wiblogger

Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense

Selain jenis iklan display ads yang telah tersedia sebelumnya, beberapa waktu yang lalu, adsense telah menambahkan beberapa jenis iklan baru sebagai variasi yang tersedia pada produk adsense untuk konten. Beberapa jenis iklan baru yang tersedia disini adalah In-feed, In-article dan Matched content.

Daftar isi:
  1. Text & Display ads (Iklan Text dan Bergambar)
  2. Native Ads
  3. Page-Level Ad


1. Text & Display ads

Text & Display ads adalah jenis iklan adsense yang tersedia dalam berbagai format dan ukuran. Jenis iklan ini bisa dikatakan sebagai iklan standar adsense. Sementara beberapa format iklan tersedia dalam ukuran tetap, pada jenis iklan ini, tersedia juga tipe iklan responsive yang mampu menyesuaikan lebar area penempatan iklan.

Ukuran Iklan

Untuk saat ini, terdapat 18 ukuran (termasuk responsive) yang tersedia pada iklan jenis ini. Adapun ukuran-ukuran ini adalah:

  1. Leaderboad / Spanduk utama (728x90)
  2. Banner / Spanduk (468x60)
  3. Half banner / Spanduk separuh (234x60)
  4. Button / Tombol (125x125)
  5. Skyscraper / Pilar (120x600)
  6. Wide skyscraper / Pilar lebar (160x600)
  7. Small rectangle / Kotak kecil (180x150)
  8. Vertical banner / Spanduk tegak (120 x 240)
  9. Small square / Persegi kecil (200x200)
  10. Square / Persegi (250x250)
  11. Medium rectangle / Kotak sedang (300x250)
  12. Large rectangle / Kotak besar (336x280)
  13. Half page / Setengah laman (300x600)
  14. Portrait / Potret (300x1050)
  15. Mobile banner / Spanduk seluler (320x50)
  16. Large leadboard / Spanduk utama besar (970x90)
  17. Billboard / Baliho (970x250)
  18. Responsive


jenis-jenis iklan adsense - ukuran iklan


Format iklan

Anda bisa mengatur format iklan ini pada proses pembuatan kode iklan. Beberapa pilihan konfigurasi disini adalah Text & Display Ads, Display Ads Only dan Text Ads Only.

jenis-jenis iklan adsense - format iklan

Walaupun jenis iklan ini tersedia dalam 2 format (text dan gambar), perlu diketahui bawah persaingan iklan text dan iklan gambar terjadi pada lelang yang sama. Dengan kata lain, ketika anda memilih untuk mengaktifkan kedua format (Text & Display ads), hal ini akan menjaga persaingan iklan tetap tinggi yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga per klik iklan itu sendiri. Semakin ketat persaingan antar iklan, semakin tinggi pula harga per klik yang harus dibayar oleh pengiklan.

Pada kasus lainnya, ketika anda memilih untuk hanya menampilkan iklan text atau gambar saja. Hal ini berarti tingkat persaingan antar iklan hanya terjadi pada satu format saja. Dengan kata lain, persaingan iklan akan menurun dan pada akhirnya akan memperkecil harga per klik iklan itu sendiri.


Penempatan

Untuk iklan jenis ini, anda bisa menempatkan iklan dimanapun pada bagian situs. Tentu saja, walaupun adsense memberikan kebebasan terkait jumlah penempatan iklan pada laman, terdapat berbagai ketentuan yang harus anda patuhi terkait lokasi pemasangan iklan. Lebih lengkap tentang beberapa ketentuan penempatan iklan ini bisa anda baca pada halaman Kebijakan pemasangan iklan adsense.


2. Native Ads

Pada awal juli 2017, google adsense meluncurkan beberapa jenis iklan baru yang mereka sebut sebagai Native Ads. Native ads dikembangkan dan didesain agar dapat menyatu dan terlihat seperti konten asli laman. Hal ini tentunya akan meningkatkan potensi penghasilan yang didapatkan oleh publisher. Native Ads merupakan format iklan adsense yang memungkinkan publisher untuk dapat menyesuaikan desain penempatan unit iklan menjadi semirip dan sesesuai mungkin dengan konten laman. Berikut adalah beberapa hal yang diclaim oleh pihak google adsense sebagai kelebihan yang dimiliki oleh native ads.

  • Pengalaman pengguna yang baik
    Iklan native akan menyesuaikan lebar konten iklan dan terlihat sangat natural terhadap konten laman (Responsive). Iklan ini memiliki tampilan yang sangat menarik, seperti misalnya memiliki resolusi gambar yang tinggi, konfigurasi judul, konfigurasi deskripsi serta beberapa lagi lainnya. Hal ini akan menciptakan kesan yang sangat baik kepada pengunjung situs.
  • Dapat beradaptasi pada berbagai perangkat
    Native ads didesain dengan kemampuan yang dapat tampil senatural mungkin pada ukuran layar perangkat yang berbeda. Hal ini termasuk pada tampilan versi desktop, mobile dan tablet.
  • Konfigurasi iklan yang mudah
    Pada proses pembuatan kode iklan, publisher dapat menyesuaikan beberapa properti terkait desain iklan. Hal ini memungkinkan publisher untuk dapat melakukan penyesuaian dengan lebih leluasa terhadap tampilan iklan.


Untuk format iklan, terdapat 3 opsi yang tersedia pada native ads ini, tiga opsi ini yaitu in-feed, in-article dan matched content.

In-feed

Perlu diketahui bahwa istilah Feed disini bukan untuk menyatakan halaman feed situs (RSS). Istilah Feed disini adalah megacu pada area situs yang menampilkan daftar artikel atau post (seperti pada tampilan RSS). Jadi, pemasangan iklan in-feed bukan pada halaman feed asli situs melainkan pada area situs yang menampilkan daftar post. Misal, pada halaman homepage atau label yang menampilkan daftar postingan blog. Iklan in-feed akan menyatu dengan daftar post lainnya dan terlihat seolah-oleh seperti salah satu konten asli laman.

jenis-jenis iklan adsense - iklan in feed


In-article

In-article adalah format iklan natif adsense yang diperuntukkan untuk pemasangan iklan didalam tubuh postingan blog. Kita dapat menempatkan iklan ini di beberapa bagian postingan dengan desain yang menarik.

jenis-jenis iklan adsense - iklan in article


Matched content (Konten yang sesuai)

Matched Content adalah format iklan adsense yang akan ditampilkan bersamaan dengan beberapa rekomendasi konten serupa situs. Dengan kata lain, ini tidak jauh berbeda dengan widget artikel terkait blog. Hanya saja, jika pada artikel terkait blog kita hanya menampilkan daftar artikel yang serupa, pada iklan matched content ini, kita dapat menyisipkan (secara otomatis) beberapa iklan pada daftar artikel terkait (ditampilkan secara otomatis oleh sistem adsense). Untuk penempatan, target yang lebih direkomendasikan disini adalah pada bagian bawah artikel (sama seperti widget artikel terkait pada umumnya).

jenis-jenis iklan adsense - iklan matched content

Dengan iklan matched content, publisher dapat menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan secara bersamaan juga dapat meningkatkan penghasilan blog mereka melalui iklan-iklan yang ditampilkan.


Ketersediaan matched content

Sementara 2 format native ads sebelumnya (in-feed dan in-article) dapat digunakan oleh semua situs milik publisher, untuk format iklan matched content, ini adalah format iklan yang hanya tersedia untuk situs yang memiliki kelayakan minimum. Dengan kata lain, tidak semua situs bisa menggunakan iklan matched content ini. Adsense hanya menyediakan iklan ini untuk situs-situs yang memiliki kriteria kelayakan dalam hal jumlah trafik dan halaman unik. Adapun beberapa status yang dikelompokkan disini adalah:

  1. Situs belum layak
  2. Situs bisa menggunakan matched content (tanpa menampilkan iklan)
  3. Situs bisa menggunakan matched content dan dapat menampilkan iklan diantaranya.


Bagaimana mengetahui situs saya telah memenuhi syarat penggunaan matched content ?

Informasi ini dapat anda lihat pada dashboard adsense. Jika pada proses pembuatan iklan anda tidak melihat opsi matched content, ini artinya anda belum memiliki situs yang memenuhi kriteria. Opsi Matched content ini akan tersedia jika anda setidaknya telah memiliki satu buah situs yang sesuai kriteria. Infomasi tentang situs mana yang telah sesuai dapat anda lihat pada menu Settings > My Sites > Matched Content.

jenis-jenis iklan adsense

Beberapa informasi lainnya tekait iklan matched content:
  • Artikel yang ditampilkan merupakan artikel-artikel internal situs yang paling sesuai. Misal, untuk blog wiblogger.com, semua artikel yang ditampilkan pada daftar adalah artikel yang telah diterbitkan pada blog wiblogger.com.
  • Untuk penggunaan pada domain utama, daftar artikel yang ditampilkan juga dapat berasal dari sub domain. Misal, saya memiliki 2 buah blog. Blog pertama menggunakan domain utama wiblogger.com dan blog kedua menggunakan sub domain dari domain utama (misal, abc.wiblogger.com). pada iklan matched content yang dipasang pada blog wiblogger.com, daftar artikel yang ditampilkan juga dapat berasal dari blog abc.wiblogger.com. Terkait hal ini, belum terdapat opsi yang memungkinkan publisher untuk dapat mengatur sumber artikel yang ditampilkan. Jadi, jika domain anda memiliki banyak sub domain dengan konten yang berbeda, penggunaan iklan matched content ini cendrung tidak efektif.
  • Untuk situs yang memiliki mayoritas konten tanpa gambar, format iklan yang ditampilkan hanya berupa text biasa (tanpa gambar).



3. Page-level ad (Iklan tingkat laman)

Page-level ad adalah jenis iklan adsense dengan inovasi baru yang akan ditampilkan khusus untuk pengunjung dengan perangkat mobile smartphone. Sekarang, jenis iklan ini telah tersedia untuk semua publisher. Terdapat 2 format yang tersedia pada Page-level ad, dua format ini adalah Anchor/Overlay ads dan Vignette ads.

jenis-jenis iklan adsense - iklan tingkat laman


Anchor/Overlay ads (Sticky atau Float)

Ini adalah format iklan yang akan ditampilkan pada bagian bawah layar perangkat. Ikan ini akan selalu terlihat bahkan ketika user melakukan scroll/menggulir. Walaupun demikian, untuk tetap menciptakan pengalaman pengguna yang baik, iklan ini dapat dengan mudah ditutup oleh pengunjung situs melalui tombol close yang terdapat pada iklan.


Vignette Ads (Full screen)

Ini adalah format iklan yang akan ditampilkan ketika pengunjung hendak keluar dari halaman yang sedang aktif (Mengklik salah satu link yang terdapat pada halaman). Adapun tampilan iklan format ini adalah bersifat full screen (layar penuh). Seperti halnya pada format sebelumnya, Pengunjung juga dapat dengan mudah menutup iklan melalui tombol close yang tersedia.

Beberapa informasi terkait page-level ad:
  • Pemasangan iklan yang sangat mudah - pada proses pemasangan kode iklan, publisher hanya perlu menempatkan script iklan ke dalam tag head. Proses pemasangan ini seperti halnya yang telah anda jumpai pada panduan cara mendaftar adsense sebelumnya.
  • Iklan hanya ditampilkan pada perangkat mobile smartphone - ini merupakan jenis iklan yang dikhususkan untuk ponsel pintar high-end. Iklan tidak akan tampil untuk pengunjung situs dengan perangkat desktop.
  • Iklan tidak akan selalu tampil untuk semua pengunjung - dalam hal ini, sistem adsense hanya akan menampilkan iklan pada waktu yang optimal untuk membantu meningkatkan pendapatan dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Dengan kata lain, untuk situasi tertentu, ada kalanya iklan page-level ini tidak muncul pada perangkat pengunjung, terlebih lagi untuk situasi dimana koneksi pengunjung yang terbilang lambat, iklan tidak akan ditampilkan.
  • Tampilan iklan yang tergolong mencolok - karena format dan gaya iklan yang diterapkan pada jenis page-level ini, keberadaan iklan pada situs tergolong sangat mencolok. Ini bahkan sangat mirip dengan penerapan iklan adsense yang dapat anda temui pada berbagai aplikasi dan game smartphone.


Sampai paragraf ini, anda telah mengenal jenis-jenis iklan yang tersedia pada adsense. Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana cara memembuat dan memasang kode iklan ke blog.



Bagikan ke:

4 komentar untuk:

Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense
  1. Penjelasannya lengkap, kebetulan saya mau pasang in article Ads..

    Btw maaf oot, cara membuat jumplink daftar isi seperti pada artikel ini bagaimana ya mas? boleh dong tutorial nya mas, terima kasih

    BalasHapus
  2. Makasih sob, jadi mengenal lagi jenis-jenis iklan google adsense

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi