wiblogger

Mengenal Menu Tata Letak (Layout) pada Dashboard Blog

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang menu Tata Letak (English: Layout). Pada materi ini, bahasa dashboard blog yang saya gunakan pada blog khusus latihan ini adalah English (United States). Bagi anda yang telah mengikuti materi belajar blogger dari awal, Pengaturan bahasa dashboard ini telah anda jumpai pada post Pengaturan awal untuk blog baru (bagian Setelan Pengguna).

Ketika menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa dashboard blog. Beberapa kata yang terdapat pada menu layout ini terdengar cukup janggal. Seperti misalnya kata "Tajuk" untuk mewakili "Header", "Bilah Sisi" Untuk mewakili "Sidebar" dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk lebih mudahnya, dimulai dari materi ini, saya akan menggunakan English (US) sebagai bahasa dashboard. Bagi anda yang masih enggan untuk beralih bahasa, silahkan disesuaikan.


Daftar isi:
  1. Tentang menu Layout
  2. Menambahkan dan menghapus widget
  3. Mengatur posisi widget
  4. Widget-widget yang sering digunakan
  5. Istilah bagian-bagian blog


1. Tentang menu Layout pada dashboard blog ?

Pada menu layout, kita bisa melakukan beberapa penyesuaian terkait struktur / elemen-elemen yang terdapat pada blog. Disini, anda bisa melakukan beberapa hal berkaitan dengan widget blog seperti menghapus widget, menambahkan widget serta mengubah posisi widget ke bagian tertentu.

antarmuka layout tata letak blogger

Pada gambar diatas, terlihat struktur theme (Tema) yang sedang digunakan pada blog. Ini adalah struktur untuk theme bawaan blogger yang sedang digunakan pada blog khusus latihan ini (Contempo). Dilihat dari sisi penempatan, struktur theme bawaan ini bisa dikatakan masih berantakan. Dengan kata lain, susunan yang terdapat pada antarmuka layout ini tidak menggambarkan struktur tampilan blog yang sebenarnya. Untuk sekarang, struktur ini bisa kita abaikan dulu. Kita akan mulai membahas tentang bagaimana cara menambahkan, menghapus serta mengubah posisi widget melalui antarmuka layout ini.

Pada materi-materi selanjutnya, kita akan mengunakan custom theme untuk blog latihan ini (bukan theme bawaan blogger). Sebagian besar custom theme memiliki desain antarmuka layout yang jauh lebih rapi (sesuai dengan tampilan blog yang sebenarnya). Lebih jauh tentang custom theme ini akan anda jumpai nanti.


2. Menambahkan dan menghapus widget

Ada banyak widget yang bisa anda tambahkan pada blog. Pada contoh ini, saya akan menambahkan widget Popular posts (Postingan Populer) pada bagian Sidebar (bottom). Caranya, Klik pada link "Add a Gadget" yang terdapat pada bagian Sidebar (bottom). Ini akan membuka jendela baru pada browser. Akan muncul banyak pilihan widget, pilih Popular Posts.

cara menambahkan widget di blog

Selanjutnya akan muncul jendela konfigurasi widget:

cara setting widget gadget postingan populer

  • Visible
    Biarkan dalam keadaan ter-checklist untuk mengaktifkan widget.
  • Title
    Judul widget yang akan ditampilkan pada blog.
  • Most viewed
    Pengaturan rentan waktu. Apakah terpopuler sejak 7 hari terakhir, 30 hari terakhir atau setiap saat.
  • Show
    Image thumbnail: Mengaktifkan gambar pada daftar artikel populer (Jika tersedia). Fitur ini hanya berjalan untuk gambar yang di-host "tersimpan" / diupload di blogger.

    Snippet: Menampilkan penggalan paragraf awal dari artikel (Dalam bahasa blogger, ini sering disebut sebagai post summary).


Setelah konfigurasi widget anda sesuaikan, klik "Save" untuk menyimpan widget. Pada gambar dibawah ini, terlihat bahwa widget popular posts telah berhasil dipasang.

cara menambahkan widget

Sekarang buka blog anda. Anda akan melihat widget postingan populer telah ditambahkan pada bagian Sidebar (bottom). Untuk theme yang sedang digunakan, bagian Sidebar (bottom) berada didalam menu navigasi blog.

tampilan widget pada blog

Untuk menghapus widget tertentu, klik pada icon pensil (Edit). Akan terbuka jendela konfigurasi widget, klik Remove.

cara menghapus widget diblogger


3. Mengubah posisi widget

Sebagai contoh, saya akan meletakkan widget Label ke bagian paling atas Sidebar (bottom). Caranya, cukup Drag and Drop (Seret) widget Label ke bagian atas.

cara mengubah posisi widget blogger

Klik "Save arrangement" untuk menyimpan pengaturan. Kunjungi blog dan anda akan melihat widget Label telah berada pada posisi paling atas bagian Sidebar (bottom).

cara setting widget di blogger


Apakah bisa jika widget dipindahkan ke bagian lain, misalnya dari Sidebar ke Footer ?

Bisa ..! Asalkan bagian tersebut memang memungkinkan untuk dipasang banyak widget. Pada kasus tertentu, terkadang developer theme (pembuat tema blogger) memberikan nilai maksimal pemasangan widget untuk bagian-bagian tertentu. Contoh kasus disini adalah bagian header dan Search (top) yang hanya memungkinkan untuk dipasang satu widget saja. Lebih jauh tentang ini akan anda temui nanti, tidak pada halaman dan tingkatan ini ^_^.

Apakah semua widget bisa dipindahkan dengan cara Drag and Drop ?

Tidak semua..! terkadang ada widget tertentu yang di-lock (dikunci) oleh developer. Dalam theme ini, contoh widget yang di-lock adalah Report Abuse, dan Header. Untuk mengatur posisi widget yang di-lock, kita harus melakukannya melalui edit HTML theme. Lebih lengkap tentang ini juga tidak akan saya bahas pada halaman ini ^_^.


4. Beberapa widget blogger yang sering digunakan

Pada tahap awal belajar anda, wajar jika anda bingung tentang widget-widget apa saja yang harus anda tambahkan pada blog. Untuk itu, berikut adalah daftar nama widget yang paling sering digunakan:

Widget bawaan blogger:
  • Popular posts
    Postingan Populer
  • Label
  • Featured post
    Postingan yang diunggulkan
  • Blog page
    Menampilkan link laman statis blog
  • Follow by Email
    Widget berlangganan melalui email


Custom widget (Bukan widget bawaan blogger):
  • Posts by label
    Menampilkan postingan berdasarkan label / kategori tertentu
  • Recent posts
    Menampilkan postingan terbaru
  • Related posts
    Menampilkan postingan terkait


5. Beberapa istilah yang digunakan untuk bagian-bagian blog

Selain informasi widget diatas, perlu juga diketahui beberapa istilah yang digunakan untuk mewakili posisi elemen-elemen blog. Secara garis besar, element-elemen ini adalah:

  • Header
    Istilah untuk bagian atas blog. Bagian ini biasanya berisi logo / nama blog dan menu navigasi
  • Sidebar
    Istilah untuk bagian samping blog. Bagian ini biasanya berisi banyak widget.
  • Main
    Penamaan ini sering digunakan untuk mewakili bagian posting atau content blog. Untuk theme dengan jumlah kolom lebih dari satu, bagian ini biasanya berada pada posisi sejajar dengan sidebar.
  • Footer
    Istilah untuk bagian bawah blog. Bagian ini biasanya berisi copyright blog, credit link, dan link laman statis (About Us, Contact Us, DLL).


Sekarang, anda sedikit banyak telah mengenal tentang fungsi dan beberapa hal lainnya yang dapat anda lakukan melalui menu layout. Pada materi selanjutnya, kita akan mulai melakukan beberapa kegiatan editing berkaitan dengan desain blog.



Bagikan ke:

22 komentar untuk:

Mengenal Menu Tata Letak (Layout) pada Dashboard Blog
  1. kenapa saya tidak bisa menyimpan Tambah Gadget (entri populer). dibawah pojok kiri selalu muncul Java Script0.. itu kenapa ya.. ada beberapa pengaturan yang lainya juga sama, ketika saya mau menyimpan tapi tidak bisa di klik ikon simpan nya, dan selalu muncul Java Script0 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kasih saya url screenshot pemasangan gadget yang gagalnya mas ?

      Hapus
  2. satu lagi, kenapa url blog saya jadi blogspot.co.id, padahal sebelumnya blogspot.com ? mohon pencerahannya.. saya belajar dari nol dan artikel ini sungguh sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Redirect subdomain blogspot ini bisa dikatakan masih baru mas. Ini hanya berlaku untuk blog yang masih menggunakan subdomain blogspot (tidak untuk penggunaan domain TLD). Blog yang masing mengggunakan subdomain blogspot akan secara otomatis diredirect sesuai dengan asal negara visitor. Ini tidak masalah, dilihat dari sisi SEO pun tidak ada pengaruh buruknya. Blogger adalah produk google, google tau bagaimana harus menilai produk mereka ^_^.

      Kalau memang kurang nyaman dengan masalah ini, redirect country specific URL ini bisa dicegah dengan cara meredirect kembali domain ke yang dikehendaki (.com) dengan munggunakan javascript. Ada banyak yang share caranya digoogle, dicari-cari aja.

      keyword: "Cara mencegah country redirect Blogspot"

      Kalau menurut saya pribadi, jika masih ingin menggunakan subdomain blogspot, sebaiknya ini dibiarkan saja. Tidak akan ada yang namanya duplikat content. Selain itu, mencegah redirect ini dengan javascript bisa menimbulkan loop redirect di browser tertentu (pernah ditemui pada mobile browser) yang pada akhirnya content halaman menjadi tidak ter-load ^_^

      Hapus
  3. Tatak Letak saya di blog tidak tampil dan muncul "Ups, Tampaknya ada yang salah" Saya sudah googling kemana-mana dan menerapkan petunjuk mereka seperti:
    -memasukkan OpenId,
    -mengganti html value: "rgba(0.0.0.0)" dengan "transparent"
    -meng-edit Setelan Pengguna yang katanya menghilangkan centang "gunakan draf blogger"
    -Meng-"Kembalikan template widget" ke Default
    -Mengatur/menyesuaikan kembali dengan mencoba-coba Lebar blog pada menu "sesuaikan" template
    NAMUN SEMUANYA TIDAK MEMECAHKAN MASALAH SAYA, PADAHAL SAYA MENGGUNAKAN TEMPLATE BLOGGER SEDERHANA. SAYA GANTI DENGAN TEMPLATE BLOGGER LAINNYA YG ADA PUN TETAP SAJA TATA LETAK/LAYOUT muncul tampilan error begitu. MOHON SOLUSINYA KAWAN. email saya: mannegara@gmail.com MAKASIH SEBELUMNYA. WASSALAM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur, untuk masalah kayak gini belum pernah saya temui mas, itu pesan "Ups Kesalahan" muncul saat mengakses blog atau saat mengakses halaman Layout pada dashboad Blog ?

      Hapus
    2. muncul saat mengakses Layout pada dashboard blog saja, sehingga kita tidak bisa lagi mengatur tata letaknya. Memang untuk memindah-mindah widget samping bisa aja mas lewat HTML dg menukar-nukar susunannya, tapi saya nggak bisa lagi menambah widget di bagian bawah postingan (karena memang saya nggak tau html nya :D). Kalau Layout nya bisa muncul kan enak bagi org yg buta HTML kayak saya :D

      Hapus
    3. Coba kamu ganti templatenya dengan template apa aja yang banyak tersedia diinternet. Coba yang free aja. Ganti templatenya jangan melalui "upload", langsung aja melalui edit HTML, Hapus semua code template yang lama pada antarmuka edit html, copy dan paste semua code XML template hasil download dan simpan.

      Hapus
  4. posisi widget itu sendiri sebenarnya dimana pada template kita, ?? apakah di area <'head'> atau #<'body'>???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam ^_^
      Sebenarnya untuk lebih lengkapnya mungkin akan ada pada materi tingkat lanjut mas, tepatnya materi tentang HTML, tapi untuk sekarang saya masih belum sampai kesana. Masih nge-build Template yang nantinya bakalan dipake untuk mempermudah menjelaskan beberapa materi tingkat lanjut.

      Secara singkat, elemen yang ditampilkan pada browser itu adalah pada tag <body> Content </body>. Untuk Tag <head/>,, ini adalah informasi yang akan dibaca oleh browser dan (umumnya) tidak akan ditampilkan.

      Hapus
  5. Mas Kar, mengapa tata letak blog tidak tampil penuh?
    Di blog saya, di bagian tata letak, bagian kirinya bisa diedit karena ada tulisan edit di setiap menu yg bisa diedit tp sebelah kanannya tidak tampil tulisan edit sgh susah untuk mengedit menunya.
    bagaimana solusinya?
    terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini maksudnya link editnya ke hidden ya ?
      Bagusnya sih upload screenshot tata letaknya anda dikasih tau sini mas biar bisa agak jelas dikit ^_^

      Hapus
  6. Sangat membantu sekali

    BalasHapus
  7. Saya coba edit (Paste) kode Verifikasi search console, kemudian saya Pilihh Simpan, tapi tidak tersimpan, dan tidak juga terverifikasi...


    Solusinya Apa ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya verifikasi di Google webmaster ya ?, jika email blog dan akun webmasternya satu email, ini gak perlu diverifikasi mas.

      Hapus
  8. Assalamualaikum mas apa gunanya menata tata letak. Maaf saya baru belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaiakaumsalam
      re: apa gunanya menata tata letak ?
      Bukannya udah dijelasin diatas mbak ^_^

      Hapus
  9. assalamualaikum min
    saya sudah buat menunya seperti yang admin contohkan diatas tapi kenapa saat saya ganti begrond temanya kok tampilan garis tiga untuk side menunya hilang atau tidak ada tapi klau diklik tetap muncul menunya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur, saya bingung dengan pertanyaannya mas ^_^
      Coba kasih saya URL screenshot sebelum dan sesudah di edit !

      Hapus
  10. Bagaimana cara tampilkan menu balas komrntar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan pengaturan komentar yang terpilih di dashboard blogger adalah "Tersemat". Jika pengaturan yang terpilih adalah Tersemat dan Tombol balas tetap tidak muncul, itu artinya tema yang dipake emang gak support thread comment mbak.

      Hapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi