wiblogger

Apakah benar Blog bisa menghasilkan Uang ? Cara kerjanya ?

Cara mendapatkan uang di internet melalui blog
Cover Image by behindthehustle.com

Bagaimana cara menghasilkan uang di internet melalui blog ?, Berapa besar penghasilan yang bisa didapatkan melalui blog ? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membangun blog yang bisa menghasilkan ? Ya, 3 pertanyaan tersebut merupakan bentuk pertanyaan umum yang mungkin terlintas dibenak anda saat membahas tentang penghasilan online. Pada halaman ini, berbagai pendapat disampaikan dengan mengacu pada pengalaman pribadi. Tidak akan ada hal yang saya besar-besarkan ataupun sebaliknya.

Emang mas sendiri sudah pernah menghasilkan uang dari blog ?

Iya, masih jalan malah.

Berapa besar mas penghasilannya ?

Hehe...
Baca aja artikelnya sampe selesai, entar bisa dikira-kira sendiri.

Hehe... Okelah, udahan dulu ngobrolnya, mau baca dulu.

Sip ^_^


1. Proses / alur bagaimana blog bisa menghasilkan uang

Pertama-tama, sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghasilkan uang melalui blog, akan kita tinjau terlebih dahulu proses bagaimana sebuah blog dapat menghasilkan uang.

Poin:
Pada intinya, sebagian besar metode yang digunakan oleh para blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka adalah melalui media periklanan.

Ya, kita tahu bahwa ada banyak sekali pihak pengiklan (Advertiser) diluar sana yang memprosiskan produk mereka melalui Internet. Disini, sebagai pemilik blog, kita bisa membuka ruang untuk para pengiklan ini untuk dapat menayangkan / mempromosikan produk mereka pada blog yang kita kelolah. Jelas, semua ada harganya. Secara sederhana, kurang lebih alurnya seperti berikut:

  1. Pengiklan memiliki produk dan hendak melakukan promosi melalui internet
  2. Anda memiliki sebuah blog yang telah berpengunjung
  3. Anda membuka ruang untuk para pengiklan
  4. Pengiklan terlibat kontrak dengan blog anda (mempromosikan produk mereka pada blog anda)
  5. Anda mendapatkan penghasilan dari pihak pengiklan


1.1 Bagaimana cara mendapatkan pengiklan untuk blog ?

Untuk mendapatkan pengiklan, selain menyediakan ruang secara mandiri (tanpa keterlibatan pihak ketiga), kita juga bisa menggunakan media priklanan. Salah satu media periklanan yang paling populer saat ini dan dianggap paling berpotensi untuk sebagian besar blogger adalah Google Adsense.

Sedikit meninjau tentang Google Adsense, ini merupakan sebuah program periklanan yang memungkinkan para publisher (pemilik web atau blog) untuk dapat menayangkan berbagai macam jenis iklan dari pihak pengiklan (yang terdaftar pada Google Adwords) secara mudah dan tertarget. Sistem yang diterapkan pada Google Adsense adalah Pay Per Click. Dengan kata lain, publisher akan mendapatkan bayaran untuk setiap klik iklan yang terjadi pada situs mereka.


1.2 Untuk menghasilkan uang dengan blog, apakah hanya dapat dilakukan dengan keterlibatan pihak pengiklan ?

Tidak juga...! Anda bisa menghasilkan uang melalui blog anda dengan banyak cara. Sebelum itu, bagi anda yang benar-benar baru dalam dunia blogging, akan lebih baik jika kita sedikit meninjau tentang jenis-jenis blog atau website terlebih dahulu.

Ada banyak jenis blog yang sering kita jumpai di internet. Disini, hal yang akan kita tinjau adalah jenis-jenis blog berdasarkan bagaimana blog tersebut dapat menghasilkan uang. Secara garis besar, jenis-jenis blog ini adalah:

  1. Blog Shopping (Situs jual beli online)
    Apa yang saya maksud dengan blog shopping adalah semua blog yang melakukan penjualan produk atau jasa. Sudah jelas, untuk situs jenis ini, penghasilan mereka bersumber dari penjualan yang mereka lakukan.
  2. Blog Umum (Blog penyedia konten gratis)
    Apa yang saya maksud dengan blog umum adalah semua blog yang membagikan berbagai konten (artikel, tulisan, dan hal lainnya) secara gratis. Berbagai konten ini bisa berupa informasi, tutorial, produk digital gratis, dan lain sebagainya.

Kedua jenis blog yang telah disebutkan diatas memiliki metode monetizing yang berbeda. Untuk Blog Shopping, anda tentu telah paham betul tentang bagaimana mereka bisa mendapatkan uang. Ya, dalam hal ini, mereka terlibat langsung dengan pengunjung blog (pengunjung membeli produk mereka).

Untuk blog umum, mengingat semua konten yang mereka sediakan adalah bersifat gratis, jenis monetizing yang mereka gunakan juga tentunya berbeda dengan blog jenis shopping. Untuk mendatangkan uang, blog jenis umum ini biasanya tidak terlibat secara langsung dengan pengunjung blog. Dengan kata lain, terdapat keterlibatan pihak lain dalam upaya monetizing blog. Pihak lain yang dimaksud disini adalah pihak yang akan memanfaatkan pengunjung blog untuk tujuan tertentu (umumnya juga berupa penjualan produk atau jasa). Adapun pihak lain yang dimaksud disini tidak lain adalah pengiklan.

Loh, kok balik lagi ke pengiklan sih pembahasannya ? Yang jadi pertanyaan itu, apakah ada cara lain untuk menguangkan blog selain melalui pengiklan ?

Kembali lagi pada pembahasan sebelumnya, selain melalui media periklanan, anda juga bisa membuat blog jenis shopping. Sudah jelas, untuk memulai usaha anda, anda harus memiliki produk yang memiliki nilai jual terlebih dahulu.

Emang tidak bisa ya kalau saya membantu penjualan produk milik orang lain ?

Ya bisalah.... Tapi, bukannya ini juga mengarah pada media periklanan ? ^_^

Hehe...
Ngomong-ngomong, jika melalui media pengiklanan, apakah penghasilan yang didapatkan cukup menjanjikan ?

Untuk penghasilan, ini akan tergantung pada banyak hal. Yang jelas, monetizing tipe ini adalah yang paling terbuka dan menguntungkan untuk sebagian besar blogger.


2. Menghasilkan uang di blog melalui media periklanan

Media periklanan merupakan cara yang diambil oleh banyak blogger untuk menghasilkan uang dari blog mereka, terlebih lagi bagi mereka para blogger yang memiliki blog dengan konten umum seperti informasi, tutorial atau hal lainnya. Metode monetizing blog dengan media periklanan juga merupakan metode yang bisa dikatakan terbuka untuk semua blogger. Dengan kata lain, siapapun dapat mengunakan metode ini untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Disini, kita sebagai blogger hanya perlu menyediakan sebuah blog berpengunjug untuk memasarkan / menayangkan produk dari pihak pengiklan, selebihnya, tinggal tunggu hasil.

Hal ini tentunya juga merupakan salah satu keuntungan yang akan didapatkan dengan menggunakan metode monetizing melalui media periklanan. Ya, seperti yang telah disinggung sebelumnya, anda juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan membuat sebuah blog shopping yang menawarkan berbagai produk premium (berbayar). Untuk tujuan ini, jelas anda harus memiliki produk atau jasa yang memiliki nilai jual terlebih dahulu. Selain itu, jenis usaha seperti ini biasanya akan terlibat langsung dengan pengunjung. Dengan kata lain, anda juga harus melakukan berbagai kegiatan terkait pemasaran dan pembelian produk, mulai dari penerimaan pembayaran, pengiriman barang (jika berupa barang fisik) serta berbagai hal terkait lainnya.

Disini, saya tidak mengatakan bahwa monetizing menggunakan media periklanan lebih baik dibandingkan dengan mendirikan usaha online secara mandiri. Ini kembali lagi pada banyak hal, namun, bagi anda yang belum memiliki target usaha yang jelas, membangun blog umum dan melakukan monetizing dengan media periklanan mungkin adalah pilihan terbaik anda untuk saat ini.

Jadi, jika mengunakan media periklanan, saya hanya perlu membangun blog dan mencari pengunjung sebanyak-banyaknya ya ?

Tepat sekali...!
Disini, anda hanya perlu fokus dalam pembangunan blog, selebihnya, anda hanya tinggal menunggu hasil / pembayaran dari pihak pengiklan.

Kalau gitu mudah dong ya ?

Hehe...
Lanjutkan dulu bacanya sampai selesai ^_^


3. Apakah menghasilkan uang dari blog itu mudah ?

Sekilas, berdasarkan uraian yang telah anda baca sebelumnya, anda mungkin berpikir bahwa menghasilkan uang dengan blog itu mudah. Namun, sebagian besar fakta dilapangan mungkin akan berbeda. Disini, pertanyaan yang lebih tepat adalah bukan tentang "cara anda menghasilkan uang dari blog anda", melainkan tentang "bagaimana cara anda membangun sebuah blog yang bisa menghasilkan". Dalam hal ini, poinnya adalah Blog Yang Berpengunjung.

Apakah membangun blog yang memiliki banyak pengunjung itu sulit ?

Jika anda belum begitu mengenal kegiatan blogging, anda mungkin memiliki banyak pertanyaan terkait pembangunan blog. Mulai dari lamanya waktu yang dibutuhkan, teknik yang digunakan dalam menjaring pengunjung dan lain sebagainya. Beberapa hal ini dapat anda pelajari secara perlahan dan terstruktur pada blog wiBlogger.com ini jika anda memang berniat untuk terjun ke dunia blogging secara serius. Namun, sebelum itu, berikut adalah beberapa hal yang mutlak anda butuhkan dalam membangun blog yang menghasilkan:

  • Waktu
  • Kualitas konten
  • Fokus dan konsisten


3.1 Waktu yang dibutuhkan dalam pembangunan blog hingga menghasilkan

Hal yang mutlak anda butuhkan dalam pembangunan sebuah blog hingga menghasilkan adalah Waktu. Ya, jika anda mencari sebuah metode yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan uang di internet secara instan dan cepat, blogging bukanlah solusi. Anda setidaknya membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama untuk dapat menikmati hasil dari blog anda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pembangunan blog yang menghasilkan ? Pertanyaan ini akan saya jawab berdasarkan pengalaman pribadi. Kita mulai dengan beberapa data berikut:

  • Konten blog adalah berbahasa Indonesia.
  • Lama pembangunan blog rata-rata 3-4 bulan.
  • Jumlah postingan pada masa pembangunan blog kurang lebih 100 postingan.
  • Blog telah memiliki pengunjung rata-rata sebanyak 2000 pengunjung per hari ketika blog telah berumur 1.5 (Satu setengah) tahun.


Pada data diatas, tidak ada angka pasti. Data tersebut saya tulis berdasarkan kesimpulan rata-rata selama menekuni kegiatan blogging. Sekarang, akan kita bahas lebih jauh untuk masing-masing data diatas. Kita fokus pada data jumlah pengunjung blog ketika telah berumur 1.5 tahun. Secara pribadi saya sendiri menganggap bahwa blog yang memiliki pengunjung 2000 per hari sudah cukup layak untuk diuangkan melalui media periklanan. Dalam kasus ini, media periklanan yang saya gunakan adalah Google Adsense.

Berapa besar penghasilan adsense dari blog yang memiliki 2000 pengunjung per hari ?

Rata-rata kurang lebih sekitar Rp.20.000 per hari (Rp.600.000 per bulan).

Kalau gitu kecil dong ?

Hehe...

Pada data diatas, lama pembangunan blog adalah 3-4 bulan. Ini maksudnya adalah blog hanya saya kelolah secara serius pada 3-4 bulan pertama dengan hanya menerbitkan satu konten perharinya (kurang lebih 100 posting pada 3-4 bulan pertama). Untuk bulan selanjutnya, pengelolahan blog dilakukan dengan sangat santai, rata-rata hanya menerbitkan satu konten per bulan ^_^.

Jadi, pada bulan ke-4 dan seterusnya hingga blog berumur 1.5 tahun, yang dilakuin apa aja ?

Saya bikin blog baru lagi dengan prosedur yang sama. Dengan kata lain, saya membangun blog selama 3-4 bulan, sementara menunggu waktu hingga blog tersebut bisa menghasilkan, kalau sanggup ya bikin lagi ^_^.

Ya, berdasarkan pengalaman, blog yang hanya dikelolah secara serius pada 4 bulan pertama telah mampu mendatangkan pengunjung setidaknya 2000 per hari ketika blog telah berumur kurang lebih 1.5 tahun.

Apakah prosedur seperti diatas merupakan prosedur terbaik dalam membangun blog yang menghasilkan ?

Jelas bukan...! Akan jauh lebih baik jika anda mampu mengelolah suatu blog secara serius dan konsisten tidak hanya pada awal pembangunan saja. Diatas, prosedur yang saya gunakan bisa dikatakan prosedur "Agak malas" ^_^.

Catatan: Sekali lagi, tidak ada yang pasti pada data-data yang saya berikan diatas. Untuk blog dengan umum 1.5 tahun dan dikelolah secara benar, anda bisa mendapatan pengahasilan yang jauh lebih besar dari itu. Ya, seperti yang telah saya sampaikan diawal, tidak ada yang saya besar-besarkan disini. Data diatas merupakan penghasilan terkecil yang saya yakini mampu dicapai oleh semua blogger yang menjalankan kegiatan blogging secara serius. Disini, satu-satunya kemampuan yang diperlukan adalah menulis konten yang berkualitas. Tanpa penerapan teknik-teknik blogging lainnya sekalipun, saya yakin bahwa pencapaian seperti data-data diatas bisa dikatakan merupakan pencapaian minimum.


3.2 Pentingnya Kualiatas Konten dalam membangun blog yang menghasilkan

Dalam pembangunan blog yang menghasilkan, hal yang juga mutlak anda butuhkan adalah Mampu membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas merupakan nyawa dari sebuah blog. Tanpa konten yang berkualitas, akan sangat sulit bagi blog anda untuk dapat bersaing pada mesin pencari google.

Tidak banyak yang dapat saya sampaikan mengenai hal ini. Pada intinya, jangan buang-buang waktu anda dengan membuat konten yang anda sendiri tahu bahwa konten tersebut akan kalah (tidak mampu bersaing dengan konten serupa yang telah diterbitkan oleh blog lain sebelumnya). Lebih jauh tentang bagaimana membuat konten / postingan blog yang berkualitas juga akan anda jumpai pada materi pembelajaran blogging yang terdapat pada wiBlogger.com ini.


3.3 Pentingnya Konsistensi dalam membangun blog yang menghasilkan

Seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, untuk sukses dalam blogging, anda juga membutuhkan konsistensi. Terkait konsistensi ini, anda setidaknya harus serius pada masa awal pembangunan blog. Untuk selanjutnya, pengelolahan blog bisa dilakukan secara ringan (namun tetap tidak diabaikan sepenuhnya).

Pesan:
Jangan anggap remeh masalah konsistensi ini. Sekilas ini mungkin akan tampak mudah, namun fakta dilapangan sangat-sangat berbeda. Kebanyakan blogger yang gagal adalah mereka yang tidak mampu konsisten bahkan untuk waktu awal pembangunan blog.

Jika anda bertanya tentang hal apa saja yang paling sulit dalam membangun blog yang bisa menghasilkan, secara pribadi saya akan menjawab "Konsistensi" ^_^.

Jika saya mulai membangun blog dengan metode seperti diatas, apakah hasilnya akan sama ?

Sekali lagi, tidak ada yang pasti pada data diatas. Anda bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih besar ataupun sebaliknya. Jika anda melakukan survei pada pencapaian para blogger sukses diluar sana, hasil yang didapat pada kasus diatas bisa dikatakan cukup kecil. Ya, pada data diatas, saya menyampaikan apa yang menurut saya merupakan kemungkinan terkecil, anda bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih besar dari itu.

Wah, kalau gitu membangun blog yang menghasilkan itu cukup mudah dong ya ?

Hehe… jangan salah paham dulu. Hingga saat ini, saya tidak mengatakan membangun blog yang bisa menghasilkan uang itu mudah. Terlebih lagi bagi anda yang masih sangat awam dalam dunia blogging.

Pada data diatas, 2 hal yang harus anda garis bawahi adalah:
  • Pembangunan blog dilakukan ketika saya telah mengerti tentang bagaimana membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Disini, pengalaman menulis saya bisa dikatakan sudah cukup mempuni.
  • Pembangunan blog dilakukan ketika saya telah memahami poin-poin penting dalam SEO (ilmu tentang bagaimana menjaring pengunjung melalui mesin pencari).

Ya, data diatas merupakan catatan minimum pencapaian pembangunan blog yang saya lakukan ketika saya sudah memiliki pondasi blogging yang kuat. Untuk anda yang masih awam dalam kegiatan blogging, jelas, anda membutuhkan proses belajar.

Dimana saya bisa mendapatkan materi blogging ?

Bagi anda anda hendak belajar blogging secara serius hingga mengahasilkan uang, anda bisa mengunjungi halaman utama Tutorial Blogger Pemula. Melalui halaman tersebut, anda akan belajar blogging secara tersetruktur, mulai dari hal-hal dasar hingga ke level para blogger berpengalaman.

Umumnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari kegiatan blogging ?

Menurut perkiraan saya, perlu waktu setidaknya 4-6 bulan sebagai masa pembelajaran dan latihan.

Ingat ! Dalam blogging, latihan (pengalaman) itu mutlak perlu. Ada banyak hal (ilmu) yang hanya bisa anda dapatkan dengan latihan. Anda akan mempelajari berbagai ilmu baru yang mungkin hanya anda yang tau, terlebih lagi ketika anda dalam pembelajaran tentang teknik SEO blog. Selain itu, dengan jam terbang yang cukup, kepercayaan diri anda terhadap potensi dunia blogging ini untuk dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan juga akan terbangun. Dengan percaya diri (percaya bahwa anda bisa mencapai target), konsistensi anda juga akan terjaga.


Sampai pada paragraf ini, anda tentu telah memiliki gambaran tentang beberapa hal terkait menghasilkan uang melalui blog, seperti seberapa besar penghasilan yang bisa anda dapatkan, seberapa lama waktu yang dibutuhkan, dan hal terkait lainnya.

Penting...!
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kebanyakan blogger yang gagal adalah mereka yang tidak mampu untuk fokus dan konsisten. Dalam proses pembangunan blog, anda akan menjumpai yang namanya "Jenuh". Ya, pada masa awal pembangunan blog, ada banyak hal yang akan membuat anda jenuh. Salah satu penyebab yang paling umum untuk situasi ini adalah keadaan dimana pengunjung blog yang tidak kunjung bertambah.

Untuk mengantisipasi hal ini, perlu anda ketahui bahwa keadaan dimana blog anda sepi pengunjung pada masa awal pembangunan adalah Normal. Anda tidak akan mendapatkan ribuan pengunjung dalam waktu yang singkat. Sekali lagi, membangun blog yang bisa menghasilkan itu membutuhkan waktu. Perlu waktu bagi mesin pencari untuk menganalisa dan memberikan kepercayaan (trust) pada blog anda. Selama periode ini, hal yang anda butuhkan adalah yakin dan tetap menyediakan konten yang berkualitas.


Mulai belajar blogger

Bagikan ke:

2 komentar untuk:

Apakah benar Blog bisa menghasilkan Uang ? Cara kerjanya ?
  1. Ada alamat tempat belajar ngeblogger saya pngin belajar,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan udah ada diakhir postnya mas ^_^

      Hapus

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi