik itu theme gratis maupun berbayar. 
  8. Dukungan Backup dan Restore
  9. Terintegrasi dengan Google Adsense dan Google+.
  10. dan masih banyak lagi.

Kenapa Memilih Blogger.com ?

90%+ fitur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah halaman web profesional bisa dilakukan melalui Blogger.com.

Terutama untuk kegiatan pemula, blogger sudah sangat-sangat cukup untuk membuat berbagai jenis halaman web. Walaupun diawal telah saya sampaikan bahwa menggunakan platform blogging akan memiliki keterbatasan tertentu, di blogger.com, anda bisa melakukan hampir semua kegiatan blogging pada umumnya. Misalnya saja dukungan berbagai widget (contact form, slide show, dll), dukungan custom theme, membuat berbagai interaksi menggunakan javascript dan lain sebagainya.

Di blogger.com, semua fitur bisa kita dapatkan secara gratis tanpa ada batasan-batasan yang mengharuskan kita melakukan upgrade (membayar) terlebih dahulu. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya hosting per bulannya untuk membuat blog tetap online. Dalam hal ini, blogger dihost pada server google yang tentunya memiliki kualitas yang sangat baik. Sangat jarang sekali (secara pribadi belum pernah) saya dapati terjadi down pada server blogger.

Blogger adalah website platform blogging yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Dari segi keamanan, blogger sangat bisa diandalkan.

Saat ini, kita tahu bahwa google adalah sebuah perusahaan besar yang (umumnya) bergerak dibidang internet dengan berbagai macam layanan. Disini, masalah kredibilitas dan keamanan sudah jelas. Ini mungkin tidak akan kita dapatkan bahkan jika menggunakan website Self Host (hosting sendiri / berbayar).

Hingga saat ini, Google tetap / masih Serius pada platform blogging blogger.com

Belakangan ini, beberapa update telah dilakukan pada blogger.com. Update ini adalah berupa penambahan fitur, upgrade dashboard interface, dan beberapa lainnya. Pada update terbaru yang dilakukan, blogger telah menyediakan koneksi https untuk setiap blog yang menggunakan subdomain mereka. Meninjau hal ini, besar kemungkinan fitur-fitur yang terdapat pada blogger.com ini akan terus mengalami peningkatan.

Akhir Pembahasan:

Saat ini, saya anggap anda sedikit banyak telah memiliki gambaran tentang Internet, website dan blog. Materi ini saya buat agar setiap dari anda yang ingin mulai mempelajari kegiatan blogging dapat mengerti dan paham dulu tentang apa yang akan anda buat ^_^. Pada materi selanjutnya, kita akan mulai membuat sebuah blog di blogger.


Bagikan ke:

3 Komentar untuk:

Materi 1: Pemahaman Seputar Internet - Website - Blog - URL - Domain dan Subdomain
Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi