wiblogger

Mengenal Fungsi, Perbedaan Antara Laman dan Post di Blogger

Pada saat awal proses belajar blogging, anda mungkin saja akan bertanya tentang apa itu fungsi laman dan apa pula perbedaan laman dan post yang terdapat pada dashboard blog. Sekilas, kedua menu ini tampak sama saja. Lebih tepatnya adalah sama-sama digunakan untuk membuat / menerbitkan konten pada blog.

Perbedaan laman dan post di blogspot
Dashboard blog: Laman


1. Apa itu fungsi Laman ?

Secara sederhana, laman (atau sering juga disebut halaman statis / static page) adalah sebuah fitur yang disediakan oleh blogger.com untuk membuat halaman-halaman khusus terkait blog yang dikelolah. Ada 4 halaman yang paling umum dibuat berbasis laman, 4 halaman ini adalah:
  1. Tentang kami (About us)
  2. Kebijakan Privasi (Privacy Policy)
  3. Snggahan (Disclaimer)
  4. Hubungi kami (Contact Us)

Lebih lengkap tentang bagaimana cara membuat keempat halaman diatas bisa anda baca pada post: Cara Membuat Laman About us, Contact us, Privacy, dan disclaimer Blog.


2. Perbedaan laman dan post ?

Antarmuka dari halaman pembuatan laman (Laman Editor) ini sendiri tidak jauh berbeda dengan antarmuka pembuatan post. Hanya saja, menu-menu settings yang tersedia disini tidak selengkap seperti yang terdapat pada halaman pembuatan posting blog.

Perbedaan laman dan post di blogspot

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, pada bagian setelan laman ini hanya terdapat 2 menu ("deskripsi penelusuran" dan "pilihan"), untuk fungsi kedua setting ini juga sama halnya dengan yang terdapat pada antarmuka pembuatan post yang telah anda jumpai pada materi sebelumnya.

Perbedaan laman dan post (Toolbar dan Settings):
DukunganLamanPost
Menu ToolbarFullFull
Setting LabelNOYES
Setting PenjadwalanNOYES
Setting Custom UrlNOYES
Setting LokasiNOYES
Setting Deskripsi PenelusuranYESYES
Setting PilihanYESYES

Perbedaan laman dan post (URL):
Format URL
Lamanhttp://namablog.blogspot.com/p/judul-laman.html
Posthttp://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/judul-post.html

Tidak seperti halaman postingan yang bisa anda kelompokkan kedalam kategori, setting url, lokasi dan penjadwalan waktu publikasi post, halaman statis tidak memiliki beberapa setting tersebut. Untuk url, sistem blogger akan men-generate (membuat) url secara otomatis berdasarkan judul laman.

Tidak seperti postingan yang juga akan tampil pada halaman index (homepage, arsip, label, dll), halaman statis yang diterbitkan tidak akan terlihat pada halaman apapun. Satu-satunya jalan agar halaman ini bisa dilihat oleh pengunjung blog adalah dengan cara membuat link yang menuju halaman tersebut pada menu navigasi blog.

Masih bingung tentang perbedaan laman dan post ?, Intinya, laman digunakan untuk membuat content / halaman khusus. Masih bingung juga ? saya sarankan untuk tidak ambil pusing terkait hal ini. Seiring dengan proses belajar anda, lambat-laun hal ini juga akan anda pahami nantinya ^_^.



Bagikan ke:

16 Komentar untuk:

Mengenal Fungsi, Perbedaan Antara Laman dan Post di Blogger
  1. Maaf mau tanya kalo saya post di di halaman itu bakal gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bikin postingan tp lewat laman ya mas ?. Ya gak gimana-gimana, tapi kalau laman ya umumnya cuma dipake untuk membuat halaman spesial blog. Selain itu, laman blog gak tampil dihalaman apapun (gak kayak posts yang tampil dihalaman index).

      Hapus
  2. Kalau buat sub menu dipostingan atau di laman gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sub menu gimana ya ? bisa kasih url screenshot contoh sub yang dimaksud ?

      Hapus
  3. Kalau Posting di Halaman (Pages) itu apakah bisa ter-index juga u/SEO? Atau tetap lebih baik Postingan normal? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara default, halaman statis juga terindex google. Untuk sebagian besar kasus, kebanyakan blogger mensetting type halaman ini untuk tidak terindex (via Robots text atau meta tag).

      Hapus
  4. Mau tanya kak. Agar tulisan kita bisa dibagi ke beberapa tempat, itu tata letaknya bagaimana ya? Contohnya: Saya membuat puisi, maka saya taruh di tempat khusus puisi. Sehingga memudahkan pembaca untuk mencarinya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake label mbak. Beri label "Puisi" pada setiap postingan tentang puisi.

      Nanti postingan2 tersebut bisa diakses melalui halaman label (contoh.com/search/label/Puisi).

      Hapus
  5. Permisi, kalo saya mau nambahin blog yang bersambung bisa ga pakai halaman?

    Misal cara masak part 1
    Terus berlanjut ke part 2 gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kebutuhan halaman bersambung, dibuat melalui posting atau laman sama aja. Namun, secara default sistem blogger sendiri gak mendukung fitur ini. Jadi, pembuatan halaman ini membutuhkan script.

      Hapus
  6. Terima Kasih atas ulasannya, saya pengguna Blogspot, ada pertanyaan yang masih mengganjal terkait PAGE / LAMAN, kalau secara default bagian PAGE ini akan diindex juga oleh google, itu artinya isi tulisan di PAGE/LAMAN akan membantu page rank google jugakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih ya gitu mas. Untuk laman-laman yang kontennya gak unik, sebaiknya di-noindex dengan robots.txt karena dikhawatirkan beresiko terdeteksi duplikat oleh google.

      Hapus
  7. Beda penulisan halaman dengan penulisan deskripsi gimana ya, maaf saya tabu banget dengan istilah2 yang ada diblogger karena saya baru pemula sedang belajar...

    BalasHapus
  8. Saya bikin artikel lengkap dg judul. Tapi waktu saya cari tulis judul di google kok tidak muncul ya, kenapa

    BalasHapus
Berlangganan Artikel
Kami akan mengirimkan berbagai referensi blogging pilihan langsung ke alamat email anda. Pastikan juga anda melakukan konfirmasi pada email yang bersangkutan untuk mengaktifkan layanan. Panduan bagaimana cara berlangganan artikel bisa anda baca disini.
×
Jangan tampilkan lagi