wiblogger

Lebih jauh tentang Fungsi <!DOCTYPE html> pada Halaman Web

Apa itu <!DOCTYPE html> ?

<!DOCTYPE html> adalah deklarasi pada dokumen HTML5 yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada web browser tentang versi dokumen HTML yang bersangkutan.


Prilaku Web Browser dalam Me-Render Halaman Web

Sedikit meninjau tentang bagaimana prilaku web browser dalam menerjemahkan (me-render) halaman web. Terdapat 2 (dua) mode yang mungkin akan dijalankan oleh web browser dalam mengeksekusi halaman web. Dua mode ini adalah mode Standar dan mode Quirks.

Mode Standar

Pada mode standar, browser akan menerjemahkan halaman web berdasarkan style (CSS) yang mengatur halaman tersebut. Mode ini akan dijalankan ketika web browser mendapati adanya deklarasi doctype pada html. Pada kasus lainnya, ketika web browser tidak menemukan deklarasi doctype, perenderan halaman akan dilakukan dengan mode quirks.

Mode Quirks

Pada mode quirks, web browser menganggap bahwa halaman web belum dibuat sesuai standar html. Pada kasus ini, walaupun halaman web tetap akan ditampilkan, browser akan bekerja sedikit lebih keras dalam proses penerjemahan. Selain itu, ada kemungkinan bahwa halaman web yang bersangkutan akan memiliki tampilan yang tidak sesuai. Hal ini terjadi karena terdapat perbedaan metode yang diterapkan oleh web browser dalam membaca konfigurasi CSS pada halaman web untuk kedua mode ini (Standar dan Quirks).


Mengingat prilaku web browser diatas, sebagai seorang designer/pengembang web, penting untuk memastikan bahwa perenderan halaman web dilakukan dengan mode standar demi mendapatkan desain yang konsisten. Hal ini dapat dilakukan dengan mendeklarasikan doctype dengan cara yang benar.


Deklarasi DOCTYPE untuk HTML5

Agar web browser dapat menampilkan dokumen dengan benar, web browser harus mengetahui jenis dan versi dari dokumen yang bersangkutan. Pada HTML5 (yang merupakan versi terbaru HTML untuk saat ini), deklarasi doctype ditulis dengan format:

Sintak
<!DOCTYPE html>

<!DOCTYPE html> akan memberikan informasi kepada web browser bahwa jenis dan versi dokumen yang bersangkutan adalah HTML5. Hal ini akan memastikan bahwa perenderan halaman dilakukan sesuai dengan standar HTML5.

Tambahan: HTML sendiri memiliki beberapa versi. Saat ini, versi terakhir dari HTML adalah HTML5. Sebagai pengembang web (dengan target konsumen global), hampir tidak ada alasan untuk kembali menggunakan versi lama dari HTML (versi-versi sebelumnya).


Informasi lainnya terkait Deklarasi DOCTYPE

  • Setiap dokumen HTML harus memiliki deklarasi doctype agar sesuai dengan standar HTML
  • Deklarasi doctype harus diletakkan pada posisi paling atas (sebelum tag <html>)
  • Bersifat Case Insensitive.


Contoh deklarasi doctype pada HTML5

HTML5
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>
HTML5
</title>
</head>
<body>
<p>
Konten Paragraf
</p>
</body>
</html>


Catatan: Perlu juga diketahui bahwa <!DOCTYPE html> sendiri bukan merupakan salah satu dari elemen/tag html. Ini hanya berperan sebagai pemberi informasi kepada web browser tentang versi dokumen html yang bersangkutan.

Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Lebih jauh tentang Fungsi <!DOCTYPE html> pada Halaman Web

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Subscribe To Our Newsletter
Dengan berlangganan feed kami, anda akan mendapatkan setiap updates yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda.
×
Jangan tampilkan lagi