Mengenal Fungsi Post Template (Template Entri) di Blogger

Apa itu Post Template Blogger ?

Post Template (Template Entri) adalah fitur blogger yang memungkinkan kita untuk dapat menyertakan format siap pakai pada proses pembuatan postingan. Apapun yang kita masukkan pada post template ini akan disertakan pada post editor setiap kali kita membuat postingan baru.

Fungsi menu Post Template di Blogger


Fungsi Post Template

Untuk blog dengan jenis konten tertentu, kita mungkin menerapkan format penulisan yang sama untuk setiap post yang diterbitkan. Saya misalkan disini adalah untuk blog online shop. Pada umumnya blog online shop akan menampilkan data dengan format yang sama untuk setiap item, seperti misalnya nama produk, kategori produk, harga, tata letak gambar dan lain sebagainya. Untuk kebutuhan ini, kita bisa memasukkan kerangka dasar postingan pada Post Template yang nantinya akan disertakan pada post editor setiap kali kita membuat postingan baru.

Tidak hanya itu, fitur post template ini juga sangat berguna untuk blog dengan jenis konten umum. Post template ini bisa kita gunakan untuk menyertakan berbagai kode HTML yang sering kita gunakan pada proses pembuatan posting, sebut saja misalnya HTML untuk membuat tombol, tabel, membuat Message box dan lain sebagainya. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi membuat ulang untuk aset-aset yang sering kita gunakan.


Cara Menambahkan Post Template

Pada dashboard blog, menuju menu Settings > Posts, comments and sharing. Pada bagian Post Template, Klik "Add". Tambahkan template dan Simpan pengaturan.

Kegunaan menu Post Template di Blogger

Template yang kita tambahkan akan disertakan pada post editor setiap kali kita membuat postingan baru.

Fungsi menu template entri di Blogger

Bagikan ke:

4 Komentar untuk:

Mengenal Fungsi Post Template (Template Entri) di Blogger
  1. apakah untuk membuat templete entri membutuhkan code code tertentu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mas. Intinya apapun yang kita tarok di template entry bakalan ada setiap kali kita bikin postingan baru.

      Hapus
  2. Apakah setiap template entri yg kita taro akan ada di bawah / diatas postingan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan selalu disertakan di Post Editor ketika membuat postingan baru. Jadi bisa mudah copas kodenya kalau dibutuhin. Kalu gak dibutuhin ya bisa tinggal hapus aja.

      Hapus
Butuh bantuan ?
Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar blogging atau hal lainnya yang masih berhubungan dengan situs wiBlogger.com ini, anda bisa menghubungi kami melalui email.

Khususnya untuk Blogger Template, anda bisa bergabung ke grup facebook untuk belajar dan diskusi bersama para pengguna blogger.com lainnya.

Blogger Template

×
Jangan tampilkan lagi