wiblogger

Fetch as Google: Cara indeks postingan blog kurang dari 10 menit

Salah satu fitur yang sangat penting (atau bahkan mungkin paling penting) yang terdapat pada google search console adalah Fetch as Google (Ambil sebagai google). Fitur ini dapat kita gunakan untuk mengindeks halaman web / blog dengan sangat cepat.

Seperti yang telah anda jumpai pada materi SEO cara submit sitemap ke google search console sebelumnya. Terutama untuk blog baru, dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga google dapat mengindeks halaman (postingan) blog. Bahkan dengan melakukan prosedur submit sitemap ini sekalipun, waktu yang dibutukan sampai halaman terindeks oleh google tetap saja lama, umumnya bisa sampai 1 hari.


Apa itu Fetch as Google ?

Sederhananya, ini adalah fitur google search console yang memungkinkan kita untuk dapat "memanggil" crawler google untuk segera merayapi halaman blog. Pada kasus normal, dengan memanfaatkan fitur ini, google akan mengindeks halaman dengan sangat cepat (hanya memerlukan waktu beberapa menit saja).


Cara menggunakan Fetch as Google

  1. Login ke Dashboard Google search console untuk blog yang bersangkutan, pada menu Perayapan (Crawl) pilih Fetch as Google.

    cara agar postingan cepat berada di google
  2. Selanjutnya, masukkan Patch URL Postingan pada text box yang tersedia. Disini, cukup masukkan patch URL tanpa domain utama (hostname). Saya ambil contoh untuk URL postingan ini, bagian yang berwarna merah adalah Patch URL.

    URL
    http://www.wiblogger.com/2018/01/fetch-as-google.html


    cara indeks postingan blog ke google
  3. Selanjutnya, klik Ambil (Fetch). Seperti yang anda lihat, selain Ambil, terdapat juga opsi Ambil dan Render (Fetch and render). Lebih jauh tentang ini akan anda jumpai pada poin berikutnya. Setelah anda mengklik ambil, Pada daftar link, klik Minta pengindeksan.

    cara menggunakan fitur fetch as google
  4. Terdapat 2 opsi perayapan yaitu Rayapi URL ini saja dan Rayapi URL ini dan link langsungnya.

    cara agar postingan blog masuk google cepat


    Rayapi URL ini saja

    Mengintruksikan robot google untuk hanya merayapi halaman dengan URL yang telah diberikan.

    fitur fetch as google search console


    Rayapi URL ini dan link langsungnya

    Mengintruksikan robot google untuk juga merayapi halaman-halaman yang tertaut secara langsung. Dengan kata lain, tidak hanya halaman dengan URL yang telah diberikan yang akan dirayapi, setiap link yang terdapat pada halaman tersebut juga akan dirayapi.

    tentang fitur ambil sebagai google di google search console

    Fitur ini digunakan untuk mengindeks banyak halaman sekaligus, sebut saja misalnya halaman daftar isi blog (Halaman yang berisi semua link postingan blog. Lebih jauh pembuatan daftar isi blog bisa anda baca pada post: Cara membuat halaman daftar isi blog secara otomatis. Jumlah permintaan dengan fitur ini dibatasi hanya 10 kali perbulan.

    Kembali pada prosedur selanjutnya, pilih opsi yang anda kehendaki. Untuk sekarang, cukup pilih opsi pertama (Rayapi halaman ini saja). Verifikasi captcha dan kirim.

    cara menemukan postingan blog di google
  5. Selesai !

    cara agar blog dapat ditemukan di google

    Pada kasus normal, proses pengindeksan postingan dengan fetch as google ini umumnya hanya membutuhkan waktu beberapa menit (kurang dari 10 menit).

    cara agar postingan blog berada digoogle

    Fetch as Google merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh sebagian besar blogger. Usahakan untuk selalu melakukan Fetch as Google setiap kali anda menerbitkan postingan baru. Sebagai informasi tambahan, jika postingan anda tetap tidak terindeks setelah lebih dari 20 menit, lakukan fetch ulang.


Tentang fitur Ambil dan Render

Fitur Ambil dan Render kurang lebih sama saja dengan opsi Ambil sebelumnya yaitu sama-sama akan mengindeks halaman. Untuk opsi ambil dan render, selain untuk tujuan indeks halaman, google juga akan memperlihatkan bagaimana halaman tersebut di render (diterjemahkan) oleh crawler google. Intinya, fitur ambil dan render ini memungkinkan kita untuk dapat melihat bagaimana crawler google membaca halaman yang bersangkutan.

Sedikit meninjau mengenai fungsi ambil dan render. Pada kasus tertentu, pemilik blog mungkin saja memberikan konfigurasi khusus untuk crawler google, sebut saja misalnya mengatur agar elemen tertentu untuk tidak diindeks oleh google. Fitur ambil dan render ini berguna untuk kebutuhan checking berbagai konfigurasi khusus berkaitan dengan crawler google. Intinya, versi render ini hanya akan memproses / menampilkan aset-aset yang memang diperbolehkan oleh pemilik situs untuk diindeks oleh google. Bingung ? Just skip it ^_^




Ketersediaan materi pada modul ini akan diupadate secara berkala. Anda bisa berlangganan feed blog ini untuk mendapatkan update seputar blogging yang akan diterbitkan selanjutnya melalui formulir subscription yang terdapat pada footer blog ini.

Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Fetch as Google: Cara indeks postingan blog kurang dari 10 menit

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi