wiblogger

Apa itu URL ? Pengertian dan Bagian-bagian URL (Alamat web)

Untuk menunjang beberapa materi blogger pemula yang menjadi salah satu modul pembelajaran blogging pada blog wiBlogger.com ini, sedikit akan kita tinjau mengenai URL serta bagian-bagian utama yang terdapat pada sebuah URL. Perlu juga anda ketahui bahwa penjelasan pada halaman hanya fokus pada poin-poin penting dari URL saja, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai hal terkait URL, manfaatkan pencarian google.

Apa itu URL ?

Pengertian URL
URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses halaman web tertentu di internet. Adapun halaman web yang dimaksud disini adalah semua sumber daya (resource) yang tersedia di internet, hal ini bisa berupa halaman HTML, file CSS, Gambar, Video dan berbagai sumber daya lainnya.

Ada banyak halaman web yang tersedia secara publik di internet. Untuk dapat mengakses halaman web tertentu, web browser membutuhkan alamat unik yang mengarah pada halaman web yang bersangkutan. Dengan kata lain, setiap halaman web mimiliki alamat yang berbeda. Alamat inilah yang disebut sebagai URL.

Pengertian URL
Mengenal apa itu URL


Sekarang, untuk lebih jelasnya, lihat pada address bar browser anda, akan terlihat url halaman yang sedang anda akses saat ini berupa:
URL halaman ini
http://www.wiblogger.com/2017/12/pengertian-url.html


Bagian-bagian URL

Untuk menunjang beberapa materi blogger pemula yang terdapat pada blog wiBlogger.com ini, sedikit akan kita tinjau mengenai struktur URL halaman web.

bagian-bagian url
Bagian-bagian URL

Setidaknya terdapat 3 bagian yang terdapat pada sebuah URL, 3 bagian ini adalah protokol, hostname (domain), dan path.

  • Protokol
    Protokol adalah bagian URL yang berfungsi untuk memberitahukan web browser tentang bagaimana harus memproses halaman web yang bersangkutan. Adapun protokol standar yang sering kita jumpai adalah HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTP Secure). Selain 2 protokol ini, terdapat beberapa protokol lainnya yang digunakan pada URL, sebut saja misalnya mailto: yang mengintruksikan browser untuk membuka program email default pada perangkat client.
  • Hostname
    Hostname (bisa juga disebut sebagai domain name) adalah bagian yang menunjukkan alamat utama website yang menerbitkan sumber daya bersangkutan.
  • Path
    Menunjukkan lokasi file yang diakses.




Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Apa itu URL ? Pengertian dan Bagian-bagian URL (Alamat web)

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi