wiblogger

Rangkuman: 7 Teknik Membuat Postingan yang SEO Friendly

Content is the Kings ...! ini adalah sebuah istilah populer yang sering digunakan oleh para pelaku SEO untuk mengungkapkan betapa pentingnya kualitas konten dalam menentukan ranking suatu halaman pada mesin pencari. Tidak peduli seberapa keras anda melakukan optimalisasi SEO, tanpa konten yang berkualitas, sulit bagi situs anda untuk mendapatkan posisi terbaik pada mesin pencari.

cara membuat postingan yang SEO
Cover image by Pixabay.com

Pada halaman ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat konten / postingan blog yang tidak hanya baik dari segi SEO. Konten yang dibuat juga harus tetap memberikan manfaat dan kenyamanan untuk para pembaca blog anda.

Daftar isi:
  1. Riset Keyword
  2. Persiapan Materi
  3. Membuat judul post yang SEO friendly
  4. Membuat Deskripsi post yang SEO friendly
  5. Penggunaan Tag Heading
  6. Penggunaan gambar pada post
  7. Penggunaan link pada post


1. Riset Keyword

Apa itu riset keyword ? Sederhananya, Riset Keyword adalah tahap atau kegiatan pencarian ide-ide postingan yang paling berpotensi untuk dapat mendatangkan pengunjung melalui mesin pencari. Dengan riset keyword, anda dapat mengetahui "apa saja yang banyak dicari" oleh pengguna mesin pencari terkait nice blog anda. Lebih jauh tentang riset keyword bisa anda baca pada halaman: Cara Riset Keyword.

2. Persiapan Materi Postingan

Pada tahap riset keyword sebelumnya, anda telah mendapatkan daftar ide yang akan digunakan sebagai topik postingan. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mempersiapkan poin-poin bahasan terkait kata kunci / keyword yang akan digunakan.

Caranya gimana ?

Lakukan pencarian (Google.com) dengan kata kunci yang hendak digunakan pada postingan. Anda tentunya akan mendapatkan banyak sekali halaman yang telah membahas kata kunci tersebut sebelumnya. Baca dan amati poin-poin bahasan yang disampaikan pada halaman-halaman tersebut. Jadikan poin-poin tersebut sebagai poin-poin yang akan anda bahas pada postingan anda (dengan bahasa yang berbeda tentunya, bukan copy paste).

Idealnya berapa banyak poin bahasan ya ?

Tulis semampu anda, semakin banyak semakin bagus.

Dengan melakukan persiapan seperti diatas, anda tidak akan bingung tentang "Hal apa saja" yang harus anda sampaikan dalam postingan anda. Selain itu, besar kemungkinan konten anda akan jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan konten-konten yang telah ada sebelumnya. Jelas, ini karena konten yang akan anda buat merupakan gabungan dari banyak halaman.

3. Membuat judul postingan yang SEO Friendly

Judul post merupakan elemen yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan postingan. Sebagian besar theme blogger menggunakan Judul post sebagai Title Tag. Hal ini menjadi sangat penting mengingat mesin pencari yang memberikan prioritas lebih untuk Title Dokumen (Text yang tampil pada tab browser).

3.1 Panduan membuat judul yang baik

Untuk anda yang masih baru, anda mungkin bingung tentang apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat judul postingan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam membuat judul postingan yang SEO:

  • Sertakan target keyword dalam judul
  • Panjang judul antara 50 - 60 karakter (sudah termasuk spasi)
  • Untuk judul post dengan panjang lebih dari 60 karakter, usahakan keyword utama terletak antara karakter 1  - 60.
  • Buat judul semenarik mungkin namun tetap relevan dengan isi postingan

Contoh:
Pada beberapa contoh pembuatan judul dibawah ini, kata yang saya garis bawahi merupakan target keyword, untuk kata lainnya merupakan kata tambahan yang hanya digunakan sebagai pemanis.

  1. Tutorial Blogging: Belajar ngeblog dari Nol bersama wiBlogger.com
  2. Belajar ngeblog: Cara membuat blog dengan 5 langkah praktis


3.2 Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dalam membuat judul postingan

Bagi mereka yang benar-benar baru dalam kegiatan blogging, menentukan judul postingan bisa menjadi sangat membingungkan. Menurut pengamatan pribadi saya terhadap beberapa blog teman yang baru belajar membangun blog, kesalahan yang sangat sering saya jumpai adalah:



Judul yang dibuat cendrung terlalu pendek dan apa adanya


Ya, ditinjau dari sisi kesesuaian dengan isi postingan, tidak ada yang salah dengan tipe judul seperti ini. Hanya saja, ketika datang pada kebutuhan persaingan di mesin pencari, ini merupakan kesalahan yang fatal.

Tidak peduli seberapa berkualitas konten yang anda tulis pada postingan anda, pada mesin pencari, hanya ada dua hal yang akan ditampilkan kepada para calon pengunjung. Dua hal ini adalah berupa Judul dan Deskripsi postingan.


Bayangkan jika anda merupakan pengguna mesin pencari. Diantara dua penulisan judul dibawah, mana yang lebih menarik perhatian anda ?

  1. Tutorial Blogger Untuk Pemula
  2. Tutorial Blogger: Belajar ngeblog dari Nol bersama wiBlogger.com

Jika saya tidak salah, kemungkinan besar anda lebih tertarik untuk membuka halaman dengan penulisan judul pada daftar kedua bukan ? ^_^.


4. Membuat deskripsi postingan yang SEO Friendly

Hal lainnya yang juga sangat penting dalam sebuah postingan adalah deskripsi. Deskripsi adalah hal terpenting lainnya setelah judul yang dapat anda gunakan untuk menciptakan daya tarik colon pengunjung yang berasal dari mesin pencari.

Halaman yang terdapat pada posisi pertama hasil pencarian belum tentu akan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak dibandingkan halaman yang terdapat pada posisi 2, 3, dan seterusnya. Hal ini karena pengguna mesin pencari cendrung akan membaca deskripsi terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membuka halaman secara penuh. Oleh karena itu, pastikan anda membuat deskripsi dengan semenarik mungkin (namun tetap relevan tentunya).

Berikut adalah beberapa acuan yang bisa anda gunakan dalam membuat deskripsi postingan:

  • Sertakan target keyword pada deskripsi
  • Panjang deskripsi antara 100-150 karakter (sudah termasuk spasi)
  • Jika memungkinkan, sertakan poin-poin yang dibahas secara ringkas


Contoh:
  1. Judul:
    Tutorial Blogger: Belajar Ngeblog dari NOL bersama wiBlogger.com

    Deskripsi:
    Full tutorial blogger pemula. Pelajari materi secara bertahap mulai dari panduan dasar hingga berbagai kegiatan blogger berpengalaman
  2. Judul:
    Rangkuman: 6 penerapan teknik SEO postingan yang SEO friendly

    Deskripsi:
    Rangkuman teknik SEO Blogger: Ketahui bagaimana cara membuat judul, deskripsi, tag heading, penerapan gambar dan link pada postingan


5. Penggunaan Tag Heading pada postingan

Apa itu Tag Heading ? Tag heading adalah tag-tag html (h1, h2, h3, h4, h5, dan h6) yang digunakan untuk mendefinisikan judul dan sub judul bagian-bagian yang terdapat pada dokumen HTML. Ditinjau dari sisi SEO heading halaman, tag-tag heading merupakan elemen penting lainnya setelah Tag Title. Banyak para pelaku SEO percaya bahwa Google memberikan prioritas lebih terhadap tag-tag heading dalam menganalisa topik yang terdapat pada halaman web.

5.1 Apakah semua tag heading (H1 - H6) harus digunakan ?

Hal ini kembali lagi pada pembahasan / topik konten halaman. Pada umumnya, diantara 6 tag heading yang telah disebutkan, 3 tag heading pertama adalah yang paling sering digunakan. Jika memungkinkan, sangat direkomendasikan untuk setidaknya menggunakan tag heading H2 dan H3 pada postingan (dalam kasus ini, H1 telah terdefinisi pada judul postingan. Jadi, pada tubuh postingan, anda tidak perlu lagi membuat tag H1).

5.2 Struktur tag heading yang baik

Untuk struktur tag heading, sangat disarankan untuk menempatan tag heading secara berurutan, yaitu dimulai dari tag heading H1 pada posisi teratas dan diteruskan dengan tag heading turunan lainnya.

  • Heading H1
    • Heading H2
      • Heading H3
  • Heading H1
    • Heading H3
      • Heading H2
  • Heading H1
    • Heading H2
      • Heading H3
      • Heading H3
    • Heading H2
      • Heading H3
      • Heading H3

Seperti yang terlihat pada tabel diatas, penerapan tag heading yang baik sama halnya dengan penulisan daftar Isi untuk konten halaman (Table of Content). Tidak peduli seberapa besar pengaruh tag heading untuk SEO, penerapan tag heading yang baik akan sangat memudahkan pembaca blog. Dengan penerapan tag heading yang baik, pembaca akan lebih mudah untuk memahami tentang poin-poin yang dibahas pada postingan anda.

5.3 Menentukan text / kata yang terdapat pada tag heading

Mengingat bahwa mesin pencari yang memberikan prioritas lebih untuk elemen - elemen tag heading, penggunaan text / kata yang akan dibuat sebagai tag heading harus diperhatikan. Berikut adalah panduan yang bisa anda gunakan dalam menentukan kata yang terdapat pada tag heading:

  1. Hindari duplikat tag heading (Kata yang terdapat pada tag heading tertentu sama dengan kata yang terdapat pada tag heading lainnya)
  2. Utamakan untuk memberikan kenyamanan yang baik kepada pembaca. Jangan memaksakan untuk menggunakan keyword secara berlebihan pada tag heading. Hal ini hanya akan membuat postingan anda mengarah pada kegiatan spamming keyword
  3. Untuk kepentingan optimasi keyword, jika memungkinkan, sertakan keyword turunan pada tag heading

Tidak perlu jauh-jauh, jika anda masih bingung tentang struktur dan cara menentukan tag heading pada postingan, amati penerapan tag heading pada halaman ini.


6. Penggunaan gambar yang SEO Friendly

Poin selanjutnya dalam rangkuman seo postingan ini adalah penggunaan gambar. Selain untuk mendukung poin-poin tertentu pada postingan, menggunakan gambar pada postingan juga akan berpontesi mendatangkan pengunjung yang berasal dari pencarian berbasis gambar (Google images misalnya). Dengan demikian, potensi pengunjung yang dapat dijangkau oleh postingan anda akan lebih besar.

Apakah setiap postingan harus memiliki gambar ?
Usahakan untuk setidaknya menyertakan satu buah gambar pada setiap postingan. Kenapa ?, Menurut pengamatan pribadi, hampir semua post yang berada pada halaman pertama hasil pencarian google merupakan post yang memiliki gambar didalamnya. Sangat jarang sekali saya temukan post tanpa gambar yang berhasil menempati halaman pertama pencarian google.

Selain faktor SEO, menggunakan gambar pada setiap postingan juga akan membuat blog lebih profesional. Belum lagi, beberapa custom theme mungkin diformat dengan markup tertentu yang umumnya juga mewajibkan ketersediaan gambar untuk melengkapi / memvalidasi data markup.

Berikut adalah beberapa tips penggunaan gambar pada postingan:
  1. Sertakan target keyword sebagai prefix pada Nama File Gambar
    Sebagai upaya optimasi SEO, gunakan target keyword postingan anda sebagai prefix (awalan) untuk setiap nama file gambar. Anda juga bisa menggunakan berbagai keyword turunan sebagai prefix.

    Contoh:
    Jika target keyword untuk postingan anda adalah "Teknik SEO", dan gambar yang hendak anda upload adalah gambar "Ilustrasi SEO". Anda bisa membuat nama gambar menjadi: "Teknik-seo-ilustrasi-seo.jpg", "Teknik-seo-pemula-ilustrasi-seo-blog.jpg" dan lain sebagainya.
  2. Selalu sempatkan untuk mengkompres gambar anda
    Ada banyak software dan layanan online yang bisa anda gunakan secara gratis untuk mengkompres ukuran gambar. Satu layanan kompres gambar yang bisa anda gunakan adalah http://tinypng.com. Saya pribadi sangat merekomendasikan untuk menggunakan layanan dari situs tinypng ini. Layanan online ini mampu mengkompres gambar dengan hampir tanpa mengurangi kualitas visual gambar itu sendiri.
  3. Lengkapi atribut Alt dan Title gambar
    Lebih lengkap tentang bagaimana cara menambahkan atribut alt dan title pada gambar bisa anda baca pada halaman: Modul Blogger: Materi 6 - Cara menambahkan gambar pada postingan. Untuk text / kata yang digunakan pada Alt dan Titlte, anda bisa menggunakan tips penamaan file gambar sebelumnya (Sertakan target keyword sebagai prefix).


Tambahan: Mengenai Sumber Gambar
Mengenai sumber gambar, pada kasus tertentu (atau untuk tipe-tipe post tertentu), sering kali menuntut kita untuk mendapatkan gambar yang tidak bersumber dari karya sendiri. Saya misalnya disini untuk postingan seputar travel. Jika demikian, pastikan gambar yang anda gunakan bebas copyrights. Hal ini mungkin cukup jarang dipedulikan oleh kebanyakan blogger. Namun, perlu diketahui bahwa google sangat-sangat care dalam hal copyrights. Jangan sampai blog anda mendapatkan penalty google karena pelanggaran hak cipta.

Disini, terlepas dari faktor SEO dan penalty google. Menggunakan aset yang memiliki copyrights bukan merupakan etika blogger yang baik ^_^.

Bagaimana cara memastikan gambar tersebut tidak memiliki hak cipta atau sebaliknya ?

Anda bisa menggunakan google images untuk keperluan ini. Caranya, silahkan browsing google dengan query "Mencari gambar via google tanpa copyrights".

Setelah ketemu, sebaiknya langsung simpan gambar atau gimana ?

Langsung disimpan juga tidak masalah. Opsi lain yang lebih direkomendasi adalah dengan men-screenshot. Ini akan membuat gambar menjadi unik.


7. Penerapan link pada postingan

Seperti yanag telah anda jumpai pada halaman Modul Blogger: Materi 7 - Cara membuat link di postingan, Ada dua istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis link pada halaman web. Dua istilah ini adalah internal link dan eksternal link.

Internal link
Internal link adalah istilah untuk link dengan url tujuan yang masih mengarah pada blog / web sendiri. Dengan kata lain, url tujuan link ini masih mengarah pada halaman yang berasal dari domain yang sama.

Eksternal link
Eksternal link adalah istilah untuk link dengan url tujuan yang mengarah pada blog / website lain. Dengan kata lain, url tujuan link ini mengarah pada halaman yang berasal dari domain yang berbeda.


7.1 Penerapan internal link pada postingan

Ada beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan melakukan internal link building (pembangunan link internal). Selain akan mempermudah robot google dalam menjelajahi halaman-halaman yang terdapat pada blog anda, salah satu manfaat penting lainnya adalah dapat memperkuat SEO halaman URL tujuan link secara efektif dan aman.

Pembangunan internal link ini juga merupakan salah satu teknik SEO on page yang sangat efektif. Disini, kita dapat memberikan signal kepada robot google tentang “apa yang dibahas” pada halaman URL tujuan link. Hal ini secara bersamaan akan meningkatkan SEO halaman tujuan link untuk target keyword yang dikehendaki.

Contoh kasus:
Ada memiliki sebuah postingan dengan target keyword “Tutorial blogger” yang telah anda terbitkan sebelumnya. Sekarang, anda sedang menulis sebuah postingan dengan target keyword yang masih berhubungan dengan blogging. Saya anggap misalnya post yang hendak anda terbitkan sekarang menargetkan keyword “Teknik SEO”, pada postingan tentang Teknik SEO yang hendak anda terbitkan ini, secara bersamaan anda juga bisa melakukan optimasi untuk postingan “Tutorial blogger” sebelumnya dengan cara menautkan halaman tersebut pada postingan “Teknik SEO” yang hendak anda terbitkan.

Mengenai Anchor Text Link, selain menggunakan target keyword utama, anda juga bisa mengoptimasi halaman anda dengan keyword-keyword turunan. Hal ini sangat baik untuk memperluas jangkauan keyword yang dapat ditangkap oleh postingan anda. Be Creative Blogger ^_^.

7.2 Penerapan eksternal link pada postingan

Pada kasus tertentu, untuk kelengkapan materi atau kemudahan pembaca, anda mungkin perlu menautkan halaman eksternal pada postingan anda. Untuk keperluan ini, direkomendasikan untuk memberikan atribut "nofollow" pada link. Selain itu, pastikan juga halaman eksternal yang anda tautkan merupakan halaman yang telah memiliki reputasi bagus pada mesin pencari Google.

Terkait 2 penerapan link ini (internal dan eksternal) saya pribadi lebih mengutamakan pembangunan link secara internal. Dengan kata lain, saya lebih memilih untuk menerbitkan halaman-halaman pendukung ini terlebih dahulu pada blog yang sama. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan sumber eksternal.



Akhir Pembahasan:
Ada banyak sekali artikel yang membahas tentang teknik membuat postingan yang SEO Friendly di internet, beberapa diantaranya mungkin akan memberikan rekomendasi penerapan teknik SEO yang berbeda. Pada pembahasan diatas, saya hanya fokus pada penerapan SEO dari sisi internal halaman (SEO on page). Untuk penerapan teknik SEO off page, hal ini tidak akan saya bahas dulu. Perlu juga diketahui bahwa untuk mengoptimasi blog baru, akan sangat baik jika anda memfokuskan penerapan SEO on page terlebih dahulu. Saya pribadi lebih mengutamakan kualitas konten dimata pembaca blog dibandingkan dengan menerapkan berbagai teknik SEO ekstrim yang cendrung mengarah pada spamming keyword. Lambat laun, jika memang artikel yang anda terbitkan berkualitas, trust me ...! Google bakalan tau ^_^.


Bagikan ke:

Tulis komentar untuk:

Rangkuman: 7 Teknik Membuat Postingan yang SEO Friendly

Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini. Dukungan tag HTML: Bold Text, Italic Text, and Link Text (Hanya jika diperlukan).

Berlangganan Artikel
Dengan berlangganan artikel kami, anda akan mendapatkan setiap update yang diterbitkan pada situs wiBlogger.com langsung melalui akun email anda. Pastikan juga anda mengkonfirmasi alamat email anda untuk dapat mengaktifkan layanan.
×
Jangan tampilkan lagi