wiblogger

Cara Submit Sitemap (Peta Situs) Blog di Google Search Console

Salah satu praktek awal yang dilakukan oleh sebagian besar blogger pada google search console adalah menambahkan sitemap (peta situs). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu crawler google dalam menjelajahi isi / konten blog.

Apa itu sitemap ?

  • Sitemap adalah sebuah file (umumnya berformat XML) yang berisi URL halaman-halaman sebuah situs
  • Didalam sitemap, terdapat URL halaman dan beberapa informasi terkait lainnya yang dalam hal ini telah diizinkan oleh pemilik situs untuk di-index oleh mesin pencari
  • Menambahkan sitemap di Google Search Console bertujuan untuk membantu mesin pencari google dalam menjelajahi isi / postingan blog yang kita kelolah.
  • Untuk blog dengan platform blogging blogger.com, file sitemap ini dapat diakses dengan URL: domain-utama/atom.xml


Seperti yang telah diuraikan pada halaman Belajar SEO. Cara kerja crawler google dalam menemukan halaman-halaman di internet adalah dengan memanfaatkan (menelusuri) tautan-tautan yang terdapat pada suatu halaman (menuju halaman-halaman lainnya). Melalui sitemap, mesin pencari dapat dengan mudah menemukan halaman-halaman yang terdapat didalam sebuah situs.

Tanpa melakukan submit sitemap di google search console, apakah blog tidak akan terindex oleh google ?

Tidak juga, terlebih lagi untuk blog dengan platform blogging blogger.com, tanpa melakukan submit sitemap sekalipun, blog tetap akan di-index oleh google.

Lah, terus ngapain susah-susah submit kalau gitu ?

Gak susah, prosesnya singkat. Lagipula, khususnya untuk blog yang masih baru, melakukan submit sitemap akan mempercepat proses indek postingan yang telah dipublikasikan sebelumnya (jika belum terindek).

Ooh, berarti ini hanya untuk postingan yang telah diterbitkan ya ? Untuk postingan selanjutnya gimana ?

Berdasarkan pengamatan pribadi, menambahkan sitemap pada google search console tidak akan banyak membantu untuk proses pengindex-an postingan-postingan yang akan diterbitkan selanjutnya. Dengan kata lain, meskipun sitemap telah dikirim, proses pengindex-an postingan tetap membutuhkan waktu yang lumayan lama (untuk blog baru). Umumnya 2-3 hari.

Solusinya ?

Akan anda jumpai pada materi selanjutnya. Untuk sekarang, jangan terlalu banyak tanya dulu, Just do it ! ^_^.


Cara Submit Sitemap Postingan Blogger di Google search console

  • Buka dashboard search console untuk blog yang bersangkutan, pada menu sidebar, klik Perayapan (Crawl) dan pilih Peta situs (Sitemaps).

    cara mengirim peta situs blogger
  • Klik Tambahkan/Uji Peta situs.

    cara submit sitemap di google search console
  • Masukkan path dan parameter URL dibawah ini pada form yang tersedia.

    Sitemap postingan
    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=150

    Postingan Terkait:
    Mengenal pengertian dan bagian-bagian URL
  • Terakhir, klik Kirim.

    cara agar postingan terdapat di google
  • Sampai pada tahap ini, sitemap telah berhasil ditambahkan. Klik Segarkan halaman (Refresh).

    cara menambahakan peta situs blog
  • Anda akan melihat antamuka menu sitemap yang menginformasikan status index untuk sitemap yang bersangkutan. Disini, status index masih tertunda. Ya, google membutuhkan waktu untuk memproses sitemap anda. Proses ini biasanya akan belangsung selama beberapa jam (atau mungkin bisa sampai 1 hari).

    cara menambahkan sitemap (peta situs) blogger

Catatan: Path URL diatas hanya mengandung 150 postingan terbaru. Jika postingan anda telah lebih dari 150, lakukan prosedur diatas untuk menambahkan sitemap postingan selanjutnya dengan mengganti parameter start-index dan max-results dengan kelipatan 150.

Sitemap postingan lainnya
<!-- Postingan 151 hingga 300 -->
atom.xml?redirect=false&start-index=151&max-results=300

<!-- Postingan 301 hingga 450 -->
atom.xml?redirect=false&start-index=301&max-results=450

<!-- dan seterusnya -->


Apakah tidak bisa hanya dengan mengganti max-results ke nilai yang lebih besar ? misal start-index=1, max-results=1000 ?


Tidak bisa !
Sistem blogger membatasi jumlah postingan maksimal per sitemap sebanyak 150. Jadi, jika jarak antara start-index dan max-results yang anda berikan lebih besar dari 150, jumlah post pada sitemap tetap 150.


Sitemap Laman Statis

Path URL diatas adalah untuk sitemap postingan. Jika anda hendak men-submit sitemap untuk laman statis, gunakan path berikut:

Sitemap laman statis
sitemap-pages.xml



Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Cara Submit Sitemap (Peta Situs) Blog di Google Search Console

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi