wiblogger

Panduan Lengkap Cara Membuat Link pada Postingan Blogger

Setelah pada materi sebelumnya anda telah belajar tentang bagaimana cara menambahkan gambar di postingan. Sekarang, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat link pada postingan blog. Adapun pembuatan link ini masih memanfaatkan menu toolbar yang terdapat pada mode Compose.

Daftar Isi:
  1. Apa itu link dan fungsinya pada halaman web ?
  2. Membuat link text
  3. Membuat link gambar


Link
Secara sederhana, link (tautan) adalah suatu elemen (umumnya berupa text atau gambar) yang bisa di-klik dan memiliki sebuah URL tujuan (umumnya menuju ke halaman yang berbeda).


Link digunakan untuk menautkan suatu halaman ke halaman lainnya. link biasanya digunakan untuk menautkan suatu halaman web ke halaman web lainnya yang masih berhubungan (memiliki topik yang masih berkaitan). Link dibuat agar Pembaca / visitor bisa mendapatkan lebih banyak referensi terkait topik tertentu.

Pada kasus tertentu, informasi / topik pembahasan yang kita tulis pada postingan blog akan membutuhkan pemahaman terhadap topik-topik lainnya sebagai pendukung. Topik-topik pendukung ini terkadang tidak memungkinkan untuk dapat kita sampaikan pada halaman yang sama (atau mungkin juga informasi yang berkaitan tentang ini telah kita terbitkan pada halaman lain). Untuk itu, kita bisa menggunakan link untuk mengarahkan pembaca ke halaman-halaman pendukung untuk topik yang sedang dibahas.


2. Cara Membuat Link Text di Postingan

Pada antarmuka Post Editor dengan mode Compose, Blok Text apapun yang akan anda buat menjadi sebuah link dan klik menu toolbar "Add or remove link".

Cara membuat link di postingan

Selanjutnya akan muncul form "Edit Link". Ada beberapa konfigurasi yang terdapat pada form Edit link ini.

Cara membuat link di postingan blogger

  • Text to display
    Bagian ini akan secara otomatis terisi dengan text yang tadi anda blok. Ini adalah text yang akan ditampilkan untuk mewakili url tujuan.
  • Link to
    Ada 2 pilihan tipe Url yang bisa anda tambahkan sebagai URL tujuan. 2 tipe ini adalah Web address (alamat / url halaman web) dan Email address. Untuk tujuan link yang berupa email, jika pada perangkat yang digunakan pengunjung terdapat program email (misalnya Microsoft Outlook), link ini akan secara otomatis membuka program email tersebut. Pada tutorial ini, tujuan link adalah berupa Web address.
  • Attribute Link
    Ada 2 attribute html yang bisa anda tambahkan disini, yaitu target dan rel. Memberikan checklist pada "Open this link in a new window" akan membuat link terbuka pada tab baru browser (Biasanya pilihan ini digunakan untuk link dengan url tujuan eksternal (mengarah ke website / blog lain). Jika pada pilihan ini dibiarkan tanpa checklist, link akan terbuka pada tab yang sama (meninggalkan halaman yang sedang terbuka dan menuju ke url tujuan).

    Untuk pilihan "Add rel nofollow attribute", ini merupakan atribut html link yang berfungsi untuk memberikan (anggaplah) intruksi pada robot mesin pencari untuk tidak merayapi (meng-crawl) url tujuan link. Biasanya pilihan ini digunakan untuk link dengan url tujuan eksternal (mengarah ke website / blog lain). Lebih jauh tentang crawl search engine ini akan anda jumpai nanti pada materi SEO blog.

INFORMASI:
Ada 2 istilah terkait link yang mungkin akan sering anda jumpai dalam proses belajar anda. Dua istilah ini adalah Internal Link dan Eksternal Link. Internal link adalah istilah yang digunakan untuk link yang mengarah pada halaman yang berasal dari blog / website sendiri. Sedangkan Eksternal link adalah istilah yang digunakan untuk link yang mengarah pada halaman yang terdapat pada blog / website lain.

Pada contoh ini, link yang saya buat akan mengarah pada http://lipsum.com yang akan terbuka pada tab baru browser. Pengaturan pada form "Edit link" adalah seperti berikut:

penjelasan cara membuat link di postingan

Jika sudah selesai, klik "OK". Sekarang text yang dipilih telah berubah menjadi sebuah link. Jika anda hendak melakukan edit pada link, klik pada text link yang akan anda edit dan kemudian klik "Change" untuk kembali menampilkan form "Edit link".

Cara membuat link text di postingan
Edit dan Remove Link


TAMBAHAN:
Jika text yang digunakan / di-blok adalah berupa url (misal: wiblogger.com), saat anda meng-klik toolbar link, Url tujuan link akan secara otomatis ditambahkan pada text (berupa: http://wiblogger.com). Lakukan seperti langkah diatas untuk melakukan edit bagian-bagian lainnya.


3. Cara Membuat Link Gambar di Postingan

Pada prinsipnya, membuat link gambar sama halnya dengan link text, perbedaannya hanya terletak pada "apa yang akan ditampilkan". Jika pada link text kita menampilkan text untuk mewakili url tujuan, pada link gambar, kita akan menggunakan gambar untuk mewakili url tujuan.

Pertama, tambahkan gambar yang akan digunakan seperti yang telah anda jumpai pada materi sebelumnya: Menambahkan gambar pada postingan. Setelah gambar ditambahkan, Klik pada gambar. Kurang lebih terlihat seperti berikut:

apa itu link di blogspot

Seperti yang terdapat pada gambar diatas, pada keadaan default, gambar yang ditambahkan akan mengandung link yang mengarah pada url gambar itu sendiri. Untuk menambahkan url tujuan secara manual, klik menu toolbar "Add or remove link", ini akan menghapus link default gambar.

Cara membuat link di postingan

Setelah link pada gambar terhapus, kembali klik toolbar "Add or remove link" untuk menambahkan link secara manual. Seperti halnya pada pembuatan link text, ini juga akan membuka form "Edit link".

Tambahkan Url tujuan pada form Web address. Untuk bagian "Text to display", ini akan bertindak sebagai Alternatif text (Alt) gambar (telah anda jumpai pada materi sebelumnya).

Cara membuat link gambar di postingan

Untuk tahap ini, anda sedikit banyak telah mengerti tentang bagaimana cara memanfaatkan toolbar post editor dalam membuat postingan. Selain dengan toolbar insert link dan insert image (gambar), beberapa toolbar lainnya (seperti insert video misalnya) bisa anda pelajari secara mandiri (karena pada prinsipnya akan sama saja). Pada materi selanjutnya, akan kita bahasa mengenai Laman blog.



Kembali ke halaman utama:
Belajar Blogger

Bagikan ke:

4 komentar untuk:

Panduan Lengkap Cara Membuat Link pada Postingan Blogger
  1. Bagaimana cara mematikan link aktif di postingan gan, kebanyakan cara mematikan link aktif pada komentar, saya tunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya link dipostingan itu sepenuhnya dikontrol oleh admin mas ?, Kenapa harus dimatiin kalau bisa dengan "tidak membuat" link ^_^. Kayaknya ada praktek yang kurang sehat ini mah ^_^.

      Hapus
  2. Bikin link Whatsapps berupa text di fb yang bukan sejenis bit.ly gimana gan caranya? memungkinkan ga ya?

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi