Panduan Dasar: Cara Backup Theme / Tema di Blogger

Sebelum anda melakukan perubahan apapun pada tema blog, sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang mungkin saja terjadi saat / setelah proses perubahan pada tema dilakukan.

Kapan seharusnya saya melalukan backup tema ?

Lakukan backup ketika anda hendak menggunakan tema baru, melakukan editing, menambahkan custom widget / elemen baru, serta berbagai kegiatan lainnya yang dilakukan melalui menu "Edit HTML" (HTML Editor).

Dengan melakukan backup, apakah semua kesalahan yang mungkin saja terjadi bisa terselesaikan ?

Ya,... Dengan melakukan backup, anda dapat dengan mudah mengembalikan keadaan theme ke keadaan awal (keadaan sebelum perubahan dilakukan) dengan cara meng-upload file .xml theme yang didapat dari proses backup.

Cara Backup Theme Blog

Pada dashboard blog, buka menu "Theme" dan kemudian "Backup / Restore".

Cara backup tema blogger

Klik "Download Theme".

Cara backup theme blogger

Selanjutnya "Save / Simpan" file theme.

Cara backup tema blogger

Proses backup diatas akan mendownload file dengan format .xml. Jika terjadi kesalahan / error setelah anda melakukan perubahan, gunakan file backup ini untuk mengembalikan theme ke keadaan semula (restore). Untuk panduan bagaimana cara Restore, ini sama halnya dengan prosedur install theme blog. Panduan install theme bisa anda jumpai pada post Tutorial Cara Install Tema Blogger.

Bagikan ke:

2 Komentar untuk:

Panduan Dasar: Cara Backup Theme / Tema di Blogger
  1. bang tema freshoptimz kok gak sesuai demo ya,, udah aku coba seasuai tutorial kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastiin aja ikut dokumentasinya mas, mustahil gak sesuai. Install pake metode copy paste xml langsung ke editor. Jangan pake metode upload.

      Hapus
Butuh bantuan ?
Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar blogging atau hal lainnya yang masih berhubungan dengan situs wiBlogger.com ini, anda bisa menghubungi kami melalui email.

Khususnya untuk Blogger Template, anda bisa bergabung ke grup facebook untuk belajar dan diskusi bersama para pengguna blogger.com lainnya.

Blogger Template

×
Jangan tampilkan lagi