wiblogger

Apa itu blog Safelink ?, Pengertian, Cara kerja, dan Fungsi

Apa itu safelink ?

Safelink adalah sebuah blog atau halaman (anggaplah) transit yang dibuat untuk berbagai tujuan. Hal ini seperti misalnya untuk meng-encrypt URL tujuan link, menscan berbagai potensi malware pada URL tujuan link dan lain sebagainya. Diantara banyak tujuan ini, satu yang paling identik dengan pembuatan safelink adalah untuk meningkatkan pendapatan blog utama melalui media periklanan.

Pada artikel ini, kita akan fokus pada fungsi safelink sebagai upaya meningkatkan pengahasil blog utama. Untuk tujuan lainnya, ini tidak akan kita bahas. Ya, hal ini karena sebagian besar blogger memanfaatkan safelink untuk tujuan meningkatkan penghasilan blog, bukan untuk berbagai tujuan keamanan seperti yang disebutkan.


Sistem Safelink

Pada umumnya, sistem safelink melibatkan 2 buah blog. Dua buah blog ini adalah Blog utama dan Blog safelink itu sendiri.

Blog utama

Blog yang telah memiliki banyak pengunjung.

Blog safelink

Blog yang akan dipasang iklan. Sumber pengunjung blog ini umumnya hanya berasal dari blog utama


Sistem safelink bekerja dengan cara memanipulasi url tujuan link yang terdapat pada blog utama dan mengarahkannya ke halaman blog safelink. Pada halaman blog safelink yang bersangkutan, terdapat sebuah link (umumnya berupa tombol) yang akan mengarahkan pengunjung ke url tujuan asli sesuai dengan url yang terdapat pada blog utama.

Misal, pada blog utama terdapat link dengan url tujuan http://example.com (kita sebut ini tujuan asli). Setelah script safelink diinstal pada blog utama, url tujuan link tersebut tidak lagi berupa tujuan asli, melainkan akan berupa url baru yang mengarah pada salah satu halaman blog safelink, misal http://safelinkdomain.com/p/page.html?BlaBlaBla (kita sebut ini sebagai halaman blog safelink). Ketika pengunjung mengklik salah satu link yang terdapat pada blog utama, pengunjung akan diarahkan ke halaman blog safelink terlebih dahulu. Pada halaman blog safelink tersebut, terdapat tombol untuk menuju ke tujuan asli.

sistem safelink


Bagaimana safelink bisa meningkatkan penghasilan blog ?

Pada halaman blog safelink, selain tombol menuju ke URL tujuan asli, pemilik blog biasanya juga menampilkan iklan. Penempatan iklan yang dipilih juga biasanya cukup "ganas" sehingga dapat meningkatkan CTR iklan. Mengenai CTR iklan pada blog safelink, umumnya relative tinggi, biasanya berkisar antara 6-10% atau lebih (tergantung nice, dan mayoritas perangkat pengunjung).

Sistem blog safelink


Apakah safelink aman untuk adsense ?

Berbicara tentang aman atau tidaknya, banyak blogger yang beranggapan bahwa penggunaan safelink sangat rawan banned adsense. Hal ini kembali lagi pada face and fate masing-masing. Namun, jika anda bertanya pendapat saya yang juga merupakan pengguna metode ini, aman atau tidaknya tergantung dari konten sumber pengunjung (blog utama).

Ya, pemanfaatan safelink lebih umum diterapkan pada blog jenis download. Sehubungan dengan ini, tidak sedikit blogger yang memanfaatkan safelink untuk blog utama yang berbasis download software ilegal (crack). Hal ini jelas melanggar pelaturan adsense dan bukan merupakan etika blogger yang baik.

Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Apa itu blog Safelink ?, Pengertian, Cara kerja, dan Fungsi
Berlangganan Artikel
Kami akan mengirimkan berbagai referensi blogging pilihan langsung ke alamat email anda. Pastikan juga anda melakukan konfirmasi pada email yang bersangkutan untuk mengaktifkan layanan. Panduan bagaimana cara berlangganan artikel bisa anda baca disini.
×
Jangan tampilkan lagi