wiblogger

Apa itu Feedburner ?, Cara Daftar dan Pasang Email Subscribing di Blog

Apa itu FeedBurner ?, Feedburner adalah sebuah layanan RSS feed gratis milik Google yang banyak digunakan untuk saat ini. Apa itu RSS ? Sederhananya, RSS (Real Simple Syndication) adalah suatu teknologi internet yang mampu meletakkan suatu (dalam hal ini adalah post) ke satu tempat / lokasi. Setiap situs umumnya telah dilengkapi dengan fasilitas RSS ini. Untuk blog dengan platform blogging blogger.com, lokasi RSS feed dapat diakses dengan format url:

HomePageUrl/feeds/posts/default

Contoh URL RSS wiBlogger.com:
http://www.wiblogger.com/feeds/posts/default

Dapat anda lihat bahwa halaman RSS feed ini hanya berisi daftar post yang diterbitkan oleh situs yang bersangkutan (tidak ada content / elemen lain).

Pada kebanyakan kasus, untuk mendapatkan update terbaru dari situs favorit mereka, pengguna internet akan mengunjungi setiap situs secara manual (Umumnya situs akan ditempatkan pada bookmark browser). Kita anggap bahwa anda memiliki 10 situs favorit, itu artinya, kegiatan ini harus anda lakukan untuk 10 situs. Hal ini bisa menjadi kabar yang sangat-sangat buruk jika anda memiliki 1000 situs favorit ^_^.

Sekarang, dengan layanan RSS feed seperti Feedburner (dan masih banyak lagi lainnya), kegiatan ini akan jauh lebih mudah dan efektif, baik itu dari sisi pemilik situs maupun dari sisi pengguna / pembaca.

1. Manfaat Feedburner bagi Pemilik situs

Dengan Feedburner, pemilik situs bisa memfasilitas pembaca setia mereka untuk dapat berlangganan RSS (Umumnya dengan fasilitas Email Subscription). Dengan kata lain, pembaca dapat dengan mudah memilih untuk berlangganan update yang diterbitkan pada situs tersebut melalui email. Jadi, setiap ada update terbaru yang diterbitkan oleh pemilik situs, update ini juga akan dikirim ke email Subscriber.

Fasilitas Email Subscription seperti ini bisa dikatakan salah satu fitur penting. Terlebih lagi bagi anda yang memiliki blog yang bertindak sebagai media pemasaran produk anda. Dengan fasilitas ini, anda tidak perlu bersusah payah mempromosikan produk terbaru anda ke para pelanggan.

2. Manfaat Feedburner bagi Pengguna situs

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanpa memanfaatkan layanan RSS feed seperti ini, pembaca harus mengunjungi situs favorit mereka secara manual untuk melihat update terbaru pada situs tersebut. Dengan Feedburner ini, pembaca tidak perlu lagi melakukan kegiatan manual seperti itu. Feedburner akan secara otomatis mengirimkan Update / Post yang diterbitkan pada situs favorit mereka langsung ke akun email yang digunakan saat berlangganan. Dengan kata lain, subscriber tidak perlu lagi bolak-balik situs favorit, cukup cek email dan subscriber akan melihat (jika tersedia) update terbaru yang dilakukan oleh situs-situs favorit mereka.


Cara Daftar Feedburner

Kunjungi https://feedburner.google.com/, jika anda tidak dalam keadaan login, anda akan diminta untuk login dengan Email Google anda. Login seperti biasa. Pada halaman yang terbuka selanjutnya, masukkan url blog pada form "Burn a feed right this instant" dan Next.

Cara memasang feedburner di blogspot

Selanjutnya Feedburner akan mendeteksi feeds blog, ada 2 opsi disini, pilih yang Pertama (Atom) dan Next, lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

Cara memasang tombol berlangganan email di blog

Antarmuka selanjutnya adalah settings Feed Title dan Feed Address. Pada keadaan awal, settings ini akan memberikan Title dan Address secara otomatis, anda bisa mengubah setiap pengaturan ini sesuai keinginan. Terutama untuk bagian Feed Address, ini bisanya akan mengandung karakter acak, silahkan disesuaikan.

Cara membuat email berlangganan di blogger

Pada halaman yang terbuka selanjutnya, terdapat informasi URL feedburner untuk feed blog anda yang telah dibuat.

Cara pasang widget berlangganan email di blog

CATATAN
Berdasarkan gambar diatas:
Feed URL: http://feeds.feedburner.com/wibloggerfeeds
Feed ID: wibloggerfeeds

Data URL ini (Terutama Feed ID) sering kali digunakan pada proses instalasi custom widget email subscription. Sangat disarankan untuk menyimpan URL dan ID ini untuk kebutuhan dimasa mendatang.

Klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Pada antarmuka selanjutnya, terdapat opsi aktivasi untuk beberapa layanan feedburner, untuk lebih mudahnya, silahkan dibuat seperti gambar dibawah ini dan Next.

Mengaktifkan fitur langganan email blog

Pada tahap ini, anda sudah berhasil membuat akun feedburner untuk blog anda.

Pembuatan akun feedburner telah selesai

Aktivasi Layanan Email Subcriptions

Untuk memasang widget email Subscribing, terlebih dahulu anda harus mengaktifkan fitur / layanan Subscriptions. Berikut langkah-langkahnya:

Pada antarmuka feedburner anda, buka tab "Publicize", dan kemudian klik sub menu "Email Subscriptions". Selanjutnya klik "Activate".

Aktivasi layanan scribe pada feedburner

Selanjutnya anda akan mendapatkan kode HTML yang bisa anda gunakan untuk memasang widget Email Subscribe di Blog. Kode ini Copy kode HTML tersebut.

Kode HTML pemasangan feedburner

Instalasi widget Email Subscribing

Untuk memasang widget subscribe ini, Login ke akun blogger anda, buka menu Layout / Tata Letak, klik Add a Gadget / Tambahkan Gadget pada bagian yang anda kehendaki.

Add Widget Feedburner

Selanjutnya Pilih type gadget HTML/Javascript dan kemudia Paste kode HTML yang tadi anda copy ke bagian Content.

Copy Kode HTML Feedburner

Selesai...! Cek blog anda dan anda akan melihat widget Email Subscribing pada bagian yang telah anda tentukan.

Bagikan ke:

Tambahkan komentar untuk:

Apa itu Feedburner ?, Cara Daftar dan Pasang Email Subscribing di Blog
Berlangganan Artikel
Kami akan mengirimkan berbagai referensi blogging pilihan langsung ke alamat email anda. Pastikan juga anda melakukan konfirmasi pada email yang bersangkutan untuk mengaktifkan layanan. Panduan bagaimana cara berlangganan artikel bisa anda baca disini.
×
Jangan tampilkan lagi