Apa itu Case Sensitive dan Case Insensitive ?

Case Sensitive dan Case Insensitive merupakan dua istilah untuk menyatakan aturan penulisan yang mengarah pada cara sistem merespon penggunaan huruf besar dan huruf kecil. Dua istilah ini sering kali dijumpai pada materi pemrograman.

Case Sensitive

Case Sensitive merupakan kasus dimana huruf besar dan huruf kecil diartikan berbeda.

Sebagai contoh, dalam bahasa pemrograman Javascript, untuk menampilkan alert box, kita bisa menggunakan metode alert(). Karena javascript bersifat case sensitive, penulisan metode ini harus sama persis dalam hal penggunaan huruf besar dan huruf kecil. Untuk metode alert(), karena semua huruf yang terdapat pada metode ini adalah huruf kecil, ketika kita menggunakan metode ini dengan Alert() atau ALERT(), kode tidak akan bekerja, program akan error.


Case Insensitive

Case Insensitive merupakan kasus dimana huruf besar dan huruf kecil diartikan sama.

Sebagai contoh, dalam bahasa HTML, penulisan nama tag adalah bersifat Insensitive. Penulisan tag pembukan elemen HTML dilakukan dengan <html>. Karena HTML bersifat Insensitive, ketika kita menbuat tag pembuka ini dengan <HTML> atau <Html>, kode tetap akan bekerja sebagaimana mestinya. Sistem tidak akan melihat hal ini sebagai kesalahan.

Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Apa itu Case Sensitive dan Case Insensitive ?
Butuh bantuan ?
Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar blogging atau hal lainnya yang masih berhubungan dengan situs wiBlogger.com ini, anda bisa menghubungi kami melalui email.

Khususnya untuk Blogger Template, anda bisa bergabung ke grup facebook untuk belajar dan diskusi bersama para pengguna blogger.com lainnya.

Blogger Template

×
Jangan tampilkan lagi