wiblogger

Pilih Blogger.com dibandingkan Wordpress.com, Kenapa ?

Ada banyak website berbasis platform blogging yang umumnya memberikan layanan mereka secara gratis. Untuk sekarang, ada 2 platform blogging yang paling banyak digunakan. Dua website platform blogging ini adalah Blogger.com dan Wordpress.com. Pada situs wiblogger.com ini, platform blogging yang akan digunakan sebagai media belajar blogging adalah blogger.com. Untuk wordpress.com, jika anda menginginkan informasi lebih lanjut, manfaatkan pencarian google.

INFO:
Wordpress yang dimaksud sebagai platform blogging disini adalah Wordpress.com bukan Wordpress.org (self host). Wordpress sendiri memiliki 2 versi, yaitu versi gratis (Wordpress.com) dan versi Self Host / berbayar (Wordpress.org). Wordpress.org sering kali dianggap sebagai salah satu website platform blogging. Dalam pengertian yang sebenarnya, hal ini tidaklah benar. Wordpress.org bukannya sebuah platform blogging melainkan sebuah website yang menyediakan source code CMS (Content management system) untuk membuat dan mengelolah Website.

Jika anda mengunjungi wordpress.org, akan tersedia link download source code yang nantinya bisa anda instal pada sebuah hosting. Website yang dibangun dengan CMS dari wordpress.org ini akan memiliki antarmuka admin seperti halnya yang terdapat pada wordpress.com. Hal yang membedakan wordpress.org dan wordpress.com adalah anda akan mendapatkan lebih banyak kustomisasi dan hampir tidak terikat oleh ketentuan apapun. Ya, hal ini jelas karena yang anda buat bukanlah sebuah blog melainkan sebuah website dengan CMS wordpress.

Post terkait:
Apa itu Website dan Blog ? Perbedaan antara Website dan Blog



Tentang Blogger.com

Blogger.com (bisa juga diakses dengan blogspot.com) adalah layanan blogging gratis yang pada awalnya diluncurkan oleh perusahaan bernama Pyra Labs pada tahun 1999. Pada tahun 2003, blogger.com diakusisi oleh Perusahaan Google dan terus berkembang dari waktu ke waktu dan telah menjadi layanan blogging gratis yang paling banyak digunakan untuk saat ini, terlebih lagi untuk blogger di Indonesia.

Fitur Blogger.com
  1. Memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi
  2. Dapat digunakan sebagai media untuk menghasilkan uang baik itu melalui media periklanan milik google (AdSense) maupun dari media periklanan lainnya
  3. Satu akun blogger bisa digunakan untuk membuat hingga 100 blog
  4. Satu blog bisa memiliki hingga 100 author (penulis)
  5. Dukungan Custom Domain
  6. Server yang sangat kuat
  7. Ketersediaan theme (tema) yang sangat banyak, baik itu theme yang tersedia secara gratis maupun berbayar
  8. Dukungan Backup dan Restore
  9. Terintegrasi dengan Google Adsense dan Google+.
  10. dan masih banyak lagi.



Kenapa Memilih Blogger.com ?


Hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah halaman web profesional bisa didapatkan melalui Blogger.com.

Terutama untuk kegiatan pemula, blogger sudah sangat-sangat cukup untuk membuat berbagai jenis halaman web. Anda bisa melakukan hampir semua kegiatan blogging pada umumnya melalui blogger.com. Hal ini seperti misalnya dukungan berbagai widget (contact form, slide show, dll), dukungan custom theme, membuat berbagai interaksi menggunakan javascript dan lain sebagainya.

Di blogger.com, semua fitur bisa kita dapatkan secara gratis tanpa ada batasan-batasan yang mengharuskan kita melakukan upgrade (membayar) terlebih dahulu. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya hosting per bulannya untuk membuat blog tetap online. Dalam hal ini, blogger dihost pada server google yang tentunya memiliki kualitas yang sangat baik. Sangat jarang sekali (secara pribadi belum pernah) saya dapati terjadi down pada server blogger.

Blogger adalah website platform blogging yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Dari segi keamanan, blogger.com sangat bisa diandalkan.

Saat ini, kita tahu bahwa google adalah sebuah perusahaan besar yang (sebagian besar produk mereka) bergerak dibidang online dengan berbagai macam layanan. Disini, masalah kredibilitas dan keamanan sudah jelas. Ini mungkin tidak akan kita dapatkan bahkan jika menggunakan website Self Host (hosting sendiri / berbayar).

Hingga saat ini, Google tetap / masih serius pada platform blogging blogger.com

Belakangan ini, beberapa update telah dilakukan pada blogger.com. Update ini adalah berupa penambahan fitur, upgrade dashboard interface, ketersediaan theme dan beberapa lagi lainnya. Sekarang, blogger.com telah menyediakan koneksi https untuk setiap blog yang menggunakan subdomain mereka. Meninjau hal ini, besar kemungkinan fitur-fitur yang terdapat pada blogger.com ini akan terus mengalami peningkatan.


Akhir pembahasan
Seperti yang telah disinggung diawal, pada blog wiBlogger.com ini, platform blogging yang digunakan sebagai materi pembelajaran kegiatan blogging adalah blogger.com. Pada materi selanjutnya, kita akan mulai membuat sebuah blog di blogger.com.



Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Pilih Blogger.com dibandingkan Wordpress.com, Kenapa ?

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi