wiblogger

Mengenal Beberapa Menu Settings / Pengaturan pada Dashboard Blogger

Sekarang kita akan meninjau beberapa pengaturan yang perlu dilakukan pada awal pembuatan blog. Ada banyak yang bisa anda sesuaikan pada menu Setelan (English: Settings) yang terdapat pada dashboard blog. Untuk tahap ini, beberapa pemahaman untuk bagian tertentu akan kita lewatkan dulu. Hal ini karena untuk dapat memahami menu-menu yang saya lewatkan, anda membutuhkan pengetahuan terkait beberapa fungsi atau elemen lain yang belum kita pelajari. Fungsi dan elemen lain ini akan anda jumpai nanti.

Pengaturan untuk bagian yang saya abaikan (tidak saya bahas) bisa anda biarkan secara default (tetap seperti semula). Seiring dengan bertambahnya jam online anda, semua menu yang terdapat pada dashboard bog ini akan anda pahami dengan sendirinya.


Daftar isi:
  1. Setelan: Dasar
  2. Setelan: Pos dan Komentar
  3. Setelan: Email
  4. Setelan: Bahasa dan Pemformatan
  5. Setelan: Preferensi Penelusuran
  6. Setelan: Lainnya
  7. Setelan: Setelan pengguna


1. Setelan: Dasar

Disini, beberapa hal yang bisa kita sesuaikan adalah judul, deskripsi, privasi (akses mesin pencari), alamat blog, mode HTTPS serta perizinan untuk pengarang dan pembaca blog.

cara menata pengaturan blogspot
Dashboard Blog: Setelan > Dasar


Bagian Dasar:
  • Judul
    Direkomendasikan membuat judul blog dengan kata/kalimat yang masih berhubungan dengan topik bahasan blog.
  • Deskripsi
    Isi bagian deskripsi ini dengan kalimat yang menggambarkan topik keseluruhan yang dibahas pada blog (Maksimal 500 karakter).
  • Privasi
    Biarkan pada keadaan default (Terdaftar di blogger. Dapat diakses oleh mesin telusur). Fitur pengaturan privasi ini bisa digunakan untuk Tidak Mengizinkan mesin pencari (misal: Google.com) untuk merayapi dan mengindex halaman blog kita. Dengan kata lain, jika anda memilih untuk tidak mengizinkan akses, halaman blog tidak akan muncul pada mesin pencari (Tidak di-index).

Pada materi ini, kita masih menggunakan blog yang telah dibuat pada tahap pembuatan blog sebelumnya. Disini, judul blog adalah "wiBlogger Tutorial Blogging" dengan deskripsi yang masih belum dibuat (kosong). Sesuai dengan judul blog, blog yang akan dikelolah adalah blog yang berisi seputar blogging. Contoh pembuat deskripsi kurang lebih seperti ini:

cara mengatur blog baru di blogger

Bagian Publikasi:
Sekarang kita lanjut pada bagian Publikasi (English: Publishing). Jika anda hendak mengubah url / alamat blog, anda bisa melakukannya pada bagian ini (poin A pada gambar dibawah). Terdapat juga fitur untuk penggunaan Domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .org, .net dan lain sebagainya (poin B pada gambar dibawah).

cara mengatur blog baru di blogspot

Terkait penggunaan domain TLD, biaya pembelian domain ini kurang lebih sekitar $12 - $15 / tahun. Lebih lengkap tentang penggunaan TLD di blogger ini akan anda jumpai nanti, untuk sekarang, sebagai tahap awal belajar, kita cukup menggunakan subdomain blogspot dulu.

PENTING ...!
Mengubah Url blog (melalui poin A pada gambar diatas) sama halnya dengan anda membuat sebuah blog baru. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mengubah Url blog pada saat blog telah memiliki banyak artikel dan pengunjung.


Bagian HTTPS:
Lanjut pada bagian Setelan HTTPS, Ini memungkinkan kita untuk dapat menggunakan koneksi HTTPS pada blog yang bersangkutan (URL: https://wiblogger-tutorialsblog.blogspot.com). Fitur ini hanya bisa digunakan untuk penggunaan subdomain blogspot. Ini tidak akan tersedia untuk penggunaan domain TLD.

cara mengatur https blog blogger

Sebagian blogger percaya bahwa koneksi HTTPS akan lebih bagus dimata search engine (dibandingkan http). Oleh karena itu, anda bisa memilih untuk mengaktifkan fitur ini (secara default adalah tidak aktif).

Bagian Izin:
Terakhir, pengaturan yang terdapat pada Setelan Dasar ini adalah Izin (English: Permissions). Pada bagian ini, Ada 2 jenis perizinan, yaitu Pengarang Blog (English: Blog Authors) dan Pembaca Blog (English: Blog Readers).

pengaturan pada blogspot

Untuk bagian Pengarang Blog (Authors), ini adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menambahkan beberapa pengarang yang akan menjadi kontributor blog. Penambahan pengarang ini dilakukan dengan cara Invite Email. Akun Email yang diinvite akan memiliki akses sebagai author.

Selanjutnya adalah perizinan untuk Pembaca Blog. Disini, anda bisa mengatur mode ketersediaan blog anda, ada 3 pilihan yang tersedia.

menu pengaturan blogger blog

  • Umum
    Ini artinya blog anda tersedia (dapat dibaca/diakses) oleh semua orang.
  • Pribadi - Khusus penulis blog
    Ini artinya anda membatasi blog anda agar hanya dapat diakses/dibaca oleh daftar penulis blog (daftar author yang telah ditambahkan).
  • Pribadi - Khusus pembaca ini
    Membuat secara khusus daftar pembaca yang diizinkan berdasarkan email. Terkait hal ini, pembaca harus login ke akun email mereka terlebih dulu untuk dapat milihat blog anda.

Biarkan pengaturan perizinan pembaca ini pada keadaan default (Umum) agar blog dapat diakses oleh semua orang.


2. Setelan: Postingan, komentar dan berbagi

Pada submenu ini, anda dapat melakukan berbagai penyesuaian berkaitan dengan posting dan komentar blog.

cara mengatur postingan dan komentar blog
Dashboard blog: Setelan > Postingan, komentar dan berbagi

Bagian Posting
Terdapat 3 poin yang bisa anda sesuaikan disini:

cara mengatur jumlah postingan blogspot

  • Tampilkan sebanyak mungkin
    Singkatnya, ini adalah pengaturan untuk jumlah artikel/post yang ditampilkan pada halaman utama blog (Homepage). Secara default, pengaturan yang aktif adalah 7 posting. Pada tahap awal ini, pengaturan ini bisa anda biarkan secara default. (Kebanyakan pemilik blog mengatur jumlah ini antara 7-10 post).
  • Template Entri
    Akan kita bahas nanti.
  • Tampilkan gambar dengan lightbox
    Ini adalah mode view gambar pada postingan, biarkan secara default (Ya)


Bagian Komentar:
cara mengatur tampilan komentar blogger
  • Lokasi Komentar
    Biarkan secara default (Tersemat). Ini akan membuat form tulis komentar langsung ditampilkan. Untuk pilihan lainnya bisa anda coba-coba sendiri.
  • Siapa yang dapat mengomentari
    Pilih "Semua orang" agar komentar tersedia secara umum. Pengaturan ini juga memungkinkan visitor untuk dapat berkomentar tanpa melakukan login email terlebih dulu (anonymous).
  • Moderasi komentar
    Secara default, pengaturan yang terpilih adalah "Tidak pernah", ini artinya, setiap komentar akan langsung diterbitkan tanpa meminta persetujuan anda (sebagai admin) terlebih dahulu. Jika anda ingin setiap komentar yang masuk harus melalui persetujuan anda sebelum mereka diterbitkan, pilih "Selalu".
  • Tampilkan verifikasi kata
    Secara default adalah "Ya". Pengaturan ini bertujuan untuk menghindari kegiatan-kegiatan spamming komentar yang dilakukan oleh robot/software.
  • Tampilkan tautan balik
    Biarkan secara default (Sembunyikan).
  • Pesan formulir komentar
    Disini, anda bisa menambahkan text yang nantinya akan ditampilkan dibagian atas form tulis komentar.


Selain Posting dan Komentar, pada submenu ini, terdapat juga pengaturan mode berbagi ke google plus. Untuk sekarang, biarkan secara default.

cara mengatur berbagi di blog baru


3. Setelan: Email

Pada menu Email ini, kita bisa mengaktifkan mode pembuatan posting melalui email. Selain itu, pada menu ini, terdapat juga opsi yang memungkinkan kita untuk dapat mengubah email penerima notifikasi komentar blog. Lebih jauh tentang fitur ini kita skip dulu.

pengaturan email blogger
Dashboard blog: Setelan > Email


4. Setelan: Bahasa dan Pemformatan

Menu ini berisi pengaturan bahasa serta pengaturan untuk beberapa format waktu. Untuk pengaturan bahasa, ini akan mempengaruhi beberapa text default yang terdapat pada blog.

cara mengatur bahasa blog di blogger
Dashboard Blog: Setelan > Bahasa dan Pemformatan

Diantara beberapa pengaturan diatas, satu yang cukup penting adalah pengaturan Zona waktu. Untuk Indonesia, pengaturan zona waktu yang tepat adalah pada GMT+07:00.


5. Setelan: Preferensi penelusuran

Untuk sekarang, pada menu ini, kita hanya akan meninjau bagian Tag meta (deskripsi). Untuk bagian lainnya bisa anda skip dulu (biarkan dalam keadaan default).

cara mengatur deskripsi di blogger
Dashboard blog: Setelan > Preferensi penelusuran

Singkatnya, pengaturan Tag Meta ini adalah untuk mengaktifkan fitur deskripsi pada postingan. Fitur ini berhubungan dengan SEO blog. Untuk mengaktifkan fitur deskripsi penelusuran, klik Edit. Pada bagian "Aktifkan deskripsi penelurusan", pilih "Ya".

mengatur meta deskripsi blogspot

Selanjutnya muncul form pengisian deskripsi penelusuran seperti gambar diatas. Bagian ini bisa anda isi dengan deskripsi yang telah anda buat pada setting bagian dasar sebelumnya. Atau, bagian ini juga bisa anda kosongkan. Klik "Simpan Perubahan" untuk menyimpan pengaturan.


6. Setelan: Lainnya

Pada pengaturan ini, sedikit akan saya jelaskan mengenai Impor & Backup. Untuk yang lain biarkan seperti semula.

cara backup dan restore blogger
Dashboard blog: Setelan > Lainnya

Bagian ini merupakan salah satu fitur blogger yang bisa dikatakan cukup penting. Anda bisa melakukan backup dan restore postingan, komentar serta halaman statis blog melalui menu ini.

  • Impor
    Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan import (post dan komentar) dari blog anda yang lain (File import ini berformat .xml). Dengan kata lain, anda bisa memindahkan semua post dan komentar yang terdapat pada blog anda yang lain (dari blogspot juga) kedalam blog yang bersangkutan
  • Backup Konten
    Ini adalah fitur untuk mendownload semua post dan komentar pada blog anda. File download ini akan berformat .xml. File inilah yang bisa anda Import ke blog anda yang lainnya (Melalui fitur impor). Fitur ini bisa anda gunakan untuk keperluan backup blog.


7. Setelan: Setelan pengguna

Terakhir adalah pengaturan setelan pengguna. Pada menu ini, anda bisa mengatur beberapa hal seperti switch profil blogger, mengatur bahasa blogger dan mengatur untuk menerima atau tidaknya notifikasi pengumumam fitur dari blogger.

cara mengatur bahasa di dashboard blogger terbaru
Dashboard blog: Setelan > Setelan pengguna

Pada menu ini, setelan bahasa yang dimakasud adalah setelan bahasa untuk dashboard blog. Pengaturan bahasa ini tidak akan mempengaruhi bahasa yang digunakan pada blog.


Sekarang, anda sedikit banyak telah mengenal beberapa menu pengaturan blog yang terdapat pada dashboard blog. Selanjutnya kita akan mulai mempelajari antarmuka pembuatan artikel/postingan.



Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Mengenal Beberapa Menu Settings / Pengaturan pada Dashboard Blogger

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi