Apa itu Domain dan Subdomain ? Perbedaan Domain dan Subdomain

Pengertian Domain dan Subdomain
Domain adalah URL utama sebuah situs atau website. Google.com, Blogger.com, Yahoo.com, Wikipedia.org, Facebook.com, Twitter.com, wiBlogger.com adalah beberapa contoh Domain.

Subdomain adalah cabang lain dari domain, ini bisa juga dikatakan sebagai anak domain utama. Subdomain umumnya digunakan untuk mengelompokkan halaman / konten website berdasarkan fungsi, kategori atau hal terkait lainnya. Contoh subdomain: images.google.com.


Lebih jauh tentang domain dan subdomain

Untuk lebih jelasnya, kita ambil contoh Google.com. Domain Google.com ini memiliki banyak sekali Subdomain, contohnya images.google.com (khusus pencarian gambar), mail.google.com (untuk google email), dan lain sebagainya. Dapat kita simpulkan disini google membuat subdomain untuk beberapa layanan mereka secara khusus sesuai dengan fungsi layanan.

Jika kita merujuk pada situs lokal, Detik.com misalnya. Situs portal berita ini memiliki beberapa subdomain untuk mengelompokkan setiap konten yang mereka terbitkan. Misal news.detik.com, health.detik.com, finance.detik.com dan masih banyak lagi lainnya.

Berdasarkan contoh diatas, dapat kita simpulkan bahwa nama Subdomain terletak didepan nama Domain Utama.


Jadi, awalan www didepan domain (misal: www.wiBlogger.com) merupakan subdomain ya ?

Dalam artian yang sebenarnya, www yang terdapat didepan nama domain adalah subdomain. Namun, khusus untuk www, ini sudah dianggap sebagai satu kesatuan dengan domain utama (sebagian besar situs di internet menggunakan www pada domain utama mereka).




Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Apa itu Domain dan Subdomain ? Perbedaan Domain dan Subdomain
Butuh bantuan ?
Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar blogging atau hal lainnya yang masih berhubungan dengan situs wiBlogger.com ini, anda bisa menghubungi kami melalui email.

Khususnya untuk Blogger Template, anda bisa bergabung ke grup facebook untuk belajar dan diskusi bersama para pengguna blogger.com lainnya.

Blogger Template

×
Jangan tampilkan lagi