wiblogger

Deklarasi Tipe HTML5: <!DOCTYPE html>

Apa itu <!DOCTYPE html> ?

<!DOCTYPE html> adalah deklarasi pada dokumen HTML5 yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada web browser tentang versi dokumen HTML yang bersangkutan. Dalam hal ini, <!DOCTYPE html> menginformasikan bahwa versi dokumen HTML adalah HTML5 (versi terakhir saat ini).

Sebagai informasi tambahan, berikut adalah urutan update versi HTML:

  • HTML
  • HTML 2.0
  • HTML 3.2
  • HTML 4.01
  • XHTML
  • HTML5


Setiap versi HTML dideklarasikan (didefinisikan) dengan cara yang berbeda. Anda bisa melihat daftar lengkap deklarasi DOCTYPE untuk masing-masing versi HTML pada situs w3schools.com.

.

Prilaku Web Browser dalam Me-Render Halaman Web

Sedikit meninjau tentang bagaimana prilaku web browser dalam me-render (membaca, mengolah dan menampilkan) halaman web, terdapat 2 mode yang mungkin akan dijalankan oleh web browser. Dua mode ini adalah mode Standar dan mode Quirks.

Mode Standar

Pada mode standar, untuk menampilkan berbagai elemen HTML, browser akan menggunakan konfigurasi CSS pada halaman. Mode ini hanya akan dijalankan ketika web browser mendapati adanya deklarasi doctype pada HTML. Sederhananya, sebelum browser merender halaman, browser harus tahu dulu versi HTML yang bersangkutan. Hal ini karena aturan / format penulisan HTML yang berbeda untuk setiap versinya.

Ketika browser tidak dapat mengidentifikasi versi HTML, browser akan merender HTML sebisa yang mereka lakukan, adapun mode perenderan ini disebut sebagai mode quirks.

Mode Quirks

Pada mode quirks, web browser menganggap bahwa halaman web belum dibuat sesuai standar HTML. Pada kasus ini, walaupun halaman web tetap akan ditampilkan, browser akan bekerja lebih keras dalam proses penerjemahan. Selain itu, ada kemungkinan bahwa halaman web yang bersangkutan akan memiliki tampilan yang tidak sesuai. Hal ini terjadi karena browser mungkin tidak dapat menentukan dengan benar algoritma / aturan-aturan yang akan diterapkan.


Mengingat prilaku web browser diatas, sebagai seorang developer / pengembang web, penting untuk memastikan bahwa perenderan halaman web dilakukan dengan mode standar demi mendapatkan desain yang konsisten. Hal ini dapat dilakukan dengan mendeklarasikan doctype dengan cara yang benar.


Deklarasi DOCTYPE untuk HTML5

Agar web browser dapat menampilkan dokumen dengan benar, web browser harus mengetahui jenis dan versi dari dokumen yang bersangkutan. Pada HTML5 (yang merupakan versi terbaru HTML untuk saat ini), deklarasi doctype ditulis dengan format:

Sintak
<!DOCTYPE html>

<!DOCTYPE html> akan memberikan informasi kepada web browser bahwa jenis dan versi dokumen yang bersangkutan adalah HTML5. Hal ini akan memastikan bahwa perenderan halaman dilakukan sesuai dengan standar HTML5.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, HTML sendiri memiliki beberapa versi. Saat ini, versi terakhir dari HTML adalah HTML5. Sebagai pengembang web, hampir tidak ada alasan untuk kembali menggunakan versi lama dari HTML (versi-versi sebelumnya).


Informasi lainnya terkait Deklarasi DOCTYPE

  • Setiap dokumen HTML harus memiliki deklarasi doctype agar sesuai dengan standar HTML
  • Deklarasi doctype harus diletakkan pada posisi paling atas (sebelum elemen html)
  • Bersifat Case Insensitive.
  • <!DOCTYPE html> sendiri bukan elemen HTML. Ini hanya bentuk deklarasi yang digunakan untuk HTML5.


Contoh deklarasi doctype pada HTML5

HTML sederhana
<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Belajar HTML</title>
   </head>
   <body>
      <p>Paragraf</p>
   </body>
</html>

Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Deklarasi Tipe HTML5: <!DOCTYPE html>
Berlangganan Artikel
Kami akan mengirimkan berbagai referensi blogging pilihan langsung ke alamat email anda. Pastikan juga anda melakukan konfirmasi pada email yang bersangkutan untuk mengaktifkan layanan. Panduan bagaimana cara berlangganan artikel bisa anda baca disini.
×
Jangan tampilkan lagi