wiblogger

Tips Memilih Domain / URL Blog yang SEO Friendly

Domain Blog adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan. Satu-satunya tempat yang tepat untuk menyertakan brand anda ke internet adalah melalui domain. Selain itu, dengan pemilihan domain yang baik, ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya domain yang tepat untuk blog. Bagi anda yang tidak mengikuti panduan blogger pemula dari awal dan masih belum tahu apa itu domain, bisa anda baca pada artikel Memahami Apa Itu Internet, Website, Blog, Url, Domain dan Subdomain.

Rekomendasi Metode Pemilihan Domain

Ada 2 metode yang bisa menjadi referensi anda dalam menentukan nama domain blog / situs. Ini juga umumnya digunakan oleh kebanyakan blogger dalam menentukan nama domain situs mereka. Dua metode ini adalah:
  1. Brand On Domain
  2. SEO On Domain

1. Brand On Domain

Jika anda sudah memiliki brand yang berjalan, pemilihan nama domain sebaiknya tetap menggunakan brand anda. Tidak peduli apakah nama brand anda telah sesuai dengan layanan / produk yang anda tawarkan atau tidak, jika brand anda telah dibangun dan berkembang, tetap gunakan brand sebagai nama domain. Namun, jika hal ini (brand) belum terpikirkan oleh anda sebelumnya, dan anda hendak membuat dan membangun brand dari awal, untuk kepentingan optimasi situs anda, jika memungkinkan, sangat direkomendasikan untuk membuat nama brand yang SEO Friendly (Nama brand sesuai dengan Nice layanan / produk).

2. SEO On Domain

Selain dengan mengacu kepada brand, akan sangat baik jika nama domain yang dipilih juga tetap baik dari sisi SEO. Bagaimana cara memilih nama domain yang SEO ?

Nama domain tidak terlalu panjang

Saya pribadi beranggapan bahwa idealnya, domain yang baik maksimal terdiri dari 2 suku kata. Akan lebih baik lagi jika anda bisa mendapatkan nama domain yang hanya terdiri dari satu suku kata dan sesuai dengan nice atau brand anda. Namun, kemungkinan ketersediaan domain dengan suku kata yang branded bisa dikatakan cukup kecil.

Sertakan Nice pada nama Domain

Untuk tujuan SEO, sangat disarankan untuk membuat nama domain yang sesuai / mengandung nice utama. Ada banyak alasan untuk ini, salah satu diantaranya adalah bahwa "Google masih men-scan domain blog sebagai salah satu elemen yang akan dicocokkan dengan query penelusuran". Sebagai contoh, jika anda hendak membangun blog dengan nice "Tutorial Blogger", akan sangat baik jika anda membuat domain blog dengan menyertakan kata "Blogger" atau "Tutorial". Tidak usah jauh-jauh, kita ambil contoh domain wiBlogger.com ini (mengandung kata "Blogger") yang diperuntukkan untuk situs yang berisi seputar informasi, materi dn tutorial blogger ^_^.

Keuntungan lainnya yang juga sangat penting, selain karena Google masih men-scan url blog sebagai salah satu elemen yang akan dicocokkan dengan query penelusuran, secara tidak langsung, url blog yang sesuai dengan nice juga akan sangat menarik dari perspektif (sudut pandang) pengguna mesin pencari. Kenapa ?

Halaman yang berada pada urutan pertama belum tentu akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dibandingkan halaman yang berada pada urutan 2,3,4,5 dll. Kenapa ?, sebagian besar pengguna mesin pencari akan melihat-lihat hasil pencarian terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk mengunjungi halaman secara penuh. Hal-hal yang dapat mempengaruhi pengguna mesin pencari ini umumnya adalah Penulisan judul halaman, deskripsi halaman, dan Url halaman.

Saya contohkan lagi, saat anda mencari informasi kesehatan melalui mesin pencari google, anda akan melihat banyak sekali rekomendasi halaman yang ditampilkan pada hasil pencarian yang tentunya berasal dari berbagai blog / situs. Diantara banyaknya halaman ini, mana yang lebih menarik minat anda ? Apakah halaman yang berasal dari situs dengan url yang mengandung kata "kesehatan / sehat" (Misal: poinsehat.com/bla-bla-bla) atau halaman yang berasal dari situs dengan url yang tidak ada hubungannya dengan kesehatan (Misal: blogberbagiapasaja.com/bla-bla-bla) ? Jika saya tidak salah, kemungkinan besar anda lebih berminat pada halaman yang berasal dari situs dengan domain yang mengandung kata "kesehatan / sehat"  ^_^. Jika saya salah, berarti anda yang salah ^_^.

Tambahan: Walaupun google masih men-scan url blog sebagai salah satu elemen yang akan dicocokkan dengan query penelusuran, menurut analisa dadakan saya, pengaruh url blog ini bisa dibilang tidak terlalu signifikan dari sisi SEO. Saya sendiri lebih mengutamakan ini untuk membangun trust dari calon pengunjung yang berasal dari mesin pencari.


Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Tips Memilih Domain / URL Blog yang SEO Friendly

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi