wiblogger

Pengertian istilah Debug / Debugging pada Bahasa Pemrograman

pengertian debugging

Apa itu debugging ?

Debugging adalah proses mencari atau menganalisa kode pemrograman untuk tujuan perbaikan atau penyempurnaan. Ini adalah istilah yang sering dijumpai pada bahasa pemrograman.

Dalam merancang sebuah program, meskipun para pengembang berusaha sebaik mungkin pada tahap perancangan awal, pada kenyataannya, berbagai masalah mungkin saja muncul dikemudian hari. Ini merupakan kasus yang wajar, terlebih untuk program dengan skala besar (melibatkan ribuan baris kode). Adapun penyebab paling umum yang sering dijumpai adalah masalah yang disebabkan oleh kekeliruan pengembang itu sendiri (Humman error).

Untuk beberapa kasus, proses debugging mungkin akan lebih sulit dibandingkan dengan pembuatan sistem awal. Masalah baru mungkin saja muncul akibat kigiatan debugging yang kurang perhitungan. Hal ini karena perubahan pada bagian tertentu terkadang memerlukan penyesuaian untuk bagian-bagian lainnya.

Untuk tujuan kemudahan proses debugging, para pengembang berusaha menulis kode dengan sebaik mungkin yang dapat dibaca dengan mudah (Human-readable). Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan komen (Keterangan) di berbagai tahap pada program, membuat dokumentasi pribadi dan lain sebagainya.

Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Pengertian istilah Debug / Debugging pada Bahasa Pemrograman
Berlangganan Artikel
Kami akan mengirimkan berbagai referensi blogging pilihan langsung ke alamat email anda. Pastikan juga anda melakukan konfirmasi pada email yang bersangkutan untuk mengaktifkan layanan. Panduan bagaimana cara berlangganan artikel bisa anda baca disini.
×
Jangan tampilkan lagi