wiblogger

Antarmuka Blogger.com: Mengenal Menu-menu pada Dashboard Blogger

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah berhasil membuat sebuah blog di blogger.com. Selanjutnya kita mulai mengenal dan memahami berbagai menu dan elemen (bagian) yang terdapat pada Dashboard Blogger.

Daftar Isi:
  1. Apa itu Dashboard Blog ?
  2. Login ke dashboard blog
  3. Menu-menu yang terdapat pada dashboard blog


1. Apa itu dasboard blog ?

Secara sederhana, dashboard (Indonesia: Dasbor) dapat dikatakan sebagai halaman kontrol utama blog. Halaman ini memungkinkan admin blog (dalam kasus ini adalah Anda) untuk dapat melakukan monitoring, kontrol, atau berbagai bentuk penyesuaian yang diperlukan terkait blog yang dikelolah. Kegiatan-kegiatan pada dashboard ini misalnya saja seperti mengatur tampilan blog, membuat post, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya.

Halaman dashboard ini hanya dapat diakses secara penuh oleh admin blog. Walaupun demikian, anda sebagai admin blog juga bisa memberikan hak akses khusus (izin) kepada orang tertentu yang nantinya akan menjadi salah satu kontributor blog yang anda kelolah (bisa juga disebut sebagai Author / Penulis blog). Namun, akses yang dimiliki oleh author blog ini akan tetap terbatas, tidak seperti admin.

Pada materi sebelumnya (Fitur-fitur Blogger.com), telah diketahui bahwa pada platform blogging blogger.com, setiap blog bisa memiliki hingga 100 author.


2. Cara Login ke Dashboard Blog

Disini, saya anggap anda telah mengikuti Tutorial blogger dari awal. Hal ini penting karena setiap update yang diterbitkan terkait tutorial blogger pemula merupakan materi-materi pendukung yang akan menunjang berbagai materi yang akan dijelaskan pada level yang lebih tinggi.

Untuk login ke dashboard blog, kunjungi https://www.blogger.com. Jika anda telah dalam keadaan loginke email google, ketika anda mengunjungi https://www.blogger.com, anda akan langsung masuk ke dashboard blog. Jika tidak, pada halaman yang terbuka, klik "Masuk" yang terdapat pada pojok kanan atas. Lakukan login seperti biasa.

menu-menu pada dashboard blogger

fungsi menu-menu pada dashboard blogger

penjelasan menu-menu pada dashboard blogger

Halaman yang terbuka selanjutnya inilah yang disebut sebagai Dashboard Blog.

menu-menu pada dashboard blog


Sekarang, anda telah mengerti tentang Apa itu Dashboard Blog dan bagaimana cara login ke dashboard blog. Selanjutnya sedikit akan kita tinjau tentang beberapa menu yang terdapat pada dashboard blog.

menu-menu pada dashboard blogger

Disini, penjelasan untuk beberapa menu ini tidak diulas secara mendalam. Kita fokus pada poin pentingnya saja. Anda akan mendapatakan penjabaran lebih lanjut terkait beberapa menu ini pada materi-materi selanjutnya.

  • Postingan
    Apa itu postingan ?, postingan adalah konten yang diterbitkan pada blog. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa isi dari sebuah blog adalah postingan. Menu postingan pada dashboard blog ini adalah tempat dimana anda bisa membuat, mengedit, atau memperbarui post blog anda. Lebih jauh tentang ini akan anda jumpai pada materi-materi selanjutnya.
  • Statistik
    Pada menu ini, anda bisa melihat beberapa data yang berkaitan dengan pengunjung blog anda. Tersedia beberapa informasi terkait pengunjung blog seperti misalnya Jumlah kunjungan dalam periode waktu tertentu (hari, bulan, dan lain sebagainya), Sumber pengunjung, perangkat yang digunakan pengunjung serta beberapa lagi lainnya.
  • Komentar
    Mengelolah komentar-komentar yang diterbitkan pada blog.
  • Kampanye
    Ini adalah menu yang digunakan untuk mengiklankan blog melalui Google Adword (Pake biaya tentunya). Lebih jauh tentang ini tidak akan saya bahas pada blog wiBlogger.com ini. Untuk mencari pengunjung, kita hanya akan menerapkan teknik-teknik SEO sederhana serta beberapa tehnik membuat konten blog yang berkualitas. Materi tentang SEO ini akan anda jumpai nanti, tidak pada halaman ini dan tidak pula pada level ini.
  • Laman
    Berisi semua laman khusus blog. Lebih jauh tentang ini akan anda jumpai pada materi-materi selanjutnya.
  • Tata letak
    Beberapa hal berkaitan dengan elemen blog bisa anda lakukan disini. Hal ini seperti misalnya menambahkan widget baru, mengatur penempatan widget dan lain sebagainya. Lebih jauh tentang ini akan anda jumpai mada materi-materi selanjutnya.
  • Tema
    Berbagai hal berkaitan dengan desain tampilan blog bisa anda lakukan disini. Lebih jauh tentang ini akan anda jumpai mada materi-materi selanjutnya.
  • Setelan
    Berisi berbagai pengaturan blog. Menu pengaturan ini akan anda jumpai pada meteri selanjutnya.
  • Daftar bacaan
    Menu ini berisi post terbaru yang diterbitkan oleh blog yang anda ikuti. Lebih jauh tentang ini mungkin akan kita bahas nanti.


Akhir bahasan:
Sekarang, anda sedikit banyak telah mengenal beberapa menu yang terdapat pada dashboard blog. Pada materi selanjutnya, kita akan mulai melakukan penyesuaian pada pengaturan blog (Menu Setelan).



Bagikan ke:

3 komentar untuk:

Antarmuka Blogger.com: Mengenal Menu-menu pada Dashboard Blogger
  1. kalau kolom komentar pada dashboard hilang cara balikinnya gimana.. .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hilang atau memang gak pernah muncul mas ?

      Hapus
  2. saya juga masih belajar menata lebih cakep lagi tata letak postingan2 ringkasnya kak hehe, siip infonya

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi