wiblogger

Istilah Web Klien, Web Server, Front-end, Back-end dalam Web Programming

Pengertian singkat
Web klien Perangkat yang meminta konten dari web server
Web server Perangkat yang menyimpan/menampung data-data terkait situs web tertentu. Web server melayani berbagai permintaan dari web klien.
Font-end processing Semua proses yang terjadi pada sisi web klien
Back-end processing Semua proses yang terjadi pada sisi web server


Alur bagaimana informasi (konten web) sampai kepada pembaca

Untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang beberapa istilah diatas. Akan kita tinjau alur/proses bagaimana konten web ditampilkan pada pembaca.

Ketika anda mengakses konten web, terdapat 2 perangkat yang terlibat, dua perangkat ini adalah Web Klien dan Web Server. Dibawah ini adalah proses utama yang terjadi ketika anda mengakses situs web.

  1. Anda membuka Web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari) dan mengetikkan alamat situs yang hendak dituju. Dalam hal ini, web browser adalah perangkat yang bertindak sebagai Web klien.

    pengertian web klien
  2. Browser (web klien) meminta konten yang bersangkutan pada web server (loading). Web server mengambil atau membuat konten yang diminta oleh web klien. Pada fase ini, berbagai proses berlangsung pada web server. Berbagai proses yang terjadi pada fase inilah yang disebut sebagai Back-end processsing.

    pengertian web server
  3. Web klien menerima konten yang bersangkutan. Engine pada web klien mengelolah dan menampilkan konten. Pada fase ini, berbagai proses berlangsung pada web klien. Berbagai proses yang terjadi disini disebut sebagai Front-end processing. Hal ini seperti misalnya memproses kode javascript pada HTML dan lain sebagainya.

    pengertian front-end

Tentang web server

Anda mungkin masih bingung tentang apa itu web server. Pada prinsipnya, web server tidak ubahnya seperti perangkat komputer pada umumnya. Ya, kita bahkan bisa menggunakan perangkat komputer yang kita gunakan sebagai web server. Sederhananya, anda dapat mengibaratkan koneksi antara web klien dan web server ini seperti halnya kegiatan trasfer file dari komputer satu ke komputer lainnya melalui koneksi bluetooth. Hanya saja, dalam hal ini, teknologi yang digunakan sebagai media transmisi data web adalah Internet.

Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Istilah Web Klien, Web Server, Front-end, Back-end dalam Web Programming
Berlangganan Artikel
Kami akan mengirimkan berbagai referensi blogging pilihan langsung ke alamat email anda. Pastikan juga anda melakukan konfirmasi pada email yang bersangkutan untuk mengaktifkan layanan. Panduan bagaimana cara berlangganan artikel bisa anda baca disini.
×
Jangan tampilkan lagi