wiblogger

Apa itu Blogwalking ? Manfaat dan Fakta Tentang Blogwaking

Bagi anda yang baru mulai kegiatan blogging, anda mungkin sering mendengar istilah blogwalking. Istilah ini akan sering anda jumpai pada artikel tips blogging yang banyak tersedia diluar sana. Terlebih lagi jika anda bergabung di grup facebook misalnya, kebanyakan blogger baru sangat antusias dengan kegiatan yang satu ini.

Apa itu blogwalking dalam artian yang sebenarnya ?

Dalam artian yang sebenarnya, blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog / situs orang lain untuk tujuan tertentu. Sebut saja misalnya untuk mencari bahan referensi topik postingan blog yang anda kelolah. Dengan melakukan blogwalking, anda akan mendapatkan referensi topik postingan dengan milihat-lihat konten yang terdapat pada blog lain. Terlebih lagi jika blog yang anda kunjungi memiliki kesamaan topik dengan blog anda. Ini akan sangat membantu.

Dalam artian yang sebenarnya, blogwalking tidak ubahnya dengan kegiatan pencarian referensi postingan yang dapat anda jumpai pada post: Cara membuat postingan yang SEO Friendly


Fakta dilapangan tentang blogwalking

Seperti yang telah diuraikan diatas, blogwalking merupakan bentuk kegiatan yang sangat bermanfaat. Namun, fakta dilapangan tidak mutlak seperti itu. Blogwalking sering kali dijadikan sebagai kegiatan saling kunjung mengunjungi blog yang dilakukan oleh blogger satu dengan blogger lainnya. Dalam kasus ini, antara blogger satu dengan blogger lainnya memiliki kesepakatan untuk saling mengunjungi blog masing-masing.

apa itu blogwalking blogger

Berdasarkan fakta diatas, jenis blogwalking ini dapat dikelompokkan menjadi 2 tipe. Yaitu blogwalking sehat dan blogwalking yang tidak sehat.


Blogwalking sehat

Ini adalah kelompok blogger yang menjalankan blogwalking dalam artian yang sebenarnya. Mereka mencari referensi konten postingan melalui kegiatan blogwalking.

Tidak hanya untuk kepentingan pencarian referensi, blogwalking sehat ini juga sering kali dilakukan oleh blogger untuk mencari backlink dengan cara berkomentar pada blog lain yang memiliki topik serupa. Jelas, blogwalking tipe ini sangat memberikan manfaat. Selain itu, tipe blogwalking ini dilakukan dengan tanpa melalui kesepakatan antara blogger satu dengan blogger lainnya. Blogwalking tipe ini biasanya dilakukan dengan mencari blog-blog dengan topik tertentu melalui mesin pencari.


Blogwalking tidak sehat

Blogwalking tipe ini umumnya dilakukan dengan adanya kesepakatan antara blogger satu dengan blogger lainnya. Blogwalking jenis ini memiliki banyak sekali tujuan, sebagian besar tujuan blogwalking tipe ini umumnya kurang bermanfaat atau bahkan menjerumus ke arah yang tidak sehat. Apa saja tujuannya ?


Meningkatkan trafik / pengunjung

Untuk faktor ini, benar memang pengunjung blog akan meningkat, ini jelas karena mereka memiliki kesepakatan untuk saling mengunjungi blog masing-masing. Namun, berbicara tentang manfaat yang diberikan, peningkatan pengunjung yang bersumber dari kegiatan ini hampir tidak memberikan manfaat sama sekali. Pada kebanyakan kasus, blogwalking jenis ini cendrung akan berdampak buruk terhadap SEO blog. Kenapa ? Hal ini karena pada umumnya, mereka akan saling mengunjungi blog dalam durasi yang sebentar (mungkin kurang dari 2 menit).

manfaat blogwalking bagi blogger

Hal ini tentu akan buruk untuk SEO blog. Walaupun secara resmi hingga saat ini pihak google tidak menyatakan bahwa durasi kunjungan adalah salah satu parameter yang mereka gunakan dalam menentukan pringkat halaman. Berdasarkan opini dan pengamatan pribadi (dan masuk akal), lamanya durasi kunjungan akan memberikan efek positif pada mesin pencari. Ini membuktikan bahwa halaman anda dapat memenuhi kebutuhan pembaca. Sebaliknya, jika rata-rata durasi kunjungan ini berlangsung cepat, sangat masuk akal jika google memponis halaman yang bersangkutan sebagai halaman dengan low-quality content.


Mendapatkan banyak komentar

Salah satu kegiatan lainnya yang dilakukan saat blogwalking adalah saling berkomentar. Tujuan seperti ini umumnya dilakukan agar blog terlihat populer dan memiliki banyak respon dari blogger lainnya. Atau, sebagian dari mereka mungkin akan menjawab bahwa kegiatan seperti ini sebagai salah satu bentuk dari menjalin silaturahmi. Tentu tidak ada salahnya jika tujuannya memang untuk menjalin silaturahmi, namun, sebagian besar saya yakin tidak (benar-benar) melakukan blogwalking untuk tujuan silaturahmi. Lagipula, jika memang untuk silaturahmi, kenapa tidak dilakukan melalui media komunikasi yang mereka gunakan saat membuat kesepakatan ?


Saling klik Iklan

Saling klik iklan merupakan kegiatan baru dalam blogwalking. Seingat saya, belum ada kegiatan seperti ini pada saat saya memulai kegiatan blogging (2009 - 2011). Ada mungkin, namun sangat jarang sekali. Ini jelas merupakan kegiatan yang tidak sehat sama sekali. Mereka melakukan kegiatan manipulasi klik iklan untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini jelas melanggar kebijakan media periklanan (khususnya media periklanan berbasis pay per click seperti Google AdSense misalnya).



Mengenai pengunjung dan popularitas yang didapat dari kegiatan Blogwalking (anggaplah) tidak sehat

Blogwalking bukan metode yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan pengunjung blog. Sekali lagi, pengunjung yang berasal dari kegiatan ini umumnya kurang bermanfaat atau bahkan berdampak buruk terhadap SEO blog. Terlepas dari itu semua, ini kembali lagi pada misi anda. Hal yang tentunya telah anda ketahui disini adalah semua partner blogwalking anda adalah seorang blogger. Jadi, jika blog anda tidak membahas topik seputar blogging, melakukan kegiatan blogwalking seperti ini hanya akan membuang-buang waktu anda. Dengan kata lain, satu-satunya nice blog yang cocok untuk melakukan blogwalking seperti ini adalah seputar blogging (tidak termasuk untuk kegiatan saling klik iklan tentunya).

Bagi anda yang memiliki blog seputar blogging, tidak ada salahnya melakukan blogwalking untuk meningkatkan popularitas blog anda. Ya, dalam kasus ini, target blog anda jelas adalah untuk mereka para blogger. Terlebih lagi jika anda memiliki produk sendiri yang dikhususkan untuk para blogger, melakukan kegiatan blogwalking seperti ini merupakan metode yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk anda.


Mengenai backlink komentar

Terlepas dari kegiatan blogwalking dengan kesepakatan atau tidak, kegiatan penanaman backlink melalui komentar juga salah satu praktek yang diterapkan oleh para pelaku SEO. Namun, perlu anda ketahui bahwa backlink komentar tidak termasuk pada jenis backlink yang memiliki pengaruh besar. Backlink ini umumnya hanya untuk menambah variasi sumber backlink. Lagipula, penanaman backlink komentar lebih efektif jika dilakukan dengan mencari blog-blog dengan nice tertentu melalui mesin pencari, bukan melalui kesepakatan blogwalking.

Bagikan ke:

2 komentar untuk:

Apa itu Blogwalking ? Manfaat dan Fakta Tentang Blogwaking
  1. Terima kasih banyak Informasi nya tentang Blogwalking

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat bang informasinya

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi